10 Spot Menarik di Sejuknya Purwakarta

Apakah kamu tahu kalau Purwakarta punya banyak tempat menarik untuk dikunjungi? Jaraknya yang cukup dekat dari Jakarta membuat kota ini layak dikunjungi untuk liburan baik bersama teman maupun keluarga. Untuk menikmati pengalaman terbaik, siapkan waktu empat hari agar dapat menikmati aneka kuliner, aktivitas, dan pemandangan.

Menikmati indahnya Purwakarta dari ketinggian Tebing Parang

Pilihan transportasi ke Purwakarta dari jakarta bisa naik kereta. Biayanya super hemat dan perjalanannya cepat sampai tanpa macet. Tiketnya bisa dipesan online. Usai pesan tiket, saatnya berangkat dan menikmati liburan di sepuluh tempat menarik berikut ini!

Sepuluh yang Menarik di Purwakarta

Taman Cikao 

Taman ini mengutamakan kesan alamiah dengan pasir oase buatan yang begitu nyata. Ada sejumlah hiburan seperti pantai kecil, dan kebun binatang di Desa Cisalada, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta. Jika malam tiba, Taman Cikao akan dipenuhi dengan lampion indah.

Taman Urban Farming

Taman urban farming adalah desa buatan petani ala Eropa yang rumahnya dicat warna mencolok. Di sini pengunjung dapat belajar mengenal kebudayaan dan tata cara hidup ala petani dan peternak. Tempat ini cocok untuk anak-anak dan keluarga. Kunjungi Taman Urban Farming di Desa Benteng, Campaka, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Tiket masuk ke kawasan ini Rp40 ribuan hari biasa.

Bukit Katumbiri

Bukit Katumbiri berada di Desa Katumbiri, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Di bukit ini ada gardu pandang untuk melihat seluruh area Purwakarta. Ada jembatan, rumah pohon, dan warung di atas bukit. Tiket masuknya hanya Rp5000 per orang. 

Hidden Valleyhills

Taman ini berlokasi di Desa Cibodas, Kecamatan Sukatani, Purwakarta. Dari sini pengunjung bisa melihat pemandangan Gunung Lembu, Gunung Cupu, Gunung Parang, dan Bendungan Jatiluhur. Di tempat ini ada resort dan pilihan resto menarik. Tak perlu khawatir jika kamu tiba-tiba ingin menginap.

Curug Tilu

Air terjun ini berada di Desa Ciririp, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Airnya jernih dan berwarna hijau. Akses ke curug ini berliku tajam, sebaiknya berhati-hati saat musim hujan.

Desa Sejuta Batu

Desa Sejuta Batu adalah sebutan sebuah daerah yang disekitarnya banyak batuan halus dan besar. Dahulu tempat ini dipakai untuk panjat tebing, namun indah dan uniknya batu memberi ide dibukanya tempat wisata baru. Desa sejuta batu berada di Dusun Cipeundeuy, Bojong, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Tiket masuknya gratis. 

Tanjakan Love

Jika suka berfoto ala-ala dengan latar cinta-cintaan, maka Tanjakan Love cocok untuk kamu. Spot wisata ini ada di Desa Wanawali, Kecamatan Cibatu, Purwakarta, Jawa Barat. Tiket masuknya hanya Rp5 ribu. 

Gunung Parang

Buat kamu yang masih muda, energik dan punya hobi mendaki sangat cocok naik ke Gunung Parang yang medannya cukup fantastis. Gunung Parang ini ada di Desa Sukamulya, Kecamatan Tegal Waru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Untuk panjat tebing, kamu akan lebih nyaman karena sudah ada patokan besi (via ferrata) untuk pegangan. Ketika sampai di puncak, kamu akan melihat puncak Gunung Lembu dan Waduk Jatiluhur yang ada di seberang. 

Pemandangan Waduk Jatiluhur dan Gunung Bongkok dari Tebing Parang
Gunung Parang via verrata

Gunung Bongkok

Gunung Bangkok ada di Desa Cisarua, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta. Spot menarik dari gunung ini yaitu pemandangan matahari terbit dari gardu pandang pohon tentrem. Untuk naik ke gunung ini, kamu perlu tenaga ekstra dan persiapan yang matang. Jangan lupa bawa minum dan camilan untuk bekal di jalan.

Waduk Jatiluhur

Waduk ini ada di Jalan Waduk Jatiluhur, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta. Airnya sangat hangat dan jernih. Ada perahu yang tersedia di lokasi jika ingin mengelilingi waduk. Tiket masuknya Rp10 ribu per orang.

—-

Jika kamu tinggal di jakarta dan ingin ke Purwakarta  bisa pilih Kereta Walahar Ekspress yang berangkat pada 10.10 WIB atau Kereta Api Jatiluhur yang berangkat pukul 20.40 WIB. 

Selamat jalan-jalan!

/salam liburan

3 thoughts on “10 Spot Menarik di Sejuknya Purwakarta”

  1. Ada cerita lucu soal Purwakarta ini (setidaknya buat saya).
    Dulu, saya kira Purwakarta dan Purwokerto itu satu kota yang sama, hanya beda di pengucapan saja hahaha

    Sampai akhirnya saya sadar, keduanya adalah kota yang berbeda dan bahkan ada di provinsi berbeda

    1. Baca komen ini aku deg-degan Daeng, kukira kamu sudah pesan tiket ke sana terus pas tiba salah lokasi.

      Iya, cuma beda A dan O saja, tapi antaranya jauhhhhhhhh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *