4 ALTERNATIF TRANSPORTASI UMUM MENUJU BANDUNG

Bagi masyarakat Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, Bandung adalah salah satu tujuan wisata yang cukup digemari. Jaraknya yang tak terlalu jauh dan beragamnya pilihan aktivitas yang ditawarkan, membuat Kota Kembang ini sangat populer.

Ngopi di Toko Kopi Djawa

Kalau mau ke Bandung, paling enak naik apa?
Alternatif transportasinya cukup beragam. Kamu bisa pilih PO bus Primajasa via Traveloka, shuttle minibus, kereta api, pesawat, atau menggunakan kendaraan pribadi.

Paling enak naik yang mana? Tiap orang bisa menjawab berbeda, tergantung pada lokasi berangkat dan waktu tempuh yang bersedia dihabiskan. Berikut beberapa pertimbangan untuk memilih angkutan umum menuju Bandung. Semoga bermanfaat yaa..

PESAWAT

Pilihan transportasi yang satu ini sangat cocok digunakan jika waktu adalah prioritasmu. Untuk dipertimbangkan, meskipun waktu tempuhnya sangat singkat, ada waktu sela sekitar satu jam untuk proses check in dan boarding.

Saat ini, pesawat menuju Bandung dari area Jabodetabek tersedia di Bandar Udara Halim Perdanakusuma. Penerbangan langsung dilayani oleh Maskapai Wings Air. Harga tiketnya saat ini sekitar Rp300ribu untuk satu kali jalan.

LAYANAN SHUTTLE (MINIBUS)

Saat ini cukup banyak perusahaan shuttle dengan armada minibus yang mengantarkan penumpang dari dan menuju Bandung. Di antaranya yang cukup populer yaitu Baraya, XTrans, CitiTrans, dan DayTrans.

Tarif untuk satu kali jalannya bervariasi. Mulai Rp80.000 – Rp120.000. Satu minibus biasanya mengangkut 8 – 12 penumpang, tergantung pada ukuran mobil yang digunakan. Waktu tempuh rata-ratanya mulai dari 3 jam. Tentu saja, waktu yang dihabiskan tergantung pada kondisi lalu lintas. Belakangan ini, karena pembangunan besar-besaran di area Cikampek, shuttle butuh waktu rata-rata 5 jam untuk mencapai Kota Bandung.

KERETA API

Stasiun Kereta Api Bandung

Kereta api adalah pilihan transportasi yang menjanjikan ketepatan waktu berangkat dan kecepatan perjalanan. Calon penumpang bisa memilih lokasi berangkat. Dari Stasiun Gambir untuk kereta kelas ekonomi, kelas eksekutif, dan kelas priority, dan dari Stasiun Senen untuk kereta api kelas ekonomi.

Harga tiket kereta cukup stabil. Sekitar Rp 100.000 untuk kelas ekonomi, Rp150.000 untuk kelas eksekutif, dan Rp260.000 untuk kelas priority. Dalam satu hari, ada lebih dari 10 kali waktu keberangkatan menuju Bandung. Jika sudah membeli tiket, pastikan hadir lebih awal karena kereta tidak akan menunggu jika kamu terlambat datang.

Perjalanan dengan kereta api akan menempuh jarak 169 kilometer dengan waktu tempuh antara 3.15 menit – 3.25 menit. Umumnya kereta akan tiba tepat waktu, kecuali ada gangguan mendadak di perjalanan.

BUS

Ada banyak perusahaan jasa angkutan bus yang melayani trayek Jakarta – Bandung. Salah satu yang cukup sering saya gunakan adalah Primajasa. Penumpang bisa membeli tiket PO bus Primajasa via Traveloka atau datang langsung ke pool bus.

Dibanding angkutan umum lainnya, tarif bus sangat murah, hanya Rp75,000 saja sekali jalannya. Di Bandung, bus ini bisa ditemukan di Terminal Leuwipanjang. Yang menyenangkan dari angkutan ini adalah, bus akan berangkat setiap jam sekali. Kapasitas bus yang besar membuat penumpang sangat mungkin mendapat kursi.

Kekurangannya adalah, badan bus yang besar membuatnya sulit bermanuver di jalanan. Waktu tempuh rata-rata bus dari Jakarta-Bandung adalah 5-7 jam untuk satu kali jalan.

====

Sudah pilih angkutan yang paling cocok dengan kebutuhan dan kocek? Sekarang tinggal pilih aktivitasnya. Bandung adalah surganya belanja produk tekstil, surganya makanan enak, dan surganya wisata kekinian.

Produk tekstil dengan harga murah dan lengkap bisa didapatkan di Pasar Baru Trade Center. Pusat perbelanjaan yang berdiri pada 1906 ini adalah yang terbesar dan termurah di Jawa Barat. Belakangan ini Pasar Baru menjadi destinasi wisata belanja yang banyak digemari pelancong domestik maupun mancanegara. Produk seperti bahan pakaian, gamis, dan jilbab sangat mudah ditemukan. Kebutuhan lain seperti aksesori dan kebutuhan pangan juga tersedia.

Jika suka wisata ke taman hiburan, bisa mampir ke Trans Studio, Bandung. Tersedia 20 wahana permainan menarik seperti Yamaha Racing Coaster, Dunlop Trans Car Racing, Giant Swing, dan Science Center. Trans Studio bisa dikunjungi oleh pengunjung dari berbagai tingkatan usia.

Masih banyak lokasi wisata lain yang juga layak dikunjungi saat mampir ke Bandung. Orchid Forest Cikole, The Lodge Maribaya, Farmhouse Lembang, adalah beberapa di antaranya. Kamu bisa memilih wisata singkat untuk satu hari atau wisata menginap untuk pengalaman yang lebih menyenangkan.

Selamat liburan, semoga selamat di perjalanan.

/salam jalan-jalan

One thought on “4 ALTERNATIF TRANSPORTASI UMUM MENUJU BANDUNG”

  1. Bandung oh Bandung
    Kota kembang yang selalu menyenangkan untuk dikunjungi. Destinasi wisatanya banyak, kotanya juga ramah buat pendatang

    Senangnya sekarang banyak pilihan moda transportasi buat ke Bandung ya. Jadi bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan sikon kita. Yuk ah kita ngeBandung, Kak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *