5 Ide Menu Sahur Praktis

sahur

Tiap bulan perkara sahur ini selalu jadi perbincangan penting di mana-mana. Buat yang beruntung, ada katering yang siap antar menu sahur tiap jam 3 pagi ke rumah pelanggan atau ada mbak yang bantu nyiapin menu sahur buat sang nyonyah & tuan.

Nah, saya termasuk yang ga beruntung itu. Rumah orangtua jauh banget, jadi numpang sahur itu opsi nomor seribu sekian, katering sahur sampe sekarang ga nemu yang nyediain, plus ga punya mbak yang bantu-bantu pula. Jadi, ga ada jalan lain buat saya selain siapin sahur sendiri.

Untungnya, saya bukan tipe manusia yang makannya ribet dan mesti sahur menu 4 sehat 5 sempurna, cukup buah aja. Selesai. Tapi yang sahur di rumah ini kan bukan cuma saya, ada cowok ganteng yang katanya “ga nampol kalo ga makan nasi.” Nah, lho!

Supaya tetep disayang suami, saya biasanya siap-siapin lauk yang gampang diolah atau siap makan di kulkas. Asiknya cowok ini, dia cukup banget makan nasi pake lauk ikan/ayam goreng aja, seratnya tinggal ditambah dari buah. Makan sayurnya? Pas bukaan aja. :p

Ada yang tipe makannya kayak suami dan saya? Kali ini saya mau bagi-bagi 5 ide menu sahur yang praktis dan ga makan waktu bikinnya. Ssst, menu sahur ini dipilih supaya saya ga mesti buru-buru bangun nyiapin sahur.

  1. Sarden, Nugget, Kentang siap goreng.
    sarden nugget kentang
    Sarden kalengan, nugget instan, dan kentang siap goreng ini memang penyelamat bangsa banget deh. Ga perlu ditambahin apa-apa, udah enak makan. Masalahnya dengan mereka adalah, ngebosenin. Kalau kata suami makanannya itu, “bau pabrik”. Makan sekali dua kali seminggu sih oke, coba berturut-turut 3-4 hari menunya itu aja. Duh, dijamin liat kaleng/bungkusnya aja udah mual duluan.
    ————————-
  2. Kering Kentang
    kentang kering
    Kering kentang mustafa enak banget buat dijadiin lauk. Biasanya campurannya ada kentang, teri medan, sama kacang tanah. Rasanya pedes-pedes seksi gitu deh. Kalau makan kering kentang ini, suka ga sadar tiba-tiba udah nambah nasi. Hahhaha.
    Suami suka banget makan pake kering kentang pas sahur, tambahan lauknya palingan cuma telor ceplok aja. Nah, kalau saya makan kering kentangnya pas makan malem.
    .
    Kering kentang mustafa ini saya beli dari temen saya, Unan. Ini udah kali ke-3 nyobain kering kentangnya. Harga kering kentangnya bervariasi sih, kalau mau tanya lebih lengkap bisa mampir ke FB Page-nya geraihanis atau SMS langsung ke Unan-nya di 085729169611. Anaknya ramah kok, kalau mau tanya-tanya dulu juga boleh. 🙂
    ————————-
  3. Ayam ungkep, ikan siap goreng, dan telur ayam.
    ayam ikanAyam ungkep = ayam potong yang udah dibersihin, dipotong kecil-kecil, dibumbuin, dan diungkep (direbus). Ayam yang udah diungkep tahan seminggu lebih di kulkas, pas mau makan tinggal digoreng aja, makannya pas anget-anget. Yummy! Karena udah diungkep sebelumnya, ayamnya jadi cepet mateng dan bagian dalemnya lembut.
    Ikan bumbu siap goreng = ikan yang udah dibersihin, diiris/dibeset-beset/dipotong dan dibalur bumbu. Kalau udah dibumbuin, ikan tinggal disimpan di freezer, dikeluarin waktu udah kepingin nge-goreng. Praktis.
    Nah, telur ayam ini yang paling praktis, bisa direbus aja, diceplok, orak-arik, dadar, atau dibikin ala omelette resto. 🙂
    ————————-
  4. Salad sayur
    salad sayur
    Nah, ini resepnya dari temen saya, Fitri. Katanya dia beli salad sayur yang udah ready to eat, tinggal ditambah topping, olive oil, dan bumbu sesukanya aja. Saya rencana mau ngikutin tapi belum sempet mampir ke supermarketnya. Iya saya males beli sayur satuan, kuatir ga habis dan busuk di kulkas. Untuk kebutuhan proteinnya, si teman nambahin telur rebus. Trus dia pake keju dan roti juga untuk dapat karbohidrat dan kalsium.
    ————————-
  5. Buah potong
    buah sayur
    Kalau ini kesenengannya saya. Saya hobi banget sahur pake buah doang. Iya, cuma buah aja. Buahnya bebas, tapi biasanya saya beli salak, semangka, apel, dan pepaya. Sahur yang begini cocok buat saya yang males ngunyah nasi subuh-subuh.

Kalau kakak, biasanya menu sahurnya apaan?

/salam sahur

14 thoughts on “5 Ide Menu Sahur Praktis”

  1. Klo suamiku tipe yang harus ada kuah klo pas sahur. Biar ga seret. Jadi..klo pas mertua di sebelah ga masak sayur, ya udah kita masak mie instan. Ga sehat banget kan klo terlalu sering.
    Oiya, awal puasa kemarin aku dapet resep serundeng daging dari sahabat SMA. Bisa bikin sekali banyak trus tinggal masuk kulkas. Pas mau dimakan tinggal diangetin di magic jar. 🙂

    1. Enaknya serundeng daging pake nasi anget ihh..
      Ini udah puasa ke berapa ya, kami belum nyobain mie instan buat sahur. Jadi si abang nasi + lauk + buah. Aku buah aja.
      Pas buka tuh pinginnya yang berkuah dan seger-seger.

  2. aku biasa sahur pake roti tawar dan berbagai olesan. dulu tiap ramadhan pasti nyetok tiga macam selai (biar ga bosen), dan keju buat bergantian nemenin si roti. yang ga boleh ketinggalan itu buah, susu dan madu.

    sekarang setelah ada suami dan lagi hamil, stok roti dan teman-teman masih tersedia. tapi ditambah juga nasi dan lauk pauk simpelnya. orak-arik telur jadi andalan karena udah komplit ada protein dan sayur-mayur. tapi kalo waktu udah mepet imsak, toh selalu ada seperangkat roti sebagai penyelamat praktis tanpa harus masak.

    1. Iya mba, praktis betul. Suami ga wajib kuah, jadi saya dimudahkan. Kalau anak iya, maunya berkuah dan basah. 🙂

  3. aku tipe yang males makan pas jam2 sahur. tapi karena kadang besokannya laper juga kalo gak makan, ya kadang sebelum tidur aku paksain makan agak berat. kira-kira jam 10 atau 11 malem gitu. setelah itu ga makan apa-apa lagi. paling jam 3 sambil nemenin rafi sahur, aku minum air putih aja banyak-banyak sampe kembung :))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *