7 Kilogram, Cukup!

Harga tiket pesawat membumbung jauh ke angkasa. Tiket Medan-Jakarta yang mulanya cuma 600 sekian ribu sekali jalan, sekarang reratanya sudah di angka 1,2 – 1,4 juta. Mau mengeluh sambil kayang atau bikin orasi berapi-api di media sosial ya percuma. Tiket mahal itu nyata, sekarang yang perlu dipikirkan adalah cara mengakalinya.

Maskapai tertentu, sebut saja Lion Air, Sriwijaya dan Air Asia, menetapkan jatah bagasi yang lebih rendah ketimbang Batik Air, dan Garuda Indonesia. Untuk penerbangan domestik, hanya ada gratis 7 kg bagasi dari Lion Air dan 15 kg bagasi dari Sriwijaya dan Air Asia. Sedangkan untuk penerbangan internasional, bagasi gratis Air Asia hanya 7 kg saja.

Tiket mahal itu fakta yang harus ditelan. Supaya biaya bepergian tak makin mahal, biaya bagasi bisa ditekan. Ketimbang harus bayar ratusan ribu lagi untuk membawa barang-barang yang belum tentu dibutuhkan, lebih baik bepergian dengan bawaan yang beratnya sesuai jatah gratis saja. Berangkat ke bandara juga lebih enteng. Tinggal book tiket travel Xtrans Jakarta, duduk manis di jalan, dan turun melenggang cantik macam kontestan putri-putrian pas sampai di bandara.

Tapi gratisnya cuma tujuh kilo! Mana cukup!

Cukup-cukup aja, kalau mau.
Ada beberapa tip yang bisa diaplikasikan supaya barang bawaan tak melebihi jatah bagasi.

RENCANAKAN PAKAIAN SELAMA PERJALANAN

Kalau jadwal di lokasi tujuan sudah jelas mau apa, mau ke mana, dan acara jenis apa yang akan dihadiri, maka akan lebih mudah. Siapkan satu baju untuk satu hari dan bawahan yang jumlahnya lebih sedikit. Misalkan di lokasi tujuan nanti ada 4 acara yang akan dihadiri, maka kamu butuh 4 baju + 2 celana yang bisa dipakai bergantian.

Jika waktu kunjung lebih panjang, jumlah pakaian juga harusnya tetap sama karena kamu akan punya waktu untuk mencuci/laundry pakaiannya. Selain atasan + bawahan bawa juga kaos kaki, pakaian dalam, baju tidur, dan jaket yang sesuai untuk segala jenis cuaca. Kalau saya list di atas tadi ditambah lagi dengan 1 kain tenun/batik sebagai pelengkap kalau-kalau ada acara resmi yang perlu dihadiri.

GUNAKAN SEPATU SAAT DI PERJALANAN PERGI DAN PULANG

Ukuran sepatu yang besar tentu akan menghabiskan tempat. Sebaiknya gunakan sepatu untuk di perjalanan dan bawa sepatu ringan/sandal yang cocok untuk segala suasana sebagai pelengkapnya (jika dibutuhkan).

PISAHKAN BARANG-BARANG PENTING DAN PAKAIAN

Barang-barang penting sebaiknya disimpan dalam tas tangan untuk mengakali bagasi kabin. Biasanya barang yang ditimbang beratnya itu yang ukurannya cukup besar seperti koper/travel bag/ransel. Tas tangan akan lolos tanpa periksa jika ukurannya standar.

Di tas tangan biasanya saya menyimpan laptop, dompet, handphone, powerbank, dan kamera. Sisanya disimpan dalam ransel.

BAWA UKURAN KECIL UNTUK KEBUTUHAN CAIRAN

Bawa kebutuhan mandi, cuci, make up berbentuk cairan seperlunya saja. Kalau punya ukuran kecil lebih baik. Jika kemasan yang kamu punya berukuran besar, agar tidak berat dan makan tempat, pindahkan isinya ke botol-botol kecil. Botol-botol ‘travel size’ ini banyak dijual di toko online dan offline, seperti Tokopedia/Miniso.

Aturan penerbangan menyebutkan cairan bisa dibawa sepanjang tidak lebih dari 100 ml per botolnya dan total seluruhnya tidak lebih dari 1 liter.

BAWA YANG BENAR-BENAR DIPERLUKAN

Bikin foto-foto cantik di tempat tujuan jalan-jalan tentu penting! Saking pentingnya kita sampai memaksakan diri bawa barang-barang yang kelihatannya perlu dan akan digunakan. Barang-barang itu, adalah sumber bagasi berlebih juga. Bawa satu-dua saja aksesori yang pasti dipakai dan tinggalkan sisanya.

JIKA MUNGKIN, PAKAI SAJA

Perlu membawa jeans dan jaket? Perlu kacamata dan topi? Jika iya, lebih baik gunakan barang-barang itu di perjalanan. Barang-barang yang melekat di badan, meskipun berat, tidak dihitung sebagai bagasi.

PILIH-PILIH, OLEH-OLEH

Membeli buah tangan saat bepergian kadang sulit sekali untuk dihindari. Jika mungkin, belilah barang-barang yang tidak terlalu berat. Terlalu banyak belanja akan membuatmu membayar kelebihan biaya yang cukup mahal. Jika terpaksa harus membeli banyak barang, entah untuk kepentingan pribadi atau titipan, bisa gunakan jasa pengiriman untuk menghemat biaya.

Jalan-jalan dengan bagasi 7 kg, apa mungkin?
Mungkin, kalau mau dan berani mencoba!

/salam liburan

14 thoughts on “7 Kilogram, Cukup!”

  1. Wah, makasih banget atas tips 7 kilogram cukup, kalau mau. Selama ini betul banget, kalau melakukan perjalanan ke suatu tempat, entah mengapa bawaan barang kok banyak. terutama saat pulang. Dengan pembatasan bagasi 7 kilogram, harus pintar juga menyiasatinya.

  2. pembatasan berat bagasi memang menjadi masalah tersendiri. kalau untuk pakaian ganti, masih bisa diatasi. tapi kalo untuk oleh2 yg akan dibawa pulang, ini perlu trik-trik lebih lanjut ya

  3. Saya juga sebisa mungkin berusaha travelling tanpa bagasi. . selain mahal jg repot bawanya dan mesti nunggu2 bagasi dulu pas udah sampai bandara. Belum lagi risiko bagasi rusak atau hilang.

  4. Tipsnya keren banget. Memang dengan pembatasan bagasi, perlu akal buat tetap gaya… Yang demen jalan pasti happy dapat tips ini.

  5. Sangat mungkin buat aku. Kan nggak suka ribet hahahaha dan juga banyak tentengan. Benar kak kadang mikirin buat foto terpikir baju padahal mah nggak juga ya hahaha. Makasih infonya jadi buat catatan perjalanan nih

  6. selain perginya, pulangnya jangan ampe kelebihan hahaha.. ini nih yang susah, untungnya aku skrg sdh ga maubeli macem2 sprti suvenir, tas, gantungan kunci, magnet (berat loh ini). Jadi paling beli yang bisa ditenteng aja, misal oleh2 yang sudah dikardusin ga dalam tas.

  7. Saya sih mungkin banget. Pernah traveling selama 3 bulan cuma bawa 7 kilogram yang terbagi menjadi 2 tas. itu pun termasuk kamera DSLR yang beratnya udh sekilo lebih. Hehehe..

    tp pas pulang-pulang akhirnya jadi 13 kilo deh gara-gara oleh-oleh.. hahahaha…

  8. Saya pakai jilbab, cenderung lebih banyak tetek bengeknya. Tapi alhamdulillah kalau keluar kota tasnya selalu lebih simpel. Waktu tiket belum naik, yang lain sampai pada bawa travel bag masuk bagasi, saya cukup satu gendongan. Lengkap dengan laptop. Hahahahaha

  9. Boleh dicoba nih tipsnya. Kl untuk pakaian kok rasanya selalu pengen bawa semuanya ya. Hahaha. Kudu pinter nyeleksi baju dl nih.

    Salfok sama tas plus sepatunya. Matching ungu2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *