Tidur Enak di Jakarta

Setelah pindah ke Medan, saya sah jadi musafir kalau main ke Jakarta. Tidurnya pindah dari rumah teman yang satu ke teman yang lain. Sungguh itu modus supaya hemat sekaligus bisa curhat. Sesekali, kalau pas ada urusan saya pilih buka kamar di Jakarta. Kalau tidur sendiri pilihnya kamar hotel yang kecil aja, tapi kalau mau sekalian nongkrong sama kawan, paling enak sekalian sewa kamar di apartemen Jakarta Selatan.

Continue reading Tidur Enak di Jakarta

Akhir Pekan Bersama Embun: Camping di Sibolangit

Selain naik gunung, aktivitas yang juga jadi favoritnya Embun adalah berkemah. Lokasi berkemahnya bebas bisa di mana saja, yang penting di dekat tenda ada tempat untuk menggantungkan hammock. Karena, buat Embun berkemah tanpa ayunan kain adalah kesia-siaan. Tak camping kalau tak hammock.

Camping di Sibolangit – main hammock
Continue reading Akhir Pekan Bersama Embun: Camping di Sibolangit

Beli Tiket Damri Pakai Aplikasi

Sejak 2005 sampai sekarang, saya rutin pakai layanan Damri untuk mudik ke Lampung. Saya suka naik busnya, tapi selalu kesal tiap harus belanja tiketnya. Saya ingat betul masa-masa kelam harus ke Stasiun Gambir jam 2 pagi untuk antri tiket mudik. Tidak ada pilihan belanja lewat telepon, lewat online, atau belanja jauh-jauh hari.

Stasiun Gambir
Continue reading Beli Tiket Damri Pakai Aplikasi

Pengalaman Naik KM Kelud: 3 Hari 2 Malam di Pelukan Laut

Kapan naik kapal pertama kali? Saya uhm, di tahun 1990 sepertinya, waktu masih bocah imut-imut dan diajak mamak berkunjung ke rumah kakak tertua di Jakarta. Setelah itu, hingga saat ini saya cukup sering menyeberang Selat Sunda. Selain Selat Sunda, pengalaman perselatan saya dengan Kapal Ferry sudah bertambah dengan Selat Bali, Selat Lombok, dan Selat Sape.

Continue reading Pengalaman Naik KM Kelud: 3 Hari 2 Malam di Pelukan Laut

Kalau Pancasila Itu Ada

Kalau pancasila itu ada, tukang koruptor, tukang bunuh-bunuhan, tukang klaim orang lain sesat, tukang buang sampah sembarangan, tukang mau menang sendiri, tukang mayoritas yang beraninya rame-rame, tukang pelaku kejahatan seksual, mestinya nggak ada. Pancasila ga kelihatan, makanya para tukang-tukang itu beranak-pinak, ga takut apa-apa, dan ga sayang siapa-siapa, termasuk dirinya sendiri.

Tarian di Persamuhan Pendidik Pancasila Nasional oleh siswa SMA 1 Sentani, Jayapura, Papua.
Continue reading Kalau Pancasila Itu Ada

Pantang Pulang Sebelum Kunjungi Tempat Ini di Sabang!

Akhir bulan saya mampir ke Sabang untuk kali kedua. Kali pertamanya sudah lama sekali, dulu, waktu ikut semacam lomba susur hutan, mewakili Korps Mahasiswa Pencinta Alam dan Studi Lingkungan Hidup-Universitas Sumatera Utara. Tahun 2003 kalau tidak salah. 16 tahun kemudian saya kembali, merogoh memori tentang Sabang di kepala yang sudah terpendam jauh, jauh sekali.

Tugu Kilometer Nol – Sabang
Continue reading Pantang Pulang Sebelum Kunjungi Tempat Ini di Sabang!