Amaragita, Batik Rasa Muda

Batik sudah lama berubah. Jika dulu kain bermotif cantik ini punya kesan tua dan resmi, sekarang tidak lagi. Batik tidak hanya muncul di acara-acara semacam kondangan nikah dan pelantikan pejabat, sekadar nyore ke mal atau jalan-jalan keliling taman bareng pasangan juga boleh pakai batik.

#batik #kawung #sateencotton #amaragita #nyc #fashionblogger

A post shared by Faramita Dewi (@miitafarid) on

Padu-padan berbatik juga makin ke sini tambah trendi. Berbatik tak harus melulu macam sarimbitan. Bapak batik atas, polos bawah; ibu batik bawah, polos atas; batik sekarang sudah boleh dipadukan dengan gaya berbeda, misalnya kanan polos-kiri batik. Setengah-setengah gitu, mode ala kekinian.

Norway inspired looks #stavanger #norway #northernlights #vikings #pencildrawing #prismacolor

A post shared by Faramita Dewi (@miitafarid) on

 

Faramita Dewi, Desainer Amaragita adalah salah satu perancang yang menjaga matanya pada perkembangan batik dalam negeri setelah meluncurkan Amaragita pada 2010 lalu. Koleksi Amaragita dikerjakan manual di rumah produksi pribadi yang ada di seputaran Bintaro, Tangerang Selatan. Tidak cukup hanya merancang, Mita, demikian ia biasa disapa, juga punya semangat untuk memberdayakan kaum muda.

“Pekerjanya orang-orang di sekitaran Bintaro. Semuanya pemula, perlu waktu untuk mengajarkan mereka membatik. Sekarang mereka sudah ahli,” kata Mita di Pameran FOLKnVOUGE saat peluncuran koleksi terbaru Amaragita, “Home Coming by Amaragita”, 10 September 2016 lalu.

 

Home Coming adalah debut Mita untuk fashion show. Bekerja dalam tenggat waktu pendek, 30 koleksi berhasil ditampilkan Mita dengan apik.

Uniknya, koleksi Home Coming by Amaragita ini berbeda sekali dengan koleksi yang sudah tersedia di toko/booklet. Pada koleksi terbarunya ini, nuansa denim sangat terasa. Untuk meringankan berat denim, koleksi dipadankan dengan bahan ringan/melayang dan celana model legging.

Batik tidak muncul dengan cara biasa di koleksi Home Coming. Ada batik yang digambar kecil pada bagian punggung baju, ada sepotong lagi di ujung-ujung rok, ada selembar kecil untuk menghiasi bagian depan vest.

Di tangan Mita, batik bersalin wajah, face lift!

Ini dia yang juga penting, kreasi Mita bukan soal motif batik dan bagaimana membuatnya jadi cantik. Saat menciptakan koleksi, Mita berbicara soal penemuan. Motif-motif batik yang ada di koleksi saat ini, separuhnya adalah kreasi Mita.

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

 

Beberapa koleksi Home Coming, kata Mita, akan dipilih untuk diproduksi dan dijual di tiga outlet Amaragita.

Ada yang kamu suka?

faramita-2 faramita

OUTLET AMARAGITA

  • Alun-alun Indonesia.  Sogo Central Park, 2nd Floor – F1.
    Jalan Letjend S. Parman Kav 28 Jakarta, 11470.
    021-56935735
  • Alun-alun Indonesia.  Sogo Alam Sutera, 2nd Floor .
    Jalan Sutera Barat Kav 16, Tangerang, 15413.
    021-30449272
  • Amaragita Boutique
    Jalan Tukad Barito No. 30
    Denpasar, Bali
    0361-8955631

WORKSHOP AMARAGITA

  • Emerald Boulevard AA1-28
    Bintaro Jaya Sector IX, Tangerang, 15227
    021-74869170

TEMUKAN AMARAGITA

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *