Bayar Tiket Kereta Api di KAI Access Pakai Jenius

Bukan postingan berbayar, tapi benar-sebenarnya pengalaman menyenangkan setelah mengawinkan aplikasi KAI Access dan aplikasi JENIUS. 😀

Saya sudah lama pakai aplikasi KAI Access. Kenapa download? Karena aplikasi ini memungkinkan saya mendaftar masuk stasiun tanpa harus mencetak boarding pass. Tinggal masukkan kode booking di bagian “MY TRIP”, tunjukkan ke petugas, dan scan e-boarding di mesin.

Alasan lainnya, aplikasi KAI Access memungkinkan saya melakukan pembatalan tiket secara online. Tak perlu datang ke stasiun, cukup klik-klik dan isi data di bagian cancellation, lalu tinggal tunggu uang masuk ke rekening (tentu saja setelah dikurangi biaya pembatalan ya).

Sedangkan, untuk beli tiket, saya lebih memilih online travel agent (OTA) semacam Traveloka & Pegi-pegi, atau e-commerce semacam Tokopedia. Kenapa beli di sana? Tak lain tak bukan karena godaan cashbacknya. Lumayan banget, kalau dikumpulkan, cashbacknya bisa buat belanja token listrik. ^^

Kenapa tak beli tiket di KAI Access? Karena promonya jarang (hampir tak ada), dan sistem pembayarannya yang menyebalkan. KAI Access pada masanya hanya menerima pembayaran via ATM, LinkAja, dan minimarket. Rumah saya cukup jauh dari ATM & minimarket, jadi dua pilihan itu langsung saya tepis. Untuk LinkAja, sampai sekarang saya tidak berminat download.

Kemarin, waktu tiba-tiba ingin ke Palembang, saya cari tiket di OTA dan e-commerce seperti biasa. Harga tiket kereta api kelas ekonomi menuju Palembang hanya Rp32.000 saja. Cashback yang ditawarkan jauh dari menggiurkan, hanya 3% plus harus membayar biaya jasa Rp7.500 per transaksi.

Lalu, saya iseng buka KAI Access. Klik-klik untuk pesan dan tiba-tiba sudah masuk ke bagian pembayaran. Saya memutuskan membeli tiket di aplikasi ini karena KAI Access tidak mengenakan biaya administrasi untuk pembelian. Jadi harga tiket yang tertera adalah harga akhir. Alurnya ada pada gambar di bawah ini ya.

Ketika pesan, saya coba pilih opsi bayar di ATM/MOBILE BANKING/INTERNET BANKING. Dari situ, saya melihat pilihan bank, bank lainnya, dan lalu muncullah list bank-bank yang bekerja sama dengan KAI Access. Ada BTPN di listnya, tapi tidak disebutkan apakah pembayarannya hanya lewat ATM saja atau bisa lewat aplikasi/internet banking.

Atas nama coba-coba, saya klik bayar saja dan aplikasi memberikan kode bayar.

Selanjutnya adalah mengecek aplikasi Jenius. Agak deg-degan awalnya, lalu terlalu senang akhirnya. Ini alur bayar tiket kereta api di aplikasi Jenius 😀

MASUKKAN KODE BAYAR
BIAYA ADMINNYA NOL RUPIAH

Rasanya bahagia ya kalau aplikasi yang terbenam di smartphone bisa digunakan semaksimal mungkin. Berikutnya, mungkin, dua aplikasi ini akan saya kawinkan lagi. 😀

KEUNTUNGAN PAKAI KAI ACCESS & JENIUS UNTUK BAYAR TIKET KERETA API

  1. Tidak ada biaya administrasi saat membeli tiket di aplikasi KAI Access.
  2. Tidak ada biaya administrasi saat membayar tiket di aplikasi Jenius.
  3. Slot bangku di KAI Access lebih update dari stok yang tersedia di OTA/e-commerce. Pernah klik beli lalu pas bayar stok bangkunya sudah kosong? Itu terjadi karena website pihak kedua butuh waktu untuk update data terkini.
  4. Pembayaran realtime.

Oh iya saya bukan buzzer untuk kedua layanan ini ya. Hanya kebetulan saja kemarin saya jadi pelanggan yang super senang dan ingin berbagi dengan kawan-kawan.

Selamat jalan-jalan. Kapan kita ke mana?

/salam liburan


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *