Oleh-oleh Belajar SEO di Kelas Blogger Medan

Sudah lama betul ingin belajar SEO, tapi inginnya terus tertunda karena ini dan itu. Kemarin, Blogger Medan bikin acaranya dan semesta mendukung. Waktunya pas ada, tenaganya juga ada, dan lokasinya terjangkau. Ayo kita berangkat!

belajar seo di kelas blogger medan

Ada beberapa tips dari Rudi Hartoyo, pemateri di kelas belajar SEO kali ini. Agar mudah dicerna, saya tulis dalam bentuk list saja ya. ๐Ÿ™‚

belajar seo di kelas blogger medan

Apa itu SEO?

Optimisasi Mesin Pencari atau Search Engine Optimization (SEO) adalah kegiatan mengoptimalkan website. Optimasi ini akan membantu pencari dalam menilai apakah website tertentu layak untuk ditampilkan di halaman hasil pencarian.

Apa untungnya halaman website muncul di hasil pencarian?
Uhm, secara pribadi sih pasti senang ya karena tulisannya bermanfaat untuk orang-orang yang membutuhkan. Di sisi lain, tampilnya website yang kita asuh secara terus-terusan akan meningkatkan ranking website. Hal ini penting untuk website yang fokus di penjualan dan atau yang fokus mereguk penghasilan lewat layanan adsense.

Selama ini, saya tidak fokus pada keduanya, baik menjual maupun beriklan. Tapi saya senang betul kalau banyak yang mampir ke blog. Jumlah visitor berbanding lurus dengan semangat saya menulis. Makin banyak yang melihat, makin sering saya bikin postingan baru. ๐Ÿ˜€

baca juga: Mengapa Menulis Blog?

Apa saja yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan website (SEO) secara internal?

Ada banyak yang harus diperhatikan agar website terindeks di Google, antara lain:

Keyword Selection

Percaya atau tidak, tapi keyword adalah hal yang paling penting. Rudi tadi bilang keyword yang baik adalah keyword yang spesifik. Sebagian penulis juga memanfaatkan website pencarian keyword misalnya trends.google.com atau neilpatel.com/ubersuggest.

Berapa jumlah keyword yang disarankan untuk satu tulisan? Tidak ada batasan pasti, tapi disarankan antara 3-5% dari total tulisan.

Internal Link

Pada tiap tulisan baru, sebaiknya sisipkan dua atau tiga link tulisan lama. Agar sisipannya tidak aneh, tulisan yang disisipkan harus berhubungan ya. Jangan misalnya cerita kuliner tapi link yang disisipkan pada tulisan temanya bertukang. ๐Ÿ˜€

Link tulisan yang berhubungan akan menarik pengunjung untuk pindah halaman dan otomatis bikin waktu berkunjung akan lebih panjang.

Content

Saya sering sekali terjebak website yang “tidak ada isinya”. Ketika browsing dengan keyword tertentu, websitenya ada di halaman satu. Tapi ketika diklik, isinya menjebak, hanya keyword yang tersebar puluhan/ratusan kali dalam satu artikel.

Keyword memang penting, tapi isi tulisan yang membuat pengunjung betah, bersedia mereferensikan website, dan bahkan membagikan link tulisan ke banyak tempat.

baca juga: Soal Blog, PR, dan Storytelling

Title

Semua sudah oke, website ada di halaman pertama pencarian Google. Tapi semua akan sia-sia jika orang tidak berkunjung ke website kita. Ketika sudah sampai di tahap ini, penting sekali untuk menggunakan judul tulisan yang menggoda.

Judul tulisannya tidak harus nyeleneh atau click bait, tapi pastikan judulnya menarik, entah karena “sangat jelas”, atau karena “sangat unik”.

Meta Description, Header, Alternative Tags

Pada halaman pengaturan blog, pastikan informasi terkait meta description dan header sudah diisi. Sedangkan untuk alternative tags, bisa disesuaikan dengan tulisan.

Meta deskripsi: Meta description adalah atribut HTML yang memberikan penjelasan singkat mengenai isi dari sebuah halaman web.

Header: Bagian kepala pada website, biasanya menjelaskan nama blog dan isinya.

Alternatif tag: Label yang ditempelkan pada tulisan. Label ini bisa lebih dari satu, disesuaikan dengan tema tulisan.

—–

Langkah di atas hanya beberapa cara untuk meningkatkan performa blog dari dalam. SEO bisa makin baik jika dibantu lewat optimalisasi eksternal seperti: berbagi tautan di media sosial.

Sementara hasil belajarnya baru ini, kalau nanti ada tambahan akan saya tulis lanjutannya ya. *iket kepala

/salam belajar

6 thoughts on “Oleh-oleh Belajar SEO di Kelas Blogger Medan”

  1. Saya termasuk orang, yang harus lebih banyak belajar SEO. Keyword, link dan backlink kdg kurang saya perhatikan.
    Maka kalau ada job dg kriteria DA tertentu, saya tidak bisa bergabung.
    Di Medan keren, semangat belajar SEO termaintenance.

  2. mengkomen blog ini seperti yang saya lakukan, termasuk langkah seo offpage, nah kalo nulis artikel dengan pemilihan frasa kata yang tepat adalah seo onpage

    makin nambah ilmu, makin belajar
    yuk kak sama sama belajar
    banyak yang ngerti SEO tapi gak pande nulis
    banyak yang pande nulis tapi gak ngerti SEO

    salam belajar

  3. Senang juga kemarin kebagian oleh-oleh dati belajar SEO di Kelas Blogger Medan. Alhamdulillah sekarang lebih melek SEO dan tentunya jadi semangat ngeblog dengan menerapkan SEO. Ke depannya semoga kita bisa terus sharing ilmu SEO ya kak.

  4. saya juga sudah mencoba berbagai teknik seo dari backlink seo on page dll dan memang terbukti ada visitor ampe dibawah 15k/hari tetapi kok stagnan terus dan mungkin bisa minta saran lain agar trafik bisa naik lagi dan salam kenal dari admin – 2dua.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *