Belanja Online, Pilih COD

Saya hobi banget belanja online. Menurut saya proses pilih-pilih di etalase online itu memudahkan pembeli dan penjual sekaligus. Cukup tersambung ke internet, klik sana-sini sesuai kategori, lihat-lihat barang, dan kontak penjualnya langsung kalau hati nyangkut.

Mudah, dan hemat sekaligus.
Ga perlu keluar ongkos, keluar biaya parkir, panas-panasan.
Asik banget, tapi perlu hati-hati. 

TIPS JUAL BELI ONLINE AMAN

Pembeli

  1. Pastikan sebelum membeli menggunakan situs yang terjamin. Kalau untuk cari barang bekas sekarang ini saya sering pakai OLX. Biasanya bisa ketemu barang yang masa pakainya baru satu-dua bulan tetapi harganya cukup bagus.
  2. Baca baik-baik keterangan barang yang dijual. Jika keterangan pada iklan masih samar-samar, bisa pastikan kembali lewat telepon/sms. Saya rekomendasi pakai SMS/wasap/bbm supaya komunikasi tercatat.
  3. Jangan asal tergoda barang murah. Yah namanya pembeli pasti ya makin murah makin bahagia. Tapi kalau terlalu murah, musti agak curiga kondisi barangnya sesuai yang ditulis atau barangnya malah ga ada sama sekali (alias bodong).
  4. Cek akun social media penjual (jika ada). Ini sering banget saya lakukan kalau harus belanja online. Saya cek akun twitternya, facebook, dan cek juga nomor rekeningnya. Mencegah lebih baik kan, ya. 🙂
  5. Gunakan sistem pembayaran COD (Cash on Delivery). Untuk pembelian barang yang infonya didapat via iklan baris seperti OLX, saya sarankan lakukan proses jual beli dengan COD, ada uang ada barang. 🙂
  6. Periksa barang dengan teliti. Saat ketemuan dengan penjual, baiknya cek dulu barang sebelum pembayaran dilakukan. Kalau elektronik, bisa cari sumber listrik, dinyalakan dan dicek. Untuk barang lainnya bisa cek kondisi, apakah ada cacat, dll.

Penjual

  1. Berikan informasi sedetail mungkin pada iklan. Informasi mengambang cuma akan bikin repot, percaya deh. SMS tanya ini-itu bakal terus masuk untuk tanya lebih jelas kalau informasinya ga lengkap.
  2. Gunakan sistem pembayaran COD (Cash on Delivery). Saya suka sekali sistem COD ini, kalau untuk gadget dll, proses jual beli ini juga jadi cara menyelamatkan nama baik. Bayangkan kalau ada orang yang beli barang, udah transfer, kita kirim, lalu dia bilang barangnya ga sesuai, kondisi barang rusak, dll. Lalu koar-koar di social media. 😐
  3. Pilih tempat janjian yang terang dan ramai. Jangan gelap-gelapan yah, kak. Kita ga tau bakalan ketemu sama siapa. Bisa aja dia manis di SMS dan suaranya asik di telepon, tapi ya siapa tau kan. Pilih tempat terang, ramai, dan kalau bisa pas janjiannya datang bareng temen. ^^
  4. Jangan terima cash. Waktu kemarin saya janjian ketemuan dengan satu pembeli, saya pilih janjian di mal. Alasannya biar banyak ATM. Saya ndak mau terima pembayaran cash, tapi lebih pilih cari aman dengan pembayaran transfer.

Rejeki jualan bisa datang dari mana aja, iklan yang saya pasang di OLX misalnya, yang tanya-tanya udah beberapa orang. Trus beberapa hari senyap ga ada yang tanya. Minggu lalu pas siang gitu ada yang nanya lagi, eh malah minta langsung ketemuan malemnya.

Intinya, kalau jualan online, jangan males balas SMS, kali aja dia yang bakal jadi pembeli kita. 😀

Ketemuan dengan pembeli sambil COD.
Ketemuan dengan pembeli sambil COD.

Ini kemarin pas saya ketemuan dengan Bayu, dia beli jualan saya trus ga masalah ketemuan langsung dengan COD. Pas saya minta bayarnya jangan cash, dia juga bersedia untuk transfer. Kita sempet ngobrol-ngobrol sebentar. Saya jadinya untung dua kali, barangnya kejual plus dapet temen baru.

Oh iya, ini saya jualannya pake aplikasi OLX, saya bahagia banget donlot aplikasinya, ga ada lagi ribet buka laptop, cuma klik-klik, kirim, trus tinggal duduk manis nunggu iklannya tayang.

Yang lagi jualan juga, semoga cepet laku, yaa.. ^^

/salam jualan aman.

2 thoughts on “Belanja Online, Pilih COD”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *