Berharap Langsing dari Segelas Jamu

Jadi langsing dalam sekejap memang senyata-nyatanya dongeng kecuali kalau kebetulan punya kenalan penyihir, ya. Meski begitu, saya dan mungkin beberapa orang lain di dunia masih memelihara mimpi, berangkat tidur dengan berat sembilan puluh, dan bangun tidur dengan berat lima puluh.

Dear mirror-mirror on the wall, who’s the prettiest girl on earth…

Sudah tau cuma angan, kemarin waktu main ke Omah Jamu Jeng Ratu, saya bisa-bisa masih juga menggantang mimpi. “Mba, jamu singsetnya satu, kalau bisa yang ampuh, supaya besok pagi udah keliatan langsingnya”, kata saya kepada seorang perempuan yang sedang meramu jamu di teras depan.

Si Mbak sempat melongo sebentar, lalu segera membalikkan badan. Lamat-lamat saya dengar suara tawanya saat meracik bahan-bahan yang perlu untuk membuat jamu sesuai permintaan. Katanya, “Kalau langsing besok ngga ada, mba. Ini saya buatkan jamu singset, harus diminum teratur,” kata Si Mbak menghancurkan mimpi indah saya dalam sekejap. 🙁

Yah, usaha boleh dong yaa. Kali-kali aja Omah Jamu Jeng Ratu punya ramuan rahasia yang mau dicobain ke saya. Bolehlah jadi berbie percobaan. *pasrah.

Berangkat liburan tanpa agenda membuat saya mudah saya mengiyakan ajakan teman-teman, termasuk ajakan Sukma, teman satu SMA di Lampung dulu, untuk main ke sini. Lokasi Omah Jamu Jeng Ratu di Sardonoharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman, cukup jauh dari Bhumi Hostel, tempat saya menginap. Kurang lebih 23 kilometer.

Kemarin kami disupiri sama Suaminya Sukma. Kalau teman-teman mau ke sini, gunakan google maps untuk memandu karena di jalan menuju Omah Jamu akan ada beberapa belokan yang cukup kecil dan mudah terlewat.

Sampai di lokasi, tidak terlalu banyak penunjuk tempat juga. Kemarin saya menemukan hanya ada satu spanduk yang dipasang vertikal di gerbang masuk.

Belum lagi menjelajah, saya udah bersorak. Suasananya enak, adem, pas pula kemarin itu baru selesai hujan, masih sisa rintik-rintik sedikit. Sawah, rintik, dan jamu langsing. Nikmat tuhan mana yang kau dustakan. <3

Pemandangan dari area depan Omah Jamu:

Isi dalamnya Omah Jamu

Kalau ini teras belakangnya, spot favorit saya waktu mampir ke sana. Rasanya pingin balik lagi untuk duduk-duduk minum jamu dan nyemil di warung organiknya. Di bagian belakang Omah Jamu ini saya juga bisa pegang-pegang dan cium-cium wangi berbagai tanaman yang dipakai jadi bahan pembuat jamu.

Tanaman:

Warung Makan Organik:

Area Duduk:

Aneka Bahan Jamu:

Di area belakang ini pelan-pelan saya dan Sukma menikmati jamu pilihan. Dia memesan jamu untuk flu, sedang saya masih istiqomah menyesap pelan-pelan jamu langsing yang tadi dibikin Si Mbak.

Jamu flu pesanan Sukma
Jamu langsing

Jamu langsing

Yang unik dari Omah Jamu adalah, mereka tidak menjual jamu ekstrak. Jadi, kalau mau pesan jamu bentuknya seperti di gelas-gelas itu. Ada kunyit sudah diiris, ada jahe, ada kapulaga, di jamu langsing saya ada rosella kering, dll. Semua bahan jamu harus direbus/diseduh dengan air panas supaya khasiatnya nyata. Anw, harga pergelas jamu ini Rp 10ribu saja.

Rasa jamunya, duhh enaknya.. Kalau ga inget saya cuma liburan dengan satu tas besar dan satu tas kecil yang hampir meledak karena kepenuhan barang, saya bakal beli perintilan macam masker/kunyit asem, dll itu. Untung disadarkan, jadi saya cuma bawa pulang foto-foto aja dari sana. 😀

Sukma, yang sudah pernah mampir ke Omah Jamu sebelumnya bilang, di sini pengunjung bisa konsultasi langsung ke Jeng Ratu untuk segala penyakit yang terjebak di badan. Karena waktu itu dia ga punya keluhan, Jeng Ratu meresepkan Jamu Sehat Wanita untuk 7 hari, harga totalnya Rp 70ribu.

Sebenarnya saya juga mau konsultasi dengan Jeng Ratu, sayang sudah terlalu sore, waktu ga memungkinkan untuk mengantri. Mungkin nanti, kalau ada kesempatan datang sekali lagi, saya sekalian mau curhat ke Jeng Ratu soal berat badan yang keras kepala ga mau pergi.

/salam jejamuan

Omah Jamu 

Alamat: Sardonoharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581, Indonesia
Telepon:+62 818-0597-5030
Jam buka: 10.00–19.00

 

8 thoughts on “Berharap Langsing dari Segelas Jamu”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *