Biar Mudik Makin Asik

Mudik ke Sumatera tahun ini beneran jadi pengalaman baru buat saya. Niatnya mudik pakai kereta, baru lanjut kapal dan bus. Tapi belakangan pacar kasih ide gimana kalau mudiknya naik motor.

Saya belum pernah mudik naik motor sebelumnya sih, dulu waktu masih jamannya kerja kantoran dan mudiknya sendirian, saya mudiknya pakai bus Damri. Pas udah berdua dan bertiga, pilihan mudik kami ganti ke mobil travel yang jemput ke rumah dan antar ke tujuan.  Belakangan saya nyobain kereta Angke – Merak buat mudik ke Lampung, trus ketagihan karena murah dan nyaman.

Sesungguhnya saya ga berani mudik bonceng anak dan bawa barang segambreng, kuatirnya ngantuk, trus jadi ga fokus megangin anak, plus lagi pasti ribet di jalan.

Trus kok kepikir naik motor? 
Karena anak udah mudik duluan 3 minggu sebelumnya. Jadinya saya cuma berdua aja sama pacar.  Dipikir-pikir, aman lah kalo jalannya berdua. 🙂

Sebelum mudik, saya udah siapin beberapa hal biar acara mudik menyenangkan :

————————-

1. Pilih Waktu Berangkat dan Cek Kondisi Motor 
Karena belum pernah mudik pakai motor sebelumnya, saya tanya-tanya ke beberapa teman, baiknya jalan pagi/sore/malam. Kang @Caplang mengusulkan jalan malam, karena kondisi jalan relatif lebih sepi. Jalan malam juga asik sih, soalnya bukan waktunya puasa, jadi nyaman kalau mau makan/minum.

Teman lain (@adhams) mengirimkan foto ini,

mudik motor

Sehari sebelum mudik, pacar udah mampir ke bengkel, ganti ban motor, service, plus cek lampu. Aman semua. 🙂

————————-

2. Packing Rapi Semua Barang
Kalau bisa, diusahakan semua barang masuk tas/kardus. Menghindari kemungkinan jatuh di jalan atau kemungkinan mengganggu gerak kaki pak supir motornya.
 packing

————————-

3. Sedia Minum/Cemilan/Permen
Perjalanan Tangerang – Merak ini sekitar 3-4 jam kalau jalan santai, sekitar 40-50km/jam. Kanan-kiri jalan bakal ketemu banyak minimarket sih, tapi kalau ngerasa bakal ribet parkir dan antri, mending siapin cemilan sebelumnya.

————————-

4. Isi Bensin Motor Sampai Penuh
Disarankan untuk isi bensin sampai penuh.  Sepanjang jalan kemarin kami ketemu beberapa pom bensin, tapi antrinya lumayan panjang.
Mudik kemarin pakai Vario CBS 125CC, sebelum berangkat kami isi penuh tangki bensinnya Rp 35ribu. Bensinnya cukup untuk kurang lebih enam jam perjalanan (total 10 jam termasuk penyeberangan dengan kapal laut dan istirahat). Tiba di Lampung sisa bensinnya masih ada sekitar 1 liter lah.

————————-

5. Sedia Playlist Asik
Playlist asik buat di jalan ini penting banget. Eh tapi bukan buat pak sopir motor ya. Kalau pak sopir tuh harus fokus liat kanan-kirinya, cek spion, dengerin klakson dll. Playlistnya buat saya, biar bisa dengerin musik sambil nyanyi-nyanyi sepanjang jalan.

Karena motornya jalan kenceng dan pindah-pindah lokasi, dengerin radio konvensional itu ga banget deh. Kemarin nyobain bentar, idupin channel FM, eh baru sekian detik denger Justin Timberlake trus kresek-kresek ilang, pas cari lagi, udah berubah dangdut. Haiyah! 😀

offline

Untuk dengerin musik kemarin saya pakai aplikasinya MixRadio. Sebenernya saya udah take offline (download) beberapa playlist supaya ga perlu streaming, tapi di jalan saya nyoba-nyoba streaming karena penasaran, eh mayan oke juga kok ternyata. 🙂

Kalo udah download aplikasinya, nanti akan ada pilihan kita sukanya genre apa aja, trus kita bisa pilih beberapa mix lagu yang kita pengen denger, supaya pilihan lagu yang dikasi nanti, bisa “kita banget”.

mix pilihan

Oh iya, apps nya udah ada di Android, IOS, sama Windows Phone. Jadi bebas lah mau pake smartphone yang mana. Mau download di semua device juga boleh. Pilihan lagunya banyak, totalnya ada 36juta lagu dengan 10ribu pilihan mix lagu.^^

Naksir? Kalau mau download, tinggal klik gambarnya aja, pilih salah satu sesuai device yang dipake.

MixRadio logo on App Store MixRadio logo on Google Play MixRadio logo Windows Phone

 

Kalau kesulitan klik gambar, bisa klik link di bawah ini juga.

ANDROID http://mixrad.li/1R1wh6F
IOS http://mixrad.li/1GJWbRr
WINPHONE http://mixrad.li/1LFBf5s

————————-

6. Angpao yang Banyak
Nah ini yang paling penting, angpao yang banyak. *lirik ponakan sembilan ekor*.
Apalah artinya tante datang kalau ga kasi THR,” demikian abege-abege itu berkata kemarin. 🙂

————————-

Selamat lebaran semua, mohon maaf lahir dan batin.  🙂

/salam mudik

 

10 thoughts on “Biar Mudik Makin Asik”

  1. Kirain sampe medan… 🙂 kasihan si pacar ya.. sementara harus ekstra hati2.. pasangannya menikmati aplikasi dibelakang… 🙂 setidaknya sampe di kampung dengan selamat ya… 🙂

    1. Aku agak serem lho mba yang boncengan sampe 4 gitu. Harus ekstra hati-hati supaya aman sepertinya.
      Pastinya ga nyaman juga, ya tapi setaon sekali dijabanin. Demi mudik.

  2. Ini aplikasi yang lo liatin kemaren yah kak.
    udah gw donlot barusan. ada lagu anak-anak, biar si akil seneng dengernya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *