Bikin Keripik Pisang, Yuk!

Doyan makan keripik pisang gak, kak?
Saya doyan, nih. Apalagi di Lampung kan memang oleh-oleh khasnya keripik pisang aneka rasa, yah. 🙂

Saya lagi gak di Lampung sih ini, tapi lagi di Medan.
Lha, kok cerita keripik pisang, Re?

Ceritanya sih gini, Si Umi mertua beliin pisang mengkal satu tandan, katanya mau dibikin keripik. Duh, ngebayanginnya aja males, kepikirnya bakalan ribet, lama, makan waktu banget. 🙁
Kalo kepingin keripik, ya beli aja sebungkus, ini pake bikin sendiri segala. 😐

Ya sudahlah, karena pisangnya udah ada, jadilah saya kursus singkat bikin keripik pisang. Ternyata, gampang lho saudara-saudara! 😀

penampakan pisang

Pilih pisang yang kulitnya masih hijau. Kalo yang kami pake untuk keripik ini namanya pisang kepok kuning. Pisangnya baguss, harganya lumayan mahal, Rp 8ribu satu sisir. Kemarin beli satu tandan harganya Rp 70ribuan.

kupas pisangKupas pisangnya. Habis kupas langsung rendam dan cuci dengan air bersih. Pisang mentah getahnya lumayan banyak. Sebelum kupas-kupas dan iris-iris, tangan dan pisau dibalur minyak makan dulu, supaya nanti pas bersihinnya gampang.

iris pisangHabis dikupas, ya diiris tipis. Pakai pisau aja, yang buat ngupas kulit wortel itu, lhoo..
Usahakan jangan ditumpuk terlalu banyak, supaya mudah gorengnya.

goreng

Sebelum menggoreng, siapin dulu campuran garam + gula yang dicairin. Ukurannya, sesendok gula + sesendok garam + setengah cangkir air, aduk rata.

Panasin minyaknya, trus masukin pisang yang udah diiris tadi selembar-selembar. Ingat, selembar-selembar yah, kak.. Soalnya kalau dimasukin sekaligus, nanti pisangnya ga lepas dan menggumpal.
Kalau pisangnya udah masuk semua, tuang sesendok campuran gula+garam tadi ke wajan.matengAyeeyy, keripik pisangnya udah mateng. Tinggal dimakan aja.

Gampaang, kaann.. Paling yang makan waktu itu pas ngupas pisangnya, karena kan kulitnya lengket jadi mesti pake pisau. 😀
Proses setelahnya mayan mudah, lah. Apalagi proses ngabisinnya, duh mudah bangetttt.. Hihihi..

/Salam Keripik!

 

 

 

5 thoughts on “Bikin Keripik Pisang, Yuk!”

  1. Yuk Kakak Kunjungi Pusat Oleh-Oleh Makanan Lampung | http://www.makananlampung.com Menyediakan: Kerupuk Lampung, Kerupuk Cumi, Kerupuk Ikan, Keripik Pisang Aneka, Keripik Pisang Yenyen, Keripik Sanjai, Keripik Balado Lampung, Lempok, Lele Asap, Kopi Lampung, Kopi Luwak, Kopi Durian,dll.

    Kirim Keseluruh Indonesia – Alamat: Jl. B. Manti 03, Kedaton Bandar Lampung – 35143

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *