Bukber ADARO: 1000 Bahagia, 1000 Doa

Ini adalah kali ke sekian saya diundang datang ke acara berbuka puasa ala Adaro. Acara berbuka yang tidak pernah biasa-biasa saja. Bukan karena mewah makanannya, bukan karena mewah tempatnya, tapi karena pesertanya yang mencapai angka seribu, dan konsepnya adalah pesta!

Jakarta padat sekali Jumat lalu. Sudah berangkat dari pinggiran kota saat matahari masih terik, saya baru berhasil menjejak Kuningan City jelang jam 4. Tujuan saya hari itu adalah Ballroom, lokasi dihelatnya acara berbuka puasa Adaro bersama 1000 Anak Yatim.

Mengapa harus seribu? Nah untuk yang ini, Boy Thohir pernah bilang, karena awalnya sudah demikian sejak 9 tahun lalu. Pernah pada satu waktu, karena keterbatasan dana, jumlah anak yatimnya hendak dirampingkan. “Tapi setelah dipikir lagi, tidak jadi saja. Perhitungan dengan anak yatim, berarti perhitungan dengan Allah.”

Sore itu, Boy Thohir sempat cerita soal pengalaman Ramadannya saat kecil. Ayahnya, sejak dulu, sudah suka mengumpulkan anak-anak kecil di pekarangan rumah usai waktu taraweh. Bersama adiknya, Erick Thohir, ia menikmati sekali masa-masa itu. “Kami suka main petasan,” katanya mengenang.

Berkumpul bersama teman-teman, kata Boy, adalah pengalaman yang paling menyenangkan untuk anak-anak. Karena itu, setiap tahunnya Adaro Energy mengundang tidak hanya seratus, tapi seribu anak sekaligus, untuk bersenang-senang bersama Adaro dan para karyawan.

Inti acaranya adalah bersenang-senang! Anak-anak yatim menjadi tamu yang disuguhi dengan permainan seru, dan dihibur oleh artis kenamaan ibukota. “Mereka sudah jauh-jauh datang, jangan lagi diminta tampil di depan. Biar anak-anak menikmati hiburan dan menikmati makanan yang mereka suka,” kata Boy lagi.

Suguhan yang dihidangkan juga spesial, disesuaikan dengan kegemaran anak-anak. Tahun-tahun sebelumnya sempat ada KFC, Sate Khas Senayan, tahun ini ada Burger King! “Adaro memilih menu yang anak-anak suka. Semua karyawan juga akan menikmati makanan yang sama saat berbuka.”

Acara tak berhenti di makan-makan saja. Kejutan paling menyenangkan dihidangkan di akhir. Rizky Febian, artis yang digandrungi remaja dan anak-anak, hadir menghibur dengan beberapa pilihan lagunya! Senang sekali liat wajah bahagia anak-anak. Sebagian besar hapal lagunya dan ikut menyanyi bersama dalam konser mini ini.

Tidak cukup mengundang anak-anak yatim secara rutin, Adaro juga punya program pelatihan keterampilan untuk anak-anak pesantren. Nama programnya PASS (Program Adaro Santri Sejahtera). Program ini dijalankan agar anak-anak pesantren nantinya mampu menghidupi diri sendiri, keluarga, dan orang-orang di sekitarnya dengan keterampilan yang dipelajari itu.

Bukber bersama Adaro dan 1000 anak yatim ini sekali lagi mengingatkan saya untuk bersyukur dengan banyaknya rezeki yang sudah dinikmati. Dan Pak Boy sekali lagi mengingatkan, untuk tiap rezeki yang turun itu, ada bagiannya anak yatim. “Jangan lupa, semakin banyak berbagi, semakin banyak pintu rezeki akan terbuka.”

Serunya acara bukber kemarin bisa dilihat juga di postingan Instagram Mas Harris ini yaa…

https://www.instagram.com/p/Bxl0wgMnnbS/

Terima kasih undangan pestanya, Adaro! Sampai jumpa tahun depan. 🙂

/berbagi adalah doa
foto-foto dari @lostpacker & @arievrahman

5 thoughts on “Bukber ADARO: 1000 Bahagia, 1000 Doa”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *