Bulan Peduli Kanker Payudara

Hai, pernah dengar soal Bulan Peduli Kanker Payudara? Bulan Peduli Kanker Payudara di seluruh dunia diperingati pada bulan yang sama, yaitu Oktober.

breast-cancer-awareness

Di Indonesia, cukup banyak kegiatan kampanye untuk Breast Cancer Awareness. Saya sempat baca beberapa berita di media, ada lomba lari untuk mendukung penderita kanker dan survivor, ada cek payudara gratis di penyedia layanan kesehatan, ada juga booth untuk berfoto di mal.

Soal booth ini saya temukan tadi, saat berkunjung ke Grand Indonesia Shopping Town. Mal yang letaknya di pusat Jakarta ini memasang booth dengan desain cantik dan mengundang di Lobby Amarta.

Selain untuk berfoto, booth dapat dipakai untuk cari tau berbagai informasi dan fakta seputar kanker payudara, termasuk penjelasan mengenai pentingnya pemeriksaan dini terkait kanker payudara kepada pengunjung. Belum sempat ke Grand Indonesia? Jangan kuatir, karena VM Point Pink Ribbon ini dipasang sepanjang dan hingga akhir Oktober. ^^

vm-points

Soal kanker payudara, berdasarkan data dari Yayasan Kanker Indonesia, kanker payudara adalah jenis kanker yang menempati urutan kedua setelah kanker paru-paru secara keseluruhan di Indonesia. Kanker payudara lebih banyak menyerang perempuan, ada faktor genetik, juga pola dan gaya hidup. Kanker payudara paling sering menyerang saat usia di atas 40 tahun.

Kanker payudara makan cukup banyak korban karena umumnya penderita tidak sadar kondisinya hingga akhirnya kanker meluas dan merusak jaringan. Kalau keluhan sudah terasa, hampir pasti kanker sudah ada di tingkat lanjut.

gejala kanker payudara

Periksa Payudara Sendiri (SADARI)

Pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) adalah salah satu cara untuk mencegah perluasan jaringan kanker sejak dini. Pemeriksaan bisa dilakukan di depan cermin, saat mandi, atau terlentang. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan saat melakukan SADARI.

Tahap Pemeriksaan
1. Kedua tangan ke bawah, periksa apakah payudara simetri atau tidak.
2. Periksa adakah perubahan kulit.
3. Periksa apakah puting masuk ke dalam atau terdapat cairan aneh.
4. Angkat tangan ke atas, perhatikan seperti intruksi di awal.
5. Taruh tangan di pinggang. Bila tidak ada perubahan bentuk, maka lanjutkan ke tahap perabaan.

Tahap Perabaan
1. Mulailah meraba dari dekat ketiak. Lakukan dengan berurutan spiral, atas ke bawah. Perabaan dilakukan dengan memutari keseluruhan bagian payudara secara luas hingga mengerucut ke tengah puting.
2.  Kemudian puting dipencet dengan jari telunjuk dan ibu jari untuk memastikan tidak ada kelainan cairan.

Usahakan saat periksa, jangan terburu-buru. Segera kunjungi dokter jika setelah pemeriksaan mandiri ditemukan:

  • Benjolan keras pada payudara atau ketiak.
  • Perubahan pada permukaan kulit: kulit menjadi berkerut, atau terdapat cekungan.
  • Perubahan ukuran dan bentuk payudara, terutama ketika mengangkat payudara atau menggerakkan lengan.
  • Keluar cairan dari puting payudara, tapi bukan ASI.
  • Keluar darah dari puting.
  • Terdapat bagian puting yang memerah dan menjadi lembap, serta tidak kunjung berubah menjadi seperti semula.
  • Puting berubah bentuk, misalnya menjadi melesak ke dalam.
  • Ruam di sekitar puting.
  • Ada rasa sakit atau tidak nyaman yang berkelanjutan pada payudara.

Merawat Payudara 

Agar selalu sehat dan berfungsi baik, usahakan selalu merawat payudara dengan benar. Saya biasanya memakai pakaian dalam yang menyerap keringat untuk menghindari ruam di bagian terluarnya.

Penggunaan ukuran bra yang tepat juga membantu payudara tetap sehat. Pastikan bra pas ukurannya, karena kalau kesempitan atau terlalu besar pastinya tidak nyaman digunakan dan berpengaruh ke postur tubuh juga.

belanja

Oh iya, tadi belum sempat cerita, jadi setiap berbelanja di SEIBU Department Store, kita turut menyumbang untuk para pasien kanker payudara yang kurang mampu. Pas banget dong, saya langsung meluncur ke Wacoal buat cek ulang ukuran bra karena beberapa bra di rumah udah mulai kurang enak dipake. 🙂

pengukuran cara-mengukur-size-bra

Iya, beli bra pakai diukur dulu. Jadi bukan cuma kira-kira, kalau setangkup tumpah-tumpah ukurannya D, kalau setangkup penuh ukurannya C, dst. Kalau di Wacoal, proses pengukuran bra pakai meteran khusus. Ada 2 yang diukur, lingkar tengah payudara (top bust) yang diukur mengelilingi punggung, dan lingkar badan tepat di bawah payudara (under bust).

Contohnya seperti foto di atas: kalau top bustnya 95 dan under bustnya 80 maka yang dipakai adalah adalah cup  C.

Pengukuran bra bisa juga dilakukan dengan meteran biasa, cek gambar di bawah ini untuk contekannya, ya. ^^bra-chart

Kalau ukuran lingkar dan cup sudah benar, biasanya postur tubuh akan mengikuti. Payudara tertopang dengan baik dan tidak membebani pundak atau punggung. 🙂

Oh iya, sekalian mau info, kalau-kalau ada yang butuh. Wacoal punya bra edisi baru yang namanya Balancing Bra. Bra dan bantalan bra dengan desain khusus ini ditujukan untuk payudara yang sudah berubah saat perawatan/sesudah operasi.

bra-balancing-2 bra-balancing-1

Balancing Bra ini didesain tanpa kawat, bagian strap erat dan ga mudah bergeser. Ada kantong padding untuk memudahkan pemakaian bantalan payudara. ^^

========

Hari ini menyenangkan karena sempat ngemal, foto-foto di VM Points Pink Ribbon, dan belanja bra baru. ^^
Selamat belanja sekaligus menyumbang untuk para pasien kanker payudara yang kurang mampu, yaa.. belanja-di-seibu

 

/salam payudara sehat

3 thoughts on “Bulan Peduli Kanker Payudara”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *