Category Archives: Sehat

Menjemput Sehat

Sehat itu susah, perlu usaha. Ga ada tuh yang namanya santai-santai aja, makan seenaknya, tidur seenaknya, terus bisa sehat. Ini segala-segala engsel pemberian yang punya semesta harus banget digerakin kalo mau sehat. Gerak kanan-kiri-depan-belakang, pake semua panca indera semaksimal mungkin buat kebutuhan sehari-hari. Makan secukupnya aja, tidur cukup, kerja cukup, main cukup.

Seimbang.

Enak banget ngomongnya, ya. :)) Continue reading Menjemput Sehat

HaloDoc, Solusi Konsultasi Dokter Darurat

Apa sih yang paling penting di dunia?

Saya sampai sekarang ga bisa memutuskan apa yang terpenting, tapi dari beberapa diantaranya, kesehatan adalah satu hal yang menurut saya sangat penting. Kalau sudah sakit, segala rencana, keinginan, terpinggirkan, yang penting tinggal bagaimana caranya supaya sehat dan bisa aktivitas seperti semula.

embun Continue reading HaloDoc, Solusi Konsultasi Dokter Darurat

Menuju Berat Badan Impian

Berat badan impian saya itu 60kg, lebih tinggi 4kg dari berat badan ideal. Tapi buat saya berat badan segitu itu lebih nyaman soalnya saya lebih suka punya┬ásedikit lemak yang melenuk di bagian tubuh tertentu. ­čÖé

Terakhir kali punya berat badan 60kg itu tahun 2001. Seiring bertambahnya tahun, bertambah juga berat badan. Kalau diistilahkan dengan bahasa kurva, berat badannya melonjak tajam! Akhir tahun 2009, berat badan bertambah 40kilogram dari berat awal. lemaks Continue reading Menuju Berat Badan Impian

Kala Lelah Datang Menghadang

Saya bukan pekerja kantoran, ga harus ke luar rumah setiap hari, tapi kadang-kadang ada waktunya saya mesti keluar pagi-pagi buta dan pulang lewat tengah malam. Hampir 24 jam di luar rumah.

Kalo udah begitu, biasanya hari besoknya saya butuh waktu agak banyak untuk kalibrasi badan, rasanya lelah luar biasa, tambah pusing, trus kalau udah begitu pasti bawaannya susah betul untuk konsentrasi. Buka laptop berjam-jam, nggak ngapa-ngapain, cuma klik sana-klik sini, nol besar.

Biasanya saya mikirnya, “ahh, paling juga karena kecapean”. Tidur cukup, makan enak & sehat, minum jus buah, nanti badannya bakal enak lagi. Gitu terus siklusnya. Continue reading Kala Lelah Datang Menghadang

Pengalaman Berobat di Puskesmas

Seingat saya, terakhir kali saya berobat ke puskesmas itu waktu kelas 3 atau 4 SD. Saya mampir ke puskesmas karena gigi susu saya mulai hitam-hitam dan goyah, jadi harus dicabut segera.

Dulu itu sih pengalaman saya horor, ya. Puskesmasnya ada di dekat rumah, perawatnya nggak ramah, dokternya ga ada senyum. Saya didudukkan di kursi, lalu ada tang, ada suntik, kemudian saya menjerit. Ga ada manis-manisnya.

Pengalaman traumatis soal gigi itu bikin saya selalu ketakutan kalau diajak periksa gigi, bahkan ke dokter sekalipun. Pernah waktu gigi saya yang lainnya goyang, saya ditemani orangtua antri di klinik dekat rumah. Jelang nomor saya dipanggil masuk, badan saya membiru dan dingin. Dokter giginya ga berani menangani, kami diminta pulang dan kembali lagi kalau sudah nggak panik. ­čÖü

Continue reading Pengalaman Berobat di Puskesmas

Jangan Malas Tanya Obat

Melanjutkan postingan kemarin dulu soal obat, saya mau berbagi informasi supaya kita ga jadi pasien yang dicekokin obat tanpa paham kandungan dan manfaatnya.

Jadi, tiap obat itu punya efek samping, punya kandungan tertentu, punya manfaat yang beda-beda. Misalnya di satu obat yang kita dapat dari dokter udah ada kandungan parasetamolnya, nah di obat yang lain, kandungan parasetamol ini ga diperlukan lagi. Secukupnya aja.

Untuk tau kandungan obat, bisa lihat di mana? Continue reading Jangan Malas Tanya Obat

Yoga Bareng di Celebrity Fitness

Aaak, pas badan dan pikiran beratnya balep-balepan gini, trus ada email masuk dari Female Daily, katanya sih mau ngajak olahraga bareng di Celebrity Fitness. Emailnya segera aja saya balas dengan suka hati, bilang kalo seneng banget diundang dan pastinya bersedia hadir di Minggu siang kemarin.

Olahraga siang-siang?

bareng Mba Nunik
bareng Mba Nunik

Hooh, ini kebetulan olahraganya siang-siang. Buat yang biasa olahraga pagi dan sore hari, mungkin olahraga siang-siang ini agak aneh, ya. Tapi, jangan salah. Celebrity Fitness, siang-siang begitu, rame aja lho, kak. Mana yang olahraga pada tampan-tampan pulak! *rere lupa diri* Continue reading Yoga Bareng di Celebrity Fitness

Tak Cuma Cari Jodoh, Berobat pun Harus Cerdas

Waktu masih muda kinyis-kinyis, saya menerapkan beberapa peraturan dalam hidup, salah satunya adalah soal jodoh. Saya mengeliminir lelaki-lelaki dari suku tertentu karena “katanya”, suku A begini, suku B begini.

Jelang dewasa, perburuan jodoh saya mengalami perubahan. Alih-alih meneruskan peraturan soal jodoh, saya menggantinya dengan kriteria lain, fisik dan mental. Saya pingin punya jodoh yang ganteng, kalo bisa mirip-mirip Ariel gitu deh, pinter nyanyi, pinter main musik, sayang sama saya, dan orang kaya!

Belakangan, saya menyadari kalau ada beberapa hal yang tidak bisa saya dapatkan. Pencarian jodoh berhenti di satu kata, “baik”.
Apapun sukunya, bagaimanapun rupanya, punya masalah apapun dia, saya cuma mau, jodoh saya nanti orangnya baik, mulai dari niat hingga tingkah lakunya. Continue reading Tak Cuma Cari Jodoh, Berobat pun Harus Cerdas

Yuk Belajar Kenal Alergi

Punya bakat alergi? Pada beberapa orang bakat alergi ini cukup menghambat aktivitas. Ada yang mesti jauh-jauh dari udara dingin, dari debu, dari makanan tertentu misalnya seafood, bahkan jenis bahan baju juga bisa mencetuskan alergi.

allergy

Nah, alergi ini biasanya muncul sejak kecil. Dokter pada umumnya menganjurkan orangtua untuk mengeliminasi pencetus alergi dan setelah mengetahui penyebabnya sebisa mungkin menjauhkan bayi agar ga sering-sering terkena dampaknya.  Continue reading Yuk Belajar Kenal Alergi