Category Archives: Sehat

Review: Embun dan Milo Champions Band

quotes

Entah mesti bersyukur atau galau soal anak yang aktifnya ampun-ampunan. Dari bangun tidur sampe tidur lagi, kerjaannya main melulu. Pernah saya bangun kesiangan, pintu udah kebuka, ternyata dia lagi party main masak-masakan di teras, sama temen-temennya.

Bukannya ga boleh main, ya. Boleh banget malah, saya lebih senang liat dia main-main ketimbang diam bengong di depan tipi. Kelihatannya lebih anak-anak. Tapi, ya ga seharian juga, dong! ­čÖü Continue reading Review: Embun dan Milo Champions Band

Buat Apa Susah Lari di Maybank Bali Marathon 2016?

Namanya hidup, jalannya suka ngejutin. Kadang yang udah direncanain baik-baik, dibayangin bakal seru, yakin usaha sampai, eh belakangan ga jadi. Ada yang dadakan, ga tau gimana nanti caranya, malah kejadian.

Ikutan Maybank Bali Marathon 2016 itu salah satu hal yang ga pernah dibayangin sebelumnya. Apa-apaan lari, naek tangga penyeberangan aja bawaannya pingin ngamuk sama arsiteknya, kok. Gile, ini tangganya tinggi amat, anak tangganya banyak amat, pan nyusahin!

racepack Continue reading Buat Apa Susah Lari di Maybank Bali Marathon 2016?

PRIMA: Sahabat Orang Tua, untuk Ananda

Kalau bicara soal anak, ingatan membawa saya ke pengalaman lima tahun silam waktu anak gadis baru aja lahir. Waktu itu, rasanya campur aduk, senang, sedih, lelah, kesal, semua jadi satu. Sebenarnya, sebelum melahirkan, saya udah baca cukup banyak buku dan artikel soal “jadi orang tua baru”. Sayangnya, setelah melahirkan, segala teori, ilmu, diskusi, buyar total.

Bukan. Bukan karena saya lupa apa isi bacaannya. Tapi, karena semua orang merasa berhak berkomentar tentang bagaimana cara saya melahirkan dan proses membesarkan anak.

embun Continue reading PRIMA: Sahabat Orang Tua, untuk Ananda

Enam Bulan di Celebrity Fitness

Ada beberapa hal di dunia ini yang menyenangkan atau menyedihkan, dan memorinya cukup membekas. Pada kasus saya, memori ini kebanyakan soal berat badan.

Sampai usia 20an, berat badan normal saya itu mentok di angka 60kg. Pas, enak dilihat, enak dibawa, dan ga nyusahin. Saya bisa main-main ke mol, ketemu baju lucu, ambil, dan bayar ke kasir tanpa mikir.

Asik!

cerita lalu
cerita lalu

Continue reading Enam Bulan di Celebrity Fitness

Catatan: Berjuang Demi ASI

Soal menyusui, setiap orang pasti punya cerita masing-masing. Ada yang semacam mudah sekali, seperti keran dengan stok air yang melimpah, cukup buka lalu mengucur deras. Ada juga yang susah, mesti bolak-balik main ke konselor laktasi, belajar cara menyusui yang benar, pelekatan yang benar, baru bisa.

Iya, beda-beda. Bedanya bahkan bisa sangat ekstrim. Ada yang menyusui mukanya cerah, ada yang putingnya berdarah, ada yang menyusui sambil marah-marah, ada yang ketika sesi menyusui datang bawaannya kesal ke bayi merah. Macam-macam.

gambar dari fimela
gambar dari fimela

Continue reading Catatan: Berjuang Demi ASI

Menjemput Sehat

Sehat itu susah, perlu usaha. Ga ada tuh yang namanya santai-santai aja, makan seenaknya, tidur seenaknya, terus bisa sehat. Ini segala-segala engsel pemberian yang punya semesta harus banget digerakin kalo mau sehat. Gerak kanan-kiri-depan-belakang, pake semua panca indera semaksimal mungkin buat kebutuhan sehari-hari. Makan secukupnya aja, tidur cukup, kerja cukup, main cukup.

Seimbang.

Enak banget ngomongnya, ya. :)) Continue reading Menjemput Sehat

HaloDoc, Solusi Konsultasi Dokter Darurat

Apa sih yang paling penting di dunia?

Saya sampai sekarang ga bisa memutuskan apa yang terpenting, tapi dari beberapa diantaranya, kesehatan adalah satu hal yang menurut saya sangat penting. Kalau sudah sakit, segala rencana, keinginan, terpinggirkan, yang penting tinggal bagaimana caranya supaya sehat dan bisa aktivitas seperti semula.

embun Continue reading HaloDoc, Solusi Konsultasi Dokter Darurat

Menuju Berat Badan Impian

Berat badan impian saya itu 60kg, lebih tinggi 4kg dari berat badan ideal. Tapi buat saya berat badan segitu itu lebih nyaman soalnya saya lebih suka punya┬ásedikit lemak yang melenuk di bagian tubuh tertentu. ­čÖé

Terakhir kali punya berat badan 60kg itu tahun 2001. Seiring bertambahnya tahun, bertambah juga berat badan. Kalau diistilahkan dengan bahasa kurva, berat badannya melonjak tajam! Akhir tahun 2009, berat badan bertambah 40kilogram dari berat awal. lemaks Continue reading Menuju Berat Badan Impian

Kala Lelah Datang Menghadang

Saya bukan pekerja kantoran, ga harus ke luar rumah setiap hari, tapi kadang-kadang ada waktunya saya mesti keluar pagi-pagi buta dan pulang lewat tengah malam. Hampir 24 jam di luar rumah.

Kalo udah begitu, biasanya hari besoknya saya butuh waktu agak banyak untuk kalibrasi badan, rasanya lelah luar biasa, tambah pusing, trus kalau udah begitu pasti bawaannya susah betul untuk konsentrasi. Buka laptop berjam-jam, nggak ngapa-ngapain, cuma klik sana-klik sini, nol besar.

Biasanya saya mikirnya, “ahh, paling juga karena kecapean”. Tidur cukup, makan enak & sehat, minum jus buah, nanti badannya bakal enak lagi. Gitu terus siklusnya. Continue reading Kala Lelah Datang Menghadang

Pengalaman Berobat di Puskesmas

Seingat saya, terakhir kali saya berobat ke puskesmas itu waktu kelas 3 atau 4 SD. Saya mampir ke puskesmas karena gigi susu saya mulai hitam-hitam dan goyah, jadi harus dicabut segera.

Dulu itu sih pengalaman saya horor, ya. Puskesmasnya ada di dekat rumah, perawatnya nggak ramah, dokternya ga ada senyum. Saya didudukkan di kursi, lalu ada tang, ada suntik, kemudian saya menjerit. Ga ada manis-manisnya.

Pengalaman traumatis soal gigi itu bikin saya selalu ketakutan kalau diajak periksa gigi, bahkan ke dokter sekalipun. Pernah waktu gigi saya yang lainnya goyang, saya ditemani orangtua antri di klinik dekat rumah. Jelang nomor saya dipanggil masuk, badan saya membiru dan dingin. Dokter giginya ga berani menangani, kami diminta pulang dan kembali lagi kalau sudah nggak panik. ­čÖü

Continue reading Pengalaman Berobat di Puskesmas