Category Archives: Sehat

Hah! Hamil?

Foto oleh @poeticpicture
Foto oleh @poeticpicture

Saya mengenal banyak orang yang terlambat tahu kalau dirinya hamil. Saat akhirnya melakukan tes kehamilan pertama kali dan menegaskan hasilnya ke dokter, ternyata umur janin sudah beberapa minggu.

Pada kasus saya, umur bayi sudah enam minggu.

Idealnya, saat hamil, ibu memberi asupan yang baik-baik untuk janin. Karena ada dua yang hendak dicukupi kebutuhannya, maka asupan kalori yang diperlukan tentu saja ikut bertambah. Tapiii, kebutuhannya ga lantas dikalikan dua, yah. ¬†Jadi, makan dua porsi itu salah. ūüôā

Ibu hamil itu butuh tambahan kalori sekitar 300-400kkal per harinya. Kalau saya ga salah ingat, ini bisa dicukupi dengan 1 buah donat dengan topping uhuy saja. Tapi kan donat itu isinya cuma karbohidrat dan gula aja, yaa…

TEPAT!

Nah, masalahnya timbul karena kebutuhan ibu hamil bukan cuma soal penambahan kalori, tapi juga gizi. Gizi yang baik bisa bantu pertumbuhan janin jadi ikut baik. Pasti senang kan ya kalau tau janin di perut geraknya lincah, bisa salto, kayang, meroda, dan planking sekaligus. Hooh, memang berlebihan. ūüėÄ

Trus, kebutuhan gizinya ibu hamil itu, apa ajaaaaa?

Saya ingat-seingatnya, pertama kali kontrol ke dokter untuk cek-cek perut yang rasanya kurang enak, saya langsung dibekali asam folat. Kata pak dokter yang tampan itu, asam folat mesti diminum selama trimester pertama.

Informasi ini saya salin dari web bidanku

Asam Folat.

Janin sangat membutuhkan asam folat dalam jumlah banyak guna pembentukan sel dan sistem syaraf. Selama trimester pertama janin akan membutuhkan tambahan asam folat sebanyak 400 mikrogram per harinya. Jika janin mengalami kekurangan akan asam folat, maka hal ini akan membuat perkembangan janin menjadi tidak sempurna dan dapat membuat janin terlahir dengan kelainan seperti mengalami anenchephaly (tanpa batok kepala), mengalami bibir sumbing dan menderita spina bifda (kondisi dimana tulang belakang tidak tersambung). Asam folat yang bisa di dapat pada buah-buahan, beras merah dan sayuran hijau.

Yup, persis begitu yang dikatakan pak dokter waktu lampau. Katanya, asam folat bantu perkembangan otak janin dan bantu mencegah bayi lahir cacat. Jadi, memang penting ting ting ting deh, si asam folat ini. Kalau hamil, usahakan jangan skip, ya…

Teruss, selain asam folat, ibu hamil juga butuh tambahan protein, vitamin, kalsium, Vitamin A, zat besi, Vitamin C, dan Vitamin D. Segala kebutuhan itu dianjurkan sudah dikonsumsi sejak awal masa kehamilan supaya kebutuhan gizi untuk ibu dan bayi tercukupi sejak awal agar bayi dan ibunya sehat sentausaaa..

gambar pinjam dari sini
gambar pinjam dari sini

Begini piramida makanan yang sehat, semakin ke atas, semakin sedikit porsi konsumsinya.

——

Lho, Hamil?

Tapi, seperti yang saya bilang di awal tadi, banyak sekali ibu yang telat tahu kalau dirinya sudah hamil kan, termasuk saya. Jadi, baiknya sihh ya, saat sudah berencana untuk hamil dan menyingkirkan segala macam kontrasepsi yang melekat, si calon ibu sudah mulai membekali diri dengan makanan yang sehat dan gizi yang cukup.

dan, tentu saja asam folat. ūüôā

Asam folat itu tersedia dia banyak macam bahan pangan. contohnya brokoli, pisang, dan kacang-kacangan. Saya suka sekali nyemil pisang, selain bikin kenyang pisang tidak terlalu mahal dan enak. Selain itu pisang ga perlu dimasak lagi, tinggal kupas dan hilanglah dia dalam mulut saya. hahaha..

Kalau lagi ga ketemu pisang, ga sempat rebus brokoli dan ga ada waktu bikin bubur kacang ijo, gimana dong? Pilihannya ya, snacking aja, dengan makanan atau minuman yang mengandung asam folat dan gizi seimbang.

 

/salam hamil

Launching #Ganti ke Systema

Launching #Ganti ke Systema

1 November lalu, saya dan beberapa blogger diundang ke acara Launching Systema. Systema itu oral care terbaru dari Lion, produknya ada pasta gigi, mouthwash, dan sikat gigi.

Kelebihan pasta gigi Systema dibanding pasta gigi lainnya apa? Nano kalsium pada Systema bisa bantu mencegah kerusakan gigi sejak dini, artinya mencegah gigi berlubang juga.

Penggunaan systema nano yang rutin bisa bantu memperbaiki kerusakan gigi (early caries treatment). Oh iya, pas di Launching Systema kemarin juga dikasitau kalau early caries bisa juga bantu disembuhkan dengan mineral pada air liur. Tetapi untuk yang sudah terlanjur besar, hanya bisa diperbaiki oleh dokter gigi.

launching
Nah, kalau sikat gigi dari Sytema itu kelebihannya ada pada deep penetration, bulu sikat yang ada pada sikat gigi sangat kecil, bisa menembus gusi. Sikat giginya juga lembut dan bisa bantu mengeluarkan plak yang ada di sela gusi.
Bulunya juga tipis, hanya 0,02mm. Walaupun bisa menembus sela antara gusi dan gigi (saku gusi), tapi rasa sikatnya tetap lembut pada gusi. Ga ada lagi sakit/berdarah karena gusi yang luka.

Kemarin pas acara launching ada Maudy Koesnadi juga. Sayang ga sempet foto bareng.
Kalau menurut Maudy, Systema nano punya manfaat yg luar biasa, dia pakai pasta gigi yang pink karena rasanya lebih mudah cair di mulut, lebih lembut, lebih enak waktu gosok gigi.

pastagigi
Pas launching juga dikasitau meski Systema baru masuk ke Indonesia, tapi brand Systema di Asia bukan brand baru, umurnya udah 20 tahunan. Teknologinya sendiri diimpor langsung dari Lion Jepang. Teknologi nano calcium ini ternyata adalah teknologi pertama di Indonesia, lho.

Yasushi Fukudasha Ph.D, Research & development Lion Japan bilang, formulanya Systema memang dirancang larut dengan cepat di dalam mulut bersama dgn air liur. Jadi waktu sikat gigi rasanya lebih mudah, lebih lembut. Kemarin waktu launching dikasitau juga kalau Systema itu punya fast action system yang bisa bantu pasta gigi cepat lumer di dalam mulut karena mengandung erythlitol.

Oh iya, suka kerasa ga kalo abis sikat gigi rasanya seperti keset-keset, gitu. Nah, kata Fukudasha itu karena kandungan detergen yang cukup banyak. Kemarin waktu nyoba sih ga ada rasa keset-keset gitu, artinya kandungan detergen Systema lebih sedikit dibanding pasta gigi lainnya, juga berarti nano calcium berhasil bantu menutup lubang nano dan tidak hilang di dalam mulut.

“Lebih minim detergen, lebih baik”

Systema juga aman digunakan untuk anak-anak. Kalau dipakai sejak dini, bisa bantu mencegah kerusakan gigi waktu dia besar nanti.¬†Ini penting, penggunaan Systema secara rutin selama 14 hari terbukti secara ilmiah bisa menutup lubang nano. Layak dicoba, kan? ¬†ūüôā

Jadi, karies gigi itu munculnya kenapa, ya?  Si karies itu kata Prof. Armasastra bahar., drg, Ph.D muncul karena plak pada permukaan gigi yang mengandung banyak kuman/bakteri. Si kuman yang ga dibersihkan ini berfermentasi dengan karbohidrat, jadi asam. Asam mengakibatkan demineralisasi email gigi, yang lalu jadi karies. Karies tingkat awal itu bentuknya bukan bintik hitam/coklat, tapi putih (white spot). Bentuknya seperti pengapuran. Kalau diperhatikan lebih jelas, di bagian yang putih itu banyak lubang nano. Harus ditutup sejak dini.

Tapi kan, plak itu ga keliatan!

Hooh, benar. Kuncinya gigi dibersihkan dengan baik dan rutin. Gunakan sikat gigi yang bisa mencapai tempat sempit, sikat juga gusi perlahan. Karena kalau sudah berlubang, ga ada pilihan lagi, harus ke dokter gigi.

Suasana Launching Systema
Suasana Launching Systema
Bisa periksa gigi juga!
Bisa periksa gigi juga!

Kemarin saya ikutan sikat gigi di “Trial Zone” nya Systema. ūüėÄ

Trial Zone
Trial Zone

Kalau mau tau lebih banyak tentang Systema, bisa langsung follow aja twitternya di sini, dan fanpagenya di sini.

Selamat sikat gigi, kawan!

/salam senyum!

Pendapat Saya Tentang Sunat Perempuan

Kemarin di salah satu grup wasap yang saya ikuti, sempat ada bahasan tentang sunat perempuan. Ada teman yang memutuskan untuk menyunat bayinya, ada juga yang tidak.

Saya?

Saya tidak mengantarkan bayi saya untuk disunat. Alasannya karena saya tidak merasa ada yang salah dengan kelamin anak saya sehingga harus disunat.

Teman yang memutuskan menyunat bayinya, memberi banyak sekali referensi untuk kami baca sama-sama. Referensi-referensi itu kurang lebih bilang sunat membuat istri tampak lebih cantik dan ¬†terhormat di sisi suaminya. Lalu, sunat bisa juga¬†“bantu mengendalikan libido”. Mengendalikan di sini maksudnya, membuat libido “sedikit turun” untuk yang “hyper”, dan membuat libido “naik” untuk yang “susah naik”.

Jadi, untuk bayi yang dikhawatirkan libidonya tinggi, sebagian klitorisnya dibuang. Sedang untuk bayi yang lain, hanya diangkat satu lapisan kulit dari klitorisnya. Setelah lapisan klitoris ini diangkat, diharapkan saat menikah nanti si istri bisa merasakan kenikmatan saat berhubungan dengan suaminya.

Terus saya jadi mikir. Ini tenaga medis yang bantu menyunat bayi pake ukuran apa waktu memutuskan, “Ohh, bayi A ini nanti hypersex”, “Ohh, bayi B ini nanti susah orgasme”. ¬†Tidak ada ukuran yang jelas soal sunat-sunatan ini. Mungkin, mungkin saja lho, mereka pake ukuran kira-kira.

Selesai soal ukuran, sekarang saya mau bahas dampak sunat terhadap libido.

Di grup wasap yang saya ikuti itu, pengalamannya berbeda-beda. Ada yang disunat, dan ada yang tidak disunat. Teman yang disunat bilang, sepertinya sunat tak berpengaruh apa-apa untuk dia, buktinya saat ini dia bisa menikmati multiple orgasm. Untuk yang tak disunat, juga tidak merasa apa-apa, baik-baik saja.

Kalau disunat dan ga disunat tidak ada pengaruhnya, jadi sunat buat apa? Sampai di sini saya berpendapat, hubungan sunat dan libido hanya MITOS dan DONGENG belaka.

Eh, ini saya bicara soal sunat yang diizinkan Kementerian Kesehatan lewat peraturan ini, ya. Kalau sunat yang jelas-jelas dilarang seperti budaya potong habis sebagian/seluruh klitoris atau menjahit sebagian vagina itu sudah pasti punya pengaruh negatif dan dilarang oleh WHO. WHO menamakan praktek sunat sebagai female genital mutilation (FGM). Hihh, seram!

Dokter Purnamawati, pengasuh Milis Sehat bilang, khitan pada perempuan lebih bersifat tradisi. Artikel di Parents Indonesia bilang sunat perempuan tidak dikenal di dunia medis. Dalam artikel di Tempo, Organisasi perempuan di bawah Nahdlatul Ulama, Fatayat NU, menyatakan sunat perempuan tidak diperintahkan di dalam Al-Quran ataupun hadist nabi.

Urolog dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, dr. Arry Rodjani, Sp.U, pada Kompas berpendapat kalau¬†“Sunat pada wanita tidak manusiawi”.

Wakil Ketua Perhimpunan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI),  Atashendartini Habsjah pada Detik berpendapat kalau klitoris pada bayi perempuan itu ukurannya sangat kecil, hanya seujung kuku. Gigitan nyamuk pada area itu saja bisa menyebabkan keloid, apalagi sayatan.  WHO pada BBC juga memperingatkan pelaku sunat agar mempertimbangkan resiko mandul. 

Karena sunat menurut saya tak bermanfaat, lagipula resikonya sangat besar dan sudah banyak sekali yang berseru kepada kita untuk menghentikan praktek ini, saya tidak akan melakukannya pada anak saya, dan saya akan menyerukannya pada keluarga dan lingkungan.

Agar mendapat perbandingan, berikut adalah referensi yang membolehkan/menyarankan/dan mendukung sunat.

1. Kultwit dari dr. Piprim B. Yanuarso tentang dianjurkannya sunat menurut hadist.
2. Artikel dari Tempo soal pendapat ulama yang memberi label Sunnah dan Wajib dari berbagai Mahzab.

——

Saya sama sekali tidak sepakat soal sunat perempuan. Selain tidak menemukan penelitian medis yang mendukung manfaatnya, juga saya tidak rela anak saya “diobok-obok” hanya untuk satu hal yang belum jelas tujuannya. Harus pula dicetak tebal kalau kegiatan sunat perempuan itu tidak diperintahkan dalam Al-Quran ataupun Sunah.

Sekian pendapat saya, mohon maaf kalau pendapat ini menyinggung sebagian teman. Meniru tagline iklan produk kesehatan di televisi, ada baiknya saya mengakhiri tulisan ini dengan kalimat “Buat anak kok coba-coba!”

/salam sayang anak

Bayinya Sudah Sembuh

Pernah dengar Gastroenteritis? Gastroenteritis atau yang dikenal juga dengan nama GE ini sakit yang gejalanya muntah dan diare terus menerus. GE ini lumayan bikin perih hati orangtua dan lumayan bikin susut berat badan anak yang sakit.

Tidak ada angin, tidak ada hujan, setelah bangun tidur siang, bayinya kelihatan seperti linglung dan muntah banyak, bukan main banyaknya. Saya sempat bengong. Terpikirnya ini anak masuk angin. Biasanya kan habis muntah badan jadi plong dan seger lagi, nah waktu itu si bayi ga jadi seger, malahan kelihatan makin lemas dan lemah.

Sakit mulai Senin, 22 Juli 2013, 16.00 WIB

16.00 – 18.00
Diare   = 2 kali
Muntah  = 4 kali

18.00 – 24.00
Diare = 4 kali
Muntah = 10 kali

24.00 – 02.00
Diare = 2 kali
Muntah = 1 kali

Asupan sepanjang Sore-Malam = air putih setiap muntah, setengah gelas kecil(60ml) dan oralit sesesap

Saya dan suami udah minta ampun deg-degannya. Mau bawa ke rumah sakit udah malem, terus kok ya kepikirnya ini anak bisa diawasi di rumah, belum ada tanda-tanda yang nunjukin kegawatdaruratan sampe perlu dibawa ke RS.

Udah berusaha kuat, namanya orangtua, liat anaknya sakit emaknya jadi lebih sakit. Jadinya pesen tempat untuk konsultasi di Markas Sehat, dapetnya dengan dr. Purnamawati SpA(K).

——

Selasa, 23 Juli 2013

09.00-12.00
Muntah = 1 kali
Diare = 1 kali

12.00- 24.00
Diare = 7 kali
Muntah = 2

Asupan sepanjang pagi Рmalam = air putih setiap muntah, semangka setiap pup/pipis, 3 sendok oralit.

Kondisi anak 

Banyak tidur, tidak bersemangat, lemas, demam di kisaran 38-39 dercel.
Masih bisa menjawab kalau dipanggil, diare kebanyakan terjadi saat dia sedang tidur. (dibersihkan sambil dia tetap tidur).
Masih tidak berselera, suara parau.

Ketemu dokter jam 11 siang. Pemeriksaan fisik nunjukin kalo si bayi dehidrasi ringan. Diagnosanya Gastroenteritis dan diagnosa bandingnya Food Poisoning.

——

IMG01964-20130727-1101

Rabu, 24 Juli 2013

07.30-13.00
Muntah = 1 kali
Diare = 8 kali

13.00 Р21.00 
Muntah = 2 kali
Diare = 12 kali

21.00 – 24.00
Muntah = 1
Diare = 1

Asupan : susu ultra 60ml, air putih, tempe satu potong.
Oralit sama sekali tidak mau, sudah dicampur di macam-macam, anaknya sadar dan menolak.
Air putih terus menerus diberikan. Minum susu tak lama muntah.
Ada 2 potong semangka, 1 buah biskuit

Berat badan 23 Juli, 11.00 WIB = 11kg
Berat badan 24 Juli, 21.00 WIB = 10kg

Duh, kalau ditanya apa perasaan saya hari Rabu kemarin, jawabannya cuma satu kata. Hancur.
Liat bayi ga ada tenaga sama sekali, sepanjang hari tidur, matanya sayu, kalau diajak bicara jawabnya cuma ‘eehhh..’ ‘eehhh..’
*nangis*

Bunda Wati (ibu dokternya), syukurnya super sekali, memantau perkembangan si bayi dari awal, saya terus kirim-kirim email dan emailnya terus berbalas. Balasan Bunda Wati selalu menenangkan. Hati yang tadinya pecah-pecah, lumayan nempel lagi.

——

IMG01948-20130725-1741

Kamis, 25 Juli 2013
07-00 – 14.00
Muntah = 1
Diare = 6

16.00 – 24.00
Muntah = 2
Diare = 2

Asupan : Ayam satu gigit, kue sepotong, teh manis, nasi putih dua suap, bihun 3 suap, air putih terus menerus

Kondisi anak : Segar pagi Рsore, malam mulai lemas dan tidak bersemangat, tidur gelisah dan menangis putus-putus. Tidak ada demam.

Si bayi bangun dan mengajak saya mengobrol. Itu kayaknya air mata udah di pelupuk, tinggal jatuh aja. Denger suaranya dan liat senyumnya jadi obat buat saya. Padahal kan ya, siapa coba yang sakit, mestinya saya yang jadi obat buat dia. Kejadiannya malah sebaliknya. :’)

Karena dia terlihat segar, sorenya saya ajak ke luar. Menjelang magrib si bayi gelendotan aja terus ke saya, ga mau lepas, lemas, matanya sayu (lagi). Saya semacam menyesal ajak dia ke luar. ūüôĀ

——

Jumat, 26 Juli 2013 

07.00 – 13.00
Muntah = 4
Diare = 4

13.00 – 24.00
Muntah = 3
Diare = 2

Asupan : 1 butir telur rebus, 3 sendok sop makaroni, air putih terus menerus.

Kondisi : Anak lemas, tidur terus, respon baik Рsadar kalau ditanya, bibir kering -mengelupas. mata cekung,
Waktu dia makan telurnya dan habis, saya kegirangan, tapi gak lama telurnya ke luar lagi, semuanya. :'(

Anaknya lemas lagi hari ini. Lebih banyak tidur dari kemarin. Saya email lagi Bunda Wati. Kata Bunda, kalau situasinya terus memburuk, baiknya di bawa ke RS.

——

IMG-20130728-01337

Sabtu, 27 Juli 2013

09.00-12.00
Muntah = 1 kali
Diare = 2 kali

12.00- 24.00
Diare = 2 kali
Muntah = 0

Bayinya terlihat lebih segar, mau makan sedikit. Ada 2 sendok nasi dan beberapa suap bihun rebus yang masuk ke perutnya. Minum air putihnya lancar.
Mata masih kering, bibir masih pecah-pecah, pipisnya lancar, kulit agak keriput sedikit.

Sorenya dia saya tinggal dengan bapaknya. Bapaknya bilang sepanjang sore-malam dia makan beberapa suap nasi dan tidak ada muntah! Yeayyy….

——

IMG01982-20130728-1036

Minggu, 28 Juli 2013

09.00-24.00
Muntah = 0 kali
Diare = 0 kali

Bangun tidur bayinya langsung ajak jalan muter komplek. Kayanya sih dia bosan beberapa hari di rumah aja. Jam 10an pagi kami ajak si bayi ke mal terdekat, katanya dia mau naik odong-odong.

Keliatannya bayinya sehat, tapi ternyata belum begitu sehat, jam 12.00an dia nangis minta pulang. Katanya “Ma, Embun ga enak badan.”. :'(
Sampe di rumah dia main-main, nyanyi-nyanyi dan rebahan.

Sore-nya si bayi saya titip embaknya sebentar. Ada yang mau saya beli di luar dengan bapaknya. Kata si embak sepanjang sore dia mau makan walaupun ga terlalu banyak.

——

Bubble Time!
Bubble Time!

Bubble Time!

Senin, 29 Juli 2013

09.00-17.30
Muntah = 0 kali
Diare = 0 kali

Hari ini bayinya sangat-sangat membaik. Dari pagi belum ada tidur, main-loncat-joged-nyanyi melulu. Masih agak rewel sedikit, ada nangis tanpa sebab beberapa kali, tapi kalau dilihat dari fisiknya sudah ga masalah.

Nafsu makan membaik, nafsu ngamuknya juga sudah balik. *lihat kaki bekas dicakar*

——

Pengalaman menjaga anak waktu GE itu luar biasa menyeramkan. Kami mesti jaga si bayi kejar-kejaran cairan, antara yang keluar dan yang masuk. GE gak ada obatnya, yang mesti diwaspadai waktu GE adalah ancaman dehidrasi.

Usahakan si bayi terus dapat asupan cairan. Rehidrasi terus menerus, dengan oralit lebih baik. Tapi kalau ga bisa, boleh cairan apa aja. Air bening, air sirup, air gula, teh manis, jus, es krim, es batu, buah tinggi air, sop cair, dll.

Makan sifatnya ditawarkan. Terus tawarkan, kalau-kalau anaknya mau nyoba sedikit. Kalau dia ga makan ya gak apa-apa, yang penting cairan, cairan, cairan.

Bikin tabel khusus untuk mencatat cairan yang masuk dan keluar. Kata Bunda Wati, jangan takut memberi minum, kalau dia muntah lagi-muntah lagi, ya gak apa-apa, yang penting sudah ada cairan pengganti yang masuk (walaupun sedikit) ke dalam tubuhnya.

Saya senang karena membiarkan tubuh si bayi mengalahkan sendiri virusnya. Dia anak hebat, dan saya belajar jadi ibu yang kuat demi dia.

Terimakasih sayang, buma bangga sama kamu. :’)

/salam bayi hebat!

Pekan Kondom Nasional, Untuk Siapa?

KONDOM DAN REMAJA adosex

Siapa yang perlu tau tentang kondom atau pekan kondom nasional? Saya, Anda, atau semua orang?

Sampai saat ini, pendapat masyarakat tentang kondom masih terbelah. Ada yang mendukung sosialisasinya, ada yang menolak sama sekali.

Ada pula orang/badan/lembaga yang begitu peduli hingga menghelat pekan kondom nasional tiap tahun. Tahun ini adalah pekan kondom nasional ke-6. Pekan Kondom Nasional 2012.

Kondom diartikan dengan seks bebas pada satu sisi, dan diartikan sebagai pengaman seks beresiko pada sisi lain. Saya menempatkan diri pada golongan orang yang mendukung penggunaan, sosialisasi, dan penyebaran informasi tentang kondom, seluas-luasnya. Tidak terbatas pada pengguna obat-obatan terlarang, penjaja seks, dan pelaku seks bebas.

gender_625x884px
Foto diambil dari http://www.unaids.org/

Tahun lalu saya menerima kabar dari seorang teman. Tiga anak perempuan usia sekolah menengah pertama ketahuan hamil, oleh pacarnya. Ketiga bocah perempuan itu terpaksa berhenti sekolah. Miris.

Konsentrasi saya bukan pada kehamilannya saja, tetapi pada kemungkinan yang bisa saja terjadi pada perilaku seks yang demikian. Masing-masing dari mereka mungkin tidak menyadari, banyak hal yang bisa terjadi selain hamil dan putus sekolah. Mereka bisa saja tertular penyakit kelamin atau terinveksi HIV/AIDS.

Tiga bocah perempuan itu, dua diantaranya tinggal di lingkungan yang berdekatan. Tidak! mereka tidak tinggal di gang kumuh dan jorok. Tetapi mereka tinggal dan besar di lingkungan penuh rumah tembok, bersih, dan ada satu rumah ibadah besar didekatnya.

Perilaku seks beresiko bisa dilakukan siapa saja, kapan saja. Lingkungan dan orangtua kadang hanya bisa melihat setelah hal itu terjadi. Tanda-tanda awalnya tak terlihat. Hening, lalu BOOM!

Tanggung jawab siapa?

——

HIV AIDS DI INDONESIA

Penularan virus HIV di Indonesia itu tinggi. Data dari UNAIDS menunjukkan jumlah orang yang terinfeksi HIV di Indonesia meningkat hingga lebih 25 persennya dalam kurun waktu 2001-2011.

Data dari UNAIDS.
Data dari UNAIDS.

Masih berdasarkan UNAIDS Report on The Global Aids Epidemic 2012, tercatat ada 380 ribu orang yang terinfeksi di Indonesia. Angka itu menempatkan Indonesia di nomor tiga terbanyak di ASIA setelah China dan Thailand, dan nomor 13 terbanyak dunia.www.unaids.org en media unaids contentassets documents epidemiology 2012 gr2012 JC2434_WorldAIDSday_results_en.pdf

Dalam Laporan Kementerian Kesehatan Triwulan III Tahun 2012 di sini disebutkan, sejak pertama kali ditemukan (1987) sampai dengan September 2012, kasus HIV-AIDS tersebar di 341  (71%) dari 497 kabupaten/kota di seluruh (33) provinsi di Indonesia.

Pada 1987, kasus ini ditemukan pertama kali di Bali, dan kasus terakhir yang dilaporkan pada 2011 berasal dari Provinsi Sulawesi Barat. Kasus HIV terbanyak di Indonesia ada di DKI Jakarta, kemudian disusul Jawa Timur, Papua, Jawa Barat, dan Sumatera Utara.

——

TENTANG HIV / AIDS

Definisi

HIV (human immunodeficiency virus) merupakan retrovirus yang menjangkiti sel-sel sistem kekebalan tubuh manusia dan menghancurkan atau mengganggu fungsinya. Infeksi virus ini mengakibatkan terjadinya penurunan sistem kekebalan yang terus-menerus, yang akan mengakibatkan defisiensi kekebalan tubuh.

Sedangkan AIDS (acquired immunodeficiency syndrome)  menggambarkan berbagai gejala dan infeksi yang terkait dengan menurunnya sistem kekebalan tubuh. Tingkat HIV dalam tubuh dan timbulnya berbagai infeksi tertentu merupakan indikator bahwa infeksi HIV telah berkembang menjadi AIDS.

Dengan gaya hidup sehat, jarak waktu antara infeksi HIV dan menjadi sakit karena AIDS dapat berkisar antara 10-15 tahun, kadang-kadang bahkan lebih lama. Terapi antiretroviral dapat memperlambat perkembangan AIDS dengan menurunkan jumlah virus (viral load) dalam tubuh yang terinfeksi.

Bagaimana penularannya?

HIV ditularkan melalui seks penetratif (anal atau vaginal) dan oral seks; transfusi darah; pemakaian jarum suntik terkontaminasi secara bergantian dalam lingkungan perawatan kesehatan, dan melalui suntikan narkoba; dan melalui ibu ke anak, selama masa kehamilan, persalinan, dan menyusui. Jelasnya tentang metode penularan HIV bisa dibaca pada laman web Komisi Penanggulan Aids di sini.

Pencegahan

setia

Catatan : Informasi ini saya kutip dari web Komisi Penanggulangan AIDS.

Penularan HIV secara seksual dapat dicegah dengan:

  • berpantang seks
  • setia pada pasangan
  • seks non-penetratif
  • penggunaan kondom pria atau kondom wanita secara konsisten dan benar

Kondom yang kualitasnya terjamin adalah satu-satunya produk yang saat ini tersedia untuk melindungi pemakai dari infeksi seksual karena HIV dan infeksi menular seksual (IMS) lainnya. Ketika digunakan secara tepat, kondom terbukti menjadi alat yang efektif untuk mencegah infeksi HIV di kalangan perempuan dan laki-laki.

Tapi, agar efektif, kondom musti digunakan dengan benar. Seperti apa cara yang benar itu, simak keterangan di bawah ini.

IMG00487-20130107-2151

  • Kondom berpelumas lebih sedikit kemungkinan untuk robek saat dikenakan atau digunakan. Pelumas berbasis minyak, seperti vaselin, hendaknya tidak digunakan karena dapat merusak kondom.
  • Hanya buka bungkusan berisi kondom saat akan digunakan, kalau tidak kondom akan mengering. Berhati-hatilah agar kondom tidak rusak atau sobek ketika anda membuka bungkusnya. Bila kondom ternyata sobek, buang kondom tersebut dan buka bungkusan yang baru.
  • Kondom dikemas tergulung dalam bentuk lingkaran gepeng. Pasanglah kondom yang tergulung itu di ujung penis. Peganglah ujung kondom di antara ibu jari dan jari telunjuk untuk menekan udara supaya keluar dari ujung kondom. Tindakan ini akan menyisakan ruang untuk tempat cairan semen setelah terjadinya ejakulasi. Tetap pegang ujung kondom dengan satu tangan. Dengan tangan yang satunya, gulunglah sepanjang penis yang berereksi ke arah rambut kemaluan. Jika pria pemakai tidak disunat, ia harus menarik kulup ke arah pangkal penis sebelum menggulung kondom.
  • Bila kondom tidak cukup berpelumas, pelumas berbasis air (seperti silikon, gliserin, atau K-Y jelly) dapat ditambahkan. Bahkan air ludah dapat berfungsi dengan baik sebagai pelumas. Pelumas yang terbuat dari minyak-minyak goreng atau lemak, minyak bayi atau minyak mineral, jeli berbasis bahan turunan minyak bumi seperti vaselin dan olesan lainnya ‚Äď hendaknya jangan digunakan karena dapat merusak kondom.
  • Setelah berhubungan seks, kondom perlu segera dilepaskan secara benar.
  • Segera setelah si pria pemakai mengalami ejakulasi, ia harus menahan pada ujung dekat pangkal penis untuk memastikan agar kondom tidak terlepas.
  • Kemudian, si pria harus menarik keluar penisnya selagi masih dalam keadaan ereksi.
  • Ketika penis mengecil kembali, lepaskan kondom dan buanglah kondom pada tempat yang tepat. Jangan membuang kondom ke dalam toilet dan menyentornya dengan air.
  • Bila anda akan melakukan hubungan seks lagi, gunakan kondom baru, dan ulangi proses di atas dari awal.

Catatan : Pencegahan penularan HIV/AIDS pada pelaku narkoba suntik, dari ibu ke bayi, dan saat dalam perawatan kesehatan bisa dibaca di sini.

——

KONDOM DAN KELUARGA SAYA

gambar dari sini
gambar dari sini

Saya adalah pengguna kondom aktif. Saat ini, fungsi kondom di keluarga saya lebih sebagai alat kontrasepsi. Saya dan suami sama-sama nyaman menggunakan teknologi kondom ketimbang metode lainnya.

Kondom, selain untuk kontrasepsi, juga bisa berperan sebagai dinding penghambat agar tidak terjadi pertukaran cairan, seperti darah, air mani atau cairan vagina antar pasangan yang melakukan hubungan seks. Cairan-cairan tersebut bisa mengandung bakteri atau virus HIV.

Pertukaran cairan itu bisa terjadi tidak hanya pada orang dewasa, tetapi juga bisa terjadi pada anak-anak. Seperti cerita saya di atas tadi. Bahkan, di seluruh dunia, setengah dari semua infeksi HIV baru dialami remaja berusia 15-24 tahun

Kebayang kan betapa banyak remaja yang aktif secara seksual pada usia dini, sering/pernah berganti pasangan, dan tidak menggunakan kondom secara teratur. Selain seks bebas, masanya remaja itu masanya coba-coba, nah coba-coba narkoba juga bikin mereka rentan terkena infeksi HIV.

Mereka ga tau banyak tentang HIV/AIDS, apalagi pencegahannya. Lalu, bikin mereka tau ini tanggung jawab siapa? Tanggung jawab kita yang udah gede-gede ini kan, ya?

pengaman

Sejujurnya, saya juga bingung untuk mulai mengenalkan kondom ke remaja. Empat keponakan sudah saya anggap layak mendapatkan pengetahuan seputar kondom dan HIV/AIDS. Tapi, memulainya itu, lho.

Sampai saat ini saya masih mencari cara dan bahasa yang layak supaya keponakan saya tidak menangkap makna yang berbeda dari yang saya inginkan. Nanti, kalau sudah berhasil cerita-cerita ke mereka, pasti akan saya tulis disini.

——

PEKAN KONDOM NASIONAL 2012

foto dari sini
foto dari sini (Country Manajer DKT Indonesia, Todd Callahan ; Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi)

Sejak 2007 lalu, pekan kondom nasional diadakan di Indonesia. Kegiatan yang digagas DKT Indonesia dan Komisi Penanggulangan AIDS Nasional ini diadakan supaya informasi tentang kondom dan manfaatnya tersebar luas.

Melihat pergerakan virus yang demikian cepat, sepertinya sudah saatnya kita semua berpikiran terbuka, Tidak lagi memandang kondom sebagai ajakan untuk jadi pelaku seks bebas, tapi juga melihat sisi positifnya. Pake kondom itu, selain murah juga mudah untuk mencegah penularan HIV dan infeksi menular seksual.

Oh iya, budaya Indonesia yang “malu-malu” juga bisa jadi salah satu penyebab bertambahnya infeksi HIV. Bahkan saya, yang sudah emak-emak ini masih saja dipandangi penuh selidik saat membayar kondom di kasir supermarket.

Pernah juga ada pengalaman saat saya hendak membeli kondom, tetapi barangnya tidak nampak di display apotik, dan tidak ada pilihan lain selain menyebutkan nama, merk, dan ukuran kemasan kondom yang hendak saya beli. Hasilnya, beberapa pengunjung lain yang ikut antri memelototi saya dari kaki sampai kepala. ūüėź

Pada Pekan Kondom Nasional 5 Desember 2012 lalu, Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi mengatakan angka pengidap HIV/AIDS di Indonesia dari kalangan usia 20-29 tahun cukup tinggi. Hal itu dinilai memprihatinkan. Sebab, bisa disimpulkan penderita mulai terkena infeksi sejak lima tahun sebelumnya atau pada usia 15 tahun.

“Ini berarti dia terinfeksi saat remaja. Itulah pentingnya kita menyampaikan pemahaman kepada 65 juta generasi usia 15-24 tahun.¬†Dari 65juta orang itu hanya 35 persennya yang memahami pentingnya kondom dalam berhubungan seks. Ini makanya angka HIV meningkat,” kata Nafsiah.

Todd Callahan, Country Director DKT Indonesia dalam kesempatan yang sama menyatakan, Pekan Kondom Nasional ini akan terus dihelat bersama KPAN, tujuannya mengingatkan masyarakat untuk saling berbagi pengetahuan dan kepedulian mengenai pencegahan penularan virus HIV dan infeksi menular seksual lainnya (IMS).

‚ÄúSeperti kita ketahui bersama, penggunaan kondom merupakan salah satu cara pencegahan yang paling efektif. Untuk itu berbagai kegiatan kami lakukan dalam ‚ÄúPekan Kondom Nasional 2012‚ÄĚ guna dapat menyampaikan pesan tersebut,‚ÄĚ ujar Todd.

——

TANGGUNG JAWAB SIAPA

Melambatkan pergerakan virus HIV tanggung jawab kita semua. Pelaku seks bebas mesti bertanggung jawab, tidak menularkan penyakitnya kepada orang lain, PAKAI KONDOM!  Tidak ada alasan absen pake kondom, toh sekarang ada kondom andalan dan kondom sutra, kondom berkualitas dengan harga terjangkau yang bisa dibeli dengan mudah di pasaran.

Lalu, pelaku narkoba suntik tidak boleh menggunakan jarum yang sama berulang kali, dan petugas kesehatan mengecek kembali peralatan/media yang digunakan sebelum melakukan tindakan.

Ethiopia saja bisa menurunkan infeksi baru hingga 90 persennya, kenapa kita tidak bisa?

Untuk kita yang rendah resiko tertularnya, boleh lho bagi-bagi informasi ke sekitar. Bisa lewat tulisan, gambar, atau ngobrol-ngobrol.

Saya, seperti yang sudah saya janjikan tadi, akan memulainya pada keluarga terdekat alias keponakan. ūüėÄ

/salam sehat.

Sumber

http://www.aidsindonesia.or.id/

http://www.dktinternational.org/country-programs/ethiopia/

http://www.dktinternational.org/wp-content/uploads/2012/01/Case-Study-Indonesia.pdf

http://www.unaids.org/en/media/unaids/contentassets/documents/epidemiology/2012/gr2012/20121120_UNAIDS_Global_Report_2012_en.pdf

Asam Urat, Bukan Kiamat

Postingan ini ditulis untuk membesarkan hati saya sendiri. Apapun yang sudah terjadi, tidak mungkin bisa diulang kembali. Tinggal kedepannya saja, saya mau bagaimana, saya harus bagaimana.

Adalah hasil tes kimia darah yang membuat saya jadi begini. Badan belakangan memang terasa agak kurang enak, ada rasa sakit di jari-jari dan kadang-kadang sedikit ngilu.

Enam tahun lalu saya hijrah ke Jakarta, saat ini badan saya masih aduhai. Ideal di 55-57kg dengan tinggi 166cm. Lalu saya mendapatkan pekerjaan yang memungkinkan saya makan gratis, sering sekali gratis.

Entah ini masalah mental anak kos atau apa, berat badan saya naik 40 kilogram dalam waktu tiga tahun. Akan bohong jika saya katakan, SAYA SEHAT.

Saya tidak sehat, bukan hanya fisik, tapi juga pikiran. Saya tidak lagi menikmati hidup karena keberatan badan..

Hasil tes darah pada 2009 lalu menuliskan saya positif kena asam urat. Syukurnya, tak lama kemudian saya berhenti kerja dari tempat kerja dengan banyak kesempatan makan gratis itu. Tempat kerja yang baru mengharuskan saya membeli semuanya sendiri. Tak ada lagi makan gratis, maka saya memutuskan berdiet.

Dua tahunan ini pola hidup saya, menurut saya, membaik. Saya berpikir, dan berharap, tidak ada lagi gangguan pada tubuh saya, saya pikir saya sehat.

Ternyata tidak. Tes darah menunjukkan nilai asam urat (uric acid) saya 7.80, jauh di atas batas normal 3.00-5.70..

Kerusakan yang saya buat dahulu nampaknya lumayan parah, dua tahun tidak cukup untuk mengembalikan tubuh saya ke kondisinya semula. *pasang ikat kepala, lanjut hidup sehat, lagi.

—–

Jadi, jika kamu merasakan tanda-tanda berikut, mungkin kamu terkena penyakit asam urat:

  • Sendi terasa nyeri, ngilu, linu, kesemutan dan bahkan membengkak dan berwarna kemerahan (meradang)
  • Biasanya persendian terasa nyeri saat pagi hari (baru bangun tidur) atau malam hari
  • Rasa nyeri pada sendi terjadi berulang-ulang
  • Yang diserang biasanya sendi jari kaki, jari tangan, dengkul, tumit, pergelangan tangan dan siku
  • Pada kasus yang parah, persendian terasa sangat sakit saat bergerak

Pak dokter yang alhamdulillah tampan itu mengerutkan dahi saat membaca hasil lab dan melirik tulisan bertanda usia saya. “Masih muda ya, seharusnya belum kena yang seperti ini. Sudah tahu belum apa saja makanan yang bisa menyebabkan asam urat?”

Oke, jadi menurut pak dokter, berikut list makanan yang harus saya batasi konsumsinya.

1. Coklat
Coklat pada segala turunannya, termasuk agar-agar coklat, es krim coklat, kue coklat. :'(

2. Kacang-kacangan.
Termasuk di dalamnya kacang hijau, kacang tanah, dan semua kacang-kacang yang lain.

3. Sayuran

  • Tauge
  • Buncis
  • Kangkung
  • Kol
  • Brokoli
  • Bayam

4. Jeroan

5. Seafood

  • Udang
  • Cumi
  • Kerang
  • Kepiting

6. Emping, Buah Melinjo, Daun Melinjo.
Jadi, satu pohon itu mesti sangat dibatasi konsumsinya.

—–
Menurut Wikipedia :
ASAM URAT adalah :

gambar dari sini

Penyakit asam urat merupakan akibat dari konsumsi zat purin secara berlebihan. Purin diolah tubuh menjadi asam urat, tapi jika kadar asam urat berlebih, ginjal tidak mampu mengeluarkan sehingga kristal asam urat menumpuk di persendian. Akibatnya sendi terasa nyeri, bengkak dan meradang.

Asam urat adalah penyakit dari sisa metabolisme zat purin yang berasal dari sisa makanan yang kita konsumsi. Purin sendiri adalah zat yang terdapat dalam setiap bahan makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup. Dengan kata lain, dalam tubuh makhluk hidup terdapat zat purin ini, lalu karena kita memakan makhluk hidup tersebut, maka zat purin tersebut berpindah ke dalam tubuh kita.

Berbagai sayuran dan buah-buahan juga terdapat purin. Purin juga dihasilkan dari hasil perusakan sel-sel tubuh yang terjadi secara normal atau karena penyakit tertentu. Biasanya asam urat menyerang pada usia lanjut, karena penumpukan bahan purin ini.

—–
Masih dari Wikipedia :

Tips bagi penderita asam urat

  • Konsumsi makanan yang mengandung potasium tinggi seperti kentang, yogurt, dan pisang.
  • Konsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C, seperti jeruk, pepaya dan stroberi.
  • Contoh buah dan sayuran untuk mengobati penyakit asam urat: buah naga, belimbing wuluh, jahe, labu kuning, sawi hijau, sawi putih, serai dan tomat.
  • Perbanyak konsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi, singkong, roti dan ubi.
  • Kurangi konsumsi karbohidrat sederhana jenis fruktosa seperti gula, permen, arum manis, gulali dan sirup.
  • Jangan minum aspirin.
  • Jangan bekerja terlalu keras/kelelahan.
  • Pada orang yang kegemukan (obesitas), biasanya kadar asam urat cepat naik tapi pengeluaran sedikit, maka sebaiknya turunkan berat badan dengan olahraga yang cukup.
  • Sesuaikan asupan energi dengan kebutuhan tubuh, berdasarkan tinggi dan berat badan.

—–

Untuk menyembuhkan penyakit ini ada beberapa hal yang harus dilakukan, diantaranya :

  • Menghindari makanan yang dapat meningkatkan asam urat, seperti jeroan (hati, ginjal, limpa, babat, usus, paru dan otak), hindari makanan laut (udang, kerang, cumi, kepiting); makanan kaleng (kornet, sarden dan ekstrak daging), telur, kaldu atau kuah daging yang kental.
  • Menghindari makanan seperti emping, melinjo, kangkung dan bayam, daun singkong, daun jambu mete, asparagus, buncis dan kembang kol. Hindari kacang-kacangan (kacang tanah, kacang hijau, kacang kedelai, tempe, tauco, tauge, oncom) dan susu kedelai.
  • Menghindari makan buah durian, alpukat, nanas, air kelapa.
  • Hindari minuman dan makanan beralkohol.
  • Pada orang gemuk, asam urat biasanya naik sedangkan pengeluarannya sedikit, maka untuk keamanan, orang biasanya dianjurkan menurunkan berat badan.
  • Banyak minum air putih, karena dengan banyak minum air putih, kita dapat membantu membuang purin yang ada dalam tubuh.

/salam sehat

sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Asam_urat
http://asamurat.org/

Gigiku Sensitif, Gak Ya?

Kemarin-kemarin, kalau saya ditanya “Rere, gigimu sensitif, tidak?”, saya akan tegas-tegas menjawab TIDAK. Lah, ya tidak mungkin saya punya gigi sensitif. Gigi saya ini bukan main kuatnya.

Saya sanggup menggigiti bongkah es batu sampai pecah kecil-kecil, menyeruput cuka pempek langsung dari piringnya, sanggup minum teh panas. Tidak ada reaksi apapun pada gigi saya. Menurut saya, gigi saya baik-baik saja.

Lalu, semua berubah.

Sore Minggu, 7 Oktober lalu, saya datang ke acara Sensodyne Blogger Meet Up yang diadakan oleh Sensodyne. Pematerinya dua dokter gigi muda, drg. Yudha Rismanto, SpPerio (drg Yudha) dan drg. Ariandes Veddytarro atau akrab disapa drg. Andes. dr Andes ini adalah GSK (GlaxoSmithKline) Dental Detailing Manager.

Ki-Ka : Ernest Prakasa, drg. Yudha Rismanto, SpPerio, drg. Ariandes Veddytarro

Jadi, dr Andes yang tampan dan muda itu bilang, mudah sekali mengetahui status gigi kita, sensitif atau tidak.

Caranya? Coba lakukan chill test, dengan minum air putih yang sangat dingin. Jangan langsung ditelan, tapi edarkan air hingga menyentuh semua permukaan gigi dan rongga mulut (bahasa inggrisnya sih dikumur) pelan-pelan. Jika ada rasa ngilu, dan rasa ngilu itu bertahan beberapa detik, maka kemungkinan besar gigi kita termasuk gigi sensitif.

Oh iya, rasa ngilu bisa juga terasa kalau gigi kita berlubang, namun biasanya pada kasus gigi berlubang, rasa ngilu yang dirasakan lebih lama, bahkan bisa terasa saat kita tidak minum minuman dingin.

gambar pinjam dari sini

Maka, dengan percaya diri 115 persen, saya mengikuti petunjuk kumur-kumur tadi, dan eeenggg… saya merasakan sedikit ngilu di sekitar gigi. Loh, loh, padahal gigi saya kelihatan baik-baik saja sebelumnya, kenapa bisa jadi gigi sensitif, ya? Lalu, gigi sensitif itu apa? *membingung.

drg. Yudha lalu menjelaskan, gigi memiliki struktur pelindung yang disebut email gigi. Email gigi merupakan lapisan terluar dari gigi. Email membantu mencegah timbulnya lubang pada gigi.  Kemudian ada dentin (lapisan tengah), dan pulpa (lapisan dalam gigi yang berisi syaraf dan pembuluh darah). Pada kondisi normal, lapisan email gigi akan melindungi lapisan dentin yang tepat berada di bawahnya.

Nah, gigi sensitif adalah gigi yang sebagian emailnya sudah pecah. Karena email giginya sudah pecah, otomatis tidak ada lagi proteksi pada gigi.

lapisan gigi – email, dentin, dan pulpa.

Ketika gigi berada dalam kondisi tanpa proteksi, segala bentuk rangsang yang sifatnya mengiritasi, bisa berbentuk minuman (panas/dingin/manis/asam), atau tekanan udara (naik pesawat/diving) akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada gigi.

Rasa tidak nyaman ini, kata drg. Yudha lagi, jika dibiarkan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Mau gaul bareng teman gak enak, bicara jadi terganggu. Kalau email yang pecah tadi terus dibiarkan, pori-pori gigi bisa bolong, lama kelamaan syaraf gigi bisa terganggu.

Kalau sudah kena syaraf gigi, dijamin hidup kita tidak akan sama lagi. Sakitnya itu loh… Ada yang ngobrol keras-keras, marah; ada yang tutup pintu asal lempar, marah; televisi dibiarkan hidup tanpa ditonton, marah.
Intinya sih, sakitnya itu bikin kita naik darah. Si A, Si B, Si C, gak ada yang bener tingkahnya, bikin gigi makin kerasa sakit. :'(
Mending dihindari yah, jangan sampai kejadian sama kita-kita, deh..

Gigi sensitif (hipersensitivitas dentin) adalah sensasi yang dirasakan ketika saraf di dalam dentin gigi  terekspos  lingkungan,  bervariasi  mulai  dari  iritasi  hingga  rasa  ngilu  yang  intens  dan menusuk. Sensasi dapat dipicu oleh udara dingin, tekanan udara tinggi, pengeringan, gula, asam, atau tekanan pada gigi

—–

Lalu, kenapa sih bisa terjadi gigi sensitif? 

BANYAK LHO KEMUNGKINAN PENYEBABNYA :

1. Kebiasaan menyikat gigi yang salah.
Memang sih sikat giginya sudah benar dua kali sehari, tapi cara sikatnya belum benar, asal masuk keluar saja, kotoran tidak terbawa keluar malahan sembunyi lebih dalam di rongga gigi.
Menyikat gigi terlalu keras juga bisa merusak email. Jadi, sikatlah gigimu dengan benar, yah. ūüôā

2. Minum panas-dingin, panas-dingin, panas-dingin, berulang kali, sering, terus-menerus.
Kebiasaan itu, kata drg. Yudha bisa bikin email gigi yang seperti kaca itu pecah.

3. Menggunakan pasta gigi dengan kandungan detergen berlebih.
Jadi ya, ternyata, pasta gigi dengan busa melimpah itu bukannya lantas baik. Memang, kalau sikat gigi dengan mulut penuh busa itu, terasa sekali sensasi bersih dan segarnya. Seperti sikat gigi sebenar-benarnya.
Padahal, penggunaan detergen yang berlebihan pada gigi, bisa mengiritasi email gigi. Lama-lama emailnya tipis, pecah, lalu terjadilah gigi sensitif.

4. Perubahan struktur gigi.
Perubahan struktur gigi, karena tindakan apapun, yang mengakibatkan bergesernya posisi gusi dan gigi bisa menyebabkan gigi sensitif. Bagian bawah gigi yang tertutup gusi tidak dilindungi oleh email gigi, jika ada perubahan, misal gusi turun ada bagian gigi yang semula ditutupi gusi menjadi terbuka. Bagian yang terbuka ini, sensitif terhadap rangsang karena tidak dilindungi oleh email.
Perubahan struktur gigi ini bisa juga terjadi pada orang yang menggunakan kawat gigi.

gambar pinjam dari sini

Penyebab paling umum adalah abrasi gigi (hilangnya lapisan gigi atau kerusakan gigi secara mekanis) akibat penggunaan sikat gigi yang terlalu keras atau penyikatan yang tidak benar.  Studi juga  membuktikan bahwa  konsumsi makanan atau minuman asam berlebihan  juga  dapat menyebabkan erosi pada gigi dan mengakibatkan gigi sensitif.

—–

BAGAIMANA MENCEGAHNYA, YA?

1. Sikat gigi dengan benar.
Rentang waktu sikat gigi yang baik adalah sekitar satu jam setelah makan. Gunakan sikat gigi dengan bulu yang halus dan usahakan tidak menyikat gigi terlalu keras.

CARA SIKAT GIGI YANG BENAR
gambar pinjam dari sini

2. Kurangi makan/minum yang bersifat asam.
Makan/minum asam boleh saja, tapi jangan berlebihan yah. Bukankah apapun yang berlebihan memang tidak baik. ūüôā

3. Rajin periksa ke dokter gigi.
Kata drg. Yudha, membersihkan karang gigi secara teratur bisa melindungi kemungkinan gigi jadi sensitif.
Kok bisa? Jadi begini, kalau karang gigi dibiarkan menumpuk maka karang itu akan mendesak gusi turun ke bawah. Saat karang akhirnya dibersihkan, gigi yang semula dilindungi gusi itu jadi terbuka.
Paling baik memeriksakan gigi enam bulan sekali, yah.

4. Gunakan pasta gigi khusus gigi sensitif.
Pasta gigi khusus gigi sensitif ini bisa digunakan untuk pencegahan. Kalau yang giginya memang sudah sensitif, memang sebaiknya segera mengganti pasta gigi.

Kalau rambut pecah-pecah, biasanya kita menggunakan shampoo khusus yang dapat merawat rambut kering dan mengembalikan kelembabannya, kan? Nah, begitu pula harusnya gigi, mestinya ada ‘special treatment’ sesuai kondisinya masing-masing.
“Kalau pakai pasta gigi biasa, masalahnya akan terus berlanjut,” kata drg Yudha lagi.

Pencegahan tentu saja dengan menghindari gaya hidup yang memicu timbulnya gigi sensitif yaitu ¬†menyikat ¬†gigi ¬†dengan ¬†cara ¬†yang ¬†benar, ¬†tidak ¬†secara ¬†terus ¬†menerus ¬†mengkonsumsi makanan dan minuman yang ‚Äėekstrim‚Äô langsung bergantian (dingin-panas-asam) dan selalu merawat kondisi gigi dengan benar serta konsultasi check up rutin ke dokter gigi.

—–

TENTANG SENSODYNE

gambar dari sini

Lanjut, yaa..

Udah cukup jelas kan ya, apa itu gigi sensitif, apa penyebabnya, dan cara mencegah rasa ngilu akibat gigi sensitif datang kembali.

Terus gimana? Tinggal ganti pasta giginya ke pasta gigi khusus gigi sensitif, salah satunya adalah Sensodyne. Saat ini Sensodyne memiliki tujuh varian produk pasta gigi (Rapid relief, Fresh Mint, Gentle Whitening, Gum Care, Cool Gel, Original Flavor, dan Total care)

Tiap varian sensodyne punya kelebihan masing-masing. Bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Misalnya kalau gusimu mudah berdarah, kamu bisa coba gunakan Sensodyne Gum Care.  

Kalau kamu sangat terganggu dengan ngilu dan ingin cepat menghilangkannya, bisa gunakan¬†Sensodyne Rapid Relief¬†dengan kandungan bahan aktif¬†stronsium asetat¬†yang dengan cepat membungkus saluran tubulus dentin dan mengurangi ngilu. Gak sempet ke kamar mandi untuk sikat gigi? Gampang, untuk kondisi darurat Sensodyne Rapid relief ini bisa juga dipakai tanpa sikat gigi, cukup oleskan pada bagian yang ngilu. Keren, yah. ūüôā

Ada juga Sensodyne Total Care yang bisa memberikan perlindungan dan perawatan menyeluruh untuk gigi sensitif sekaligus membersihkan plak pada gigi serta memberikan perlindungan dari gigi berlubang.


Trus ada Sensodyne Fresh Mint untuk perlindungan dari rasa ngilu pada gigi sensitif sekaligus memberikan perawatan untuk mencegah gigi berlubang. Pasti yang ini rasanya seger-seger gitu deh, ya namanya juga mint.. hehe

Warna gigimu udah acakadut? Bisa coba Sensodyne Gentle Whitening yang memberikan perlindungan dari rasa ngilu pada gigi sensitif sekaligus mengembalikan warna putih alami pada gigi.


Mau sikat gigi pakai yang segar-segar, tapi tetap memberikan perlindungan untuk gigi sensitifmu? Boleh coba Sensodyne Cool Gel.

Atau kamu orangnya gak aneh-aneh, sukanya yang original, asli? Sensodyne punya Sensodyne Original, juga. ūüėÄ

—–

BARU : SENSODYNE REPAIR AND PROTECT

gambar pinjam dari sini

Pada 13-14 Oktober lalu, di Atrium Senayan City, Jakarta Selatan, diperkenalkan varian terbaru dari Sensodyne. Namanya, Sensodyne Repair and Protect.

GlaxoSmithKline (GSK) Dental Detailing Manager Oral Care, Rahma Landy menjelaskan, Sensodyne Repair and Protect ini dilengkapi dengan NovaMin Technology.

Sensodyne Repair and Protect ini memiliki formula unik dengan kalsium terkonsentrasi yang terbukti secara klinis membantu membentuk kembali lapisan mineral gigi yang alami. Sehingga, melindungi area gigi yang sensitif.

“Teknologi NovaMin akan mengeluarkan ion kalsium dan ion fosfat yang berperan dalam proses pembentukan kembali lapisan gigi secara alami ketika¬†bercampur dengan saliva (air liur) pada saat proses penyikatan gigi. Akan ada sensasi hangat yang lembut saat menyikat gigi dengan Sensodyne Repair and Protect ini.”

——

Mau coba pakai Sensodyne untuk gigi sensitifmu? Jangan kaget kalau nanti ‘rasanya’ berbeda dengan pasta gigi pada umumnya, yah. Karena busanya sensodyne ini tidak banyak, mungkin penggunanya akan merasa aneh. Kandungan detergen pada Sensodyne, kata drg. Andes minimal dan tidak merusak gigi.

Sebelum pulang ke tempat tidur masing-masing, drg. Andes sempat berpesan sama kita semua :

Gigi itu seperti mutiara, tapi tolong perlakukan seperti berlian. Kalau sudah hilang, baru nanti menyesal

Perawatan gigi sensitif, kata dr. Andes lagi, bisa dilakukan semudah mengganti pasta gigi menjadi pasta gigi khusus gigi sensitif.

Okedeh, Pak Dokter Yudha, dan Pak Dokter Andes, terimakasih sudah mengingatkan kami yah. *langsung telepon rumah sakit, bikin janji periksa gigi. ūüôā

Fakta GIGI

1.  Gigi merupakan jaringan terkeras di tubuh manusia, bahkan lebih keras dibanding tulang.

2. Lapisan gigi dapat mengalami kerusakan, prosesnya tidak terjadi sesaat tapi bisa berbulan-bulan atau bertahun-tahun.

3. Kerusakan lapisan gigi bisa disebabkan oleh bakteri / faktor kebiasaan buruk maupun pola konsumsi.

4. Ngilu pada gigi merupakan tanda terjadinya kerusakan pada gigi Anda.

—–

Fakta tentang gigi sensitif :

1. 45% orang di Indonesia merasakan ngilu karena gigi sensitif saat mengonsumsi makanan/minuman dingin, panas, manis, ataupun asam (Ipsos Indonesia, 2011)

2. 52% orang tidak menyadari bahwa mereka memiliki gigi sensitif tanpa memeriksakannya ke dokter gigi (Ipsos Indonesia, 2011)

3. Orang pedesaan atau orang yang terbiasa minum air dalam suhu wajar, kemungkinan giginya menjadi sensitif mungkin akan lebih kecil. Tetapi, orang yang tinggal di perkotaan biasanya lebih punya kepedulian tentang perawatan gigi (drg. Yudha).

4. Tidak perlu konsultasi ke dokter gigi terlebih dulu untuk mengetahui kondisi gigi sensitif atau tidak.

5. Pasta gigi sensitif dapat digunakan bagi yang tidak bergigi sensitif sebagai langkah preventif

—–

Mitos tentang gigi sensitif :

1.   Gigi sensitif bukan kondisi yang permanen dan bisa diobati

2.   Gigi sensitif bukan diakibatkan cara sikat gigi yang salah

3.   Untuk mengetahui pasti menderita gigi sensitif, harus melalui pemeriksaan oleh dokter gigi

4.   Pasta gigi reguler juga memiliki kandungan yang bisa merawat gigi sensitif

—–

Saat ini, Sensodyne memiliki program yang dinamakan Sensodyne Expert Corner. Program ini merupakan sosialisasi terkait gigi sensitif. Tujuannya agar masyarakat bisa mengenal lebih dalam tentang gigi sensitif.

Sekilas tentang Sensodyne Expert Corner

*)   SENSODYNE Expert Corner dilakukan untuk mengedukasi masyarakat untuk mengenali, memahami, dan merawat gigi sensitif, sekaligus menghadirkan solusi perawatan yang sesuai dengan tiap kebutuhan berbeda penderita gigi sensitif

*)  Melalui  program  Sensodyne  Expert  Corner,  Sensodyne  menyediakan  informasi  seputar  gigi sensitif mulai dari penyebab, dampak, mitos fakta, serta solusi perawatan. Informasi tersebut disampaikan melalui pojok edukasi Sensodyne di beberapa titik di kota-kota besar seluruh Indonesia (Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, dan Surabaya).

*)   Sensodyne juga aktif mengedukasi melalui berbagai jalur komunikasi media baik cetak, televisi, radio, kolom tanya jawab digital.

*)  Kerjasama  untuk  aktif  melakukan  edukasi  gigi  sensitif  di  lingkungan  akademik  serta  ahli kesehatan gigi telah dilakukan bekerjasama dengan empat Fakultas Kedokteran Gigi di empat Universitas di Indonesia yaitu: Fakulats Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Universitas Trisakti, dan Universitas Hang Tuah.

FOTO BARENG GIGI RAKSASA

/salam sensitif ūüôā

sumber :

www.sensodyne.co.id
Materi Sensodyne Blogger Meet Up
Booklet Sensodyne Expert Corner