Cerdas Financial Bersama Agen Penny

Seberapa penting dan seberapa cepat anak-anak bisa belajar tentang masalah finansial? Menurut saya, semakin cepat, semakin baik.

Sejak kecil, saya sudah mengikutsertakan anak dalam kegiatan beli dan bayar di tukang sayur langganan. Saya juga mengajak anak untuk ikutan ketik tombol di mesin ATM kalau kebetulan perlu ambil uang. Sedikit-sedikit, lewat aktivitas keuangan sederhana, anak belajar soal uang dan kegunaannya.

————————-

Agen Penny

AGEN PENNY
AGEN PENNY

Nah, soal uang dan fungsinya, Citi Indonesia dan Bank DKI punya program yang keren banget, namanya Petualangan Agen Penny. Program ini dibuat agar anak-anak mulai tingkatan Sekolah Dasar kenal uang sejak dini, dan menghargai setiap penny (rupiahnya)-nya. Oh iya, sebelum lupa, pemilihan nama “Agen Penny” ini disesuaikan dengan negara asal Citibank, Amerika. Di sana, nilai terkecil mata uang adalah Penny.

Kok dipilihnya Penny? Intinya sih program ini ingin kasitau ke anak-anak kalau uang, bahkan dalam pecahan yang paling kecilpun, berharga dan sebaiknya tidak disia-siakan. Program Petualangan Agen Penny ini bentuknya bukan ala-ala seminar, tapi kegiatan interaktif. Pengenalan ilmu seputar keuangan dibagikan ke anak SD lewat buku komik dan pertunjukkan teater, simulasi pasar, dan aneka lomba.

Per 2015, program literasi keuangan dari Citi Peka (Peduli dan Berkarya) di Indonesia sudah masuk tahun ke-8.  Programnya sudah menjangkau 650 SD di daerah DKI Jakarta dan sekitarnya, 2300 guru, 57.900 murid usia 10-12 tahun, 1000 orang tua murid, dan melibatkan 400 relawan karyawan Citi. Bukan program baru, dan pastinya bermanfaat, ya.

Sepanjang 2015 ini, Citi Peka dan Agen Penny udah ngadain pentas teater di 112 SD. Ga tanggung-tanggung, untuk pentas teaternya bekerjasama dengan Teater Koma, lho! 🙂

Penasaran dengan pertunjukan dua tokoh teater yang dikembangkan untuk bantu anak-anak mengenal lebih dalam soal uang? Yuk ah langsung liat Agen Penny dan Will Power langsung di video ini. ^^

10 November kemarin, saya diundang datang untuk lihat acara puncak Program Agen Penny 2015. Program hasil kerjasamanya Citi Peka, Bank DKI, Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, dan Yayasan Mitra Mandiri Indonesia (YMMI), ini bertempat di SDN Cililitan 02/04 Pagi, Jakarta Timur.

 SDN Cililitan 02/04 Pagi, Jakarta Timur.
Siswa SDN Cililitan 02/04 Pagi, Jakarta Timur.

Gimana caranya supaya anak-anak tau pentingnya mengelola keuangan? Salah satu caranya itu dengan mengajarkan mereka buat menabung. Anak-anak SD biasanya belum bisa cari uang sendiri kan? Nah, yang mereka tabung itu uang jajan yang disisihkan. 🙂

Supaya menabungnya lebih semangat, anak-anak boleh banget bikin kreasi celengan yang keren. Di bawah ini gambar celengan bikinan anak-anak SD dari beberapa sekolah yang diikutkan ke lomba kreasi celengan Citi Peka. 🙂

5 4 3 2 1

Elvera N. Makki, Head of Country Corporate Citi Indonesia di acara kemarin bilang, anak-anak biasanya tidak terpikir menabung, kalau ingin sesuatu, mereka akan minta orangtua untuk membelikan. Ssst, bener banget nih. Bahkan anak-anak di tingkatan SD aja udah mulai konsumtif dan banyak jajan, lho..

7

Fun With Finance bareng Citi Peka ajak mereka untuk lebih menghargai uang dan lebih bijak saat menggunakannya. Jadi, kalau adek-adek mau beli sesuatu, boleh lho nabung dulu. 🙂

Senada dengan Elvera, Zulfarshah, Corporate Secretary Bank DKI bilang Pemerintah DKI Jakarta bilang kalau Bank DKI mendukung banget program edukasi keuangan untuk siswa SD. Sekarang ini, pemprov udah punya program yang mendukung, namanya Kartu Jakarta Pintar (KJP). Kartu ini ngajarin anak-anak pakai uang dengan bijak dan sesuai kebutuhan. Kontrol sepenuhnya ada pada anak

Kalau anak-anak melek keuangan sejak dini, nanti gedenya bisa lebih pinter atur alur pengeluaran dan pendapatan kan? Supaya bisa jauh-jauh dari hutang barang konsumtif pas nanti dewasa. ^^

Suka deh dengan Petualangan Agen Penny nya Citi Peka. Anak-anak diperhatikan kebutuhannya akan edukasi keuangan, trus programnya juga tepat sasaran, langsung ke sekolah-sekolah dan kegiatannya pun interaktif. Kalau sekolahnya mau dikunjungi oleh Agen Penny, bisa coba ajukan permintaannya ke Yayasan Mitra Mandiri Indonesia melalui email mitramandiri@unitedway.or.id atau kunjungi juga situ www.agenpenny-id

Terimakasih Citi Indonesia dan Bank DKI yang sudah undang datang ke acaranya. Abis ini saya makin semangat ngajarin anak nabung di rumah, dong! 🙂

/salam menabung!

7 thoughts on “Cerdas Financial Bersama Agen Penny”

    1. Katanya sih dia sekarang ini “menabung jajan”.
      Ya boleh-boleh aja sih jajan, tapi kayanya nanti mau kuarahin buat jajan alat tulis atau buku gitu, daripada jajan cemilan. hahah.
      Jajanan apapun yang dia beli nanti, tetap proses menabungnya dan proses belinya akan kami rayakan sama-sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *