Pentingnya Edukasi Kesehatan Pada Orang Tua Mengenai Probiotik dan Prebiotik Bagi Saluran Pencernaan Anak Kita

Bu-Ibu, nanya dong.. , biasanya kalau beli susu untuk anak, pada ngecek label nutrisinya, ga? Saya ini ibu yang jarang banget ngecek label nutrisi susu. Biasanya sih langsung ambil aja, dan nyari yang murah/promo.

Padahal, ngecek label nutrisi itu penting banget katanya. Huhuhu..

Misalnya nih ya, anak-anak itu mesti dibatasi asupan gulanya tiap hari. Asupan gula harian anak itu, bagusnya sih ga lewat dari 2,5 sendok makan seharinya. Jadi, kalau beli susu untuk anak, cek baik-baik itu jumlah kandungan gulanya. Karena, dalam sehari, si anak bisa jadi ga cuma minum susu saja, tapi bisa jadi sudah makan cake/minum jus/teh manis, dan lainnya, kan?

Gula dalam susu biasanya ditulis sebagai apa, sih? Ternyata, biasa ditulis sebagai karbohidrat. Jadi, kalau mau cek kandungan gulanya seberapa banyak, yang kita baca label kandungan karbohidratnya, yah. Jangan salah..

Lalu, cek juga komposisinya. Kalau tulisan “susu” ditulis pertama kali, artinya kandungan susu yang paling banyak, yang lain melengkapi. Saya beneran baru tau itu kalo urutan komposisi menunjukkan kuantitas/jumlah bahan di dalam produk.

Nih ada lagi, anak-anak baiknya dibatasi untuk konsumsi lemak jenuh, lemak trans, kolesterol, dan natrium. Timbunan lemak yang terlalu banyak dalam tubuh ga baik untuk kesehatan anak, bisa jadi bibit jantung koroner pula.

Huih, besar ya tanggung jawab orangtua ini. Pemilihan makanan anak sedari kecil aja musti diperhatikan baik-baik.

Pakar Gizi Medik dr Saptawati Bardosono MSc (tengah), Spesialis Anak Tumbuh Kembang dr Hartono Gunardi SpA(K) (kiri), dan Ketua Departemen Ilmu Kedokteran Komunitas FKUI, Dr. dr. Herquanto, MPH, MARS (tengah) dalam diskusi "New Perspective on Toddler Nutrition" di Kampus Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.
Pakar Gizi Medik dr Saptawati Bardosono MSc (tengah), Spesialis Anak Tumbuh Kembang dr Hartono Gunardi SpA(K) (kiri), dan Ketua Departemen Ilmu Kedokteran Komunitas FKUI, Dr. dr. Herquanto, MPH, MARS (tengah) dalam diskusi “New Perspective on Toddler Nutrition” di Kampus Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Udah, gitu aja?

Belum Bu-Ibu, masih ada lagi keterangan Persentase AKG di susu bayi. Persentasi AKG ini menerangkan informasi nilai gizi produk terhadap kebutuhan hariannya bayi. Jadinya ketahuan, kalau minum susu si anak sudah memenuhi sekian persen kebutuhan. Tinggal dijumlahkan dengan makanan yang diasup sehari-hari.

Terus-terus, jangan lupa cek juga informasi mengenai nutrisi spesifik susunya. Disarankan cari juga produk susu dengan kandungan prebiotik dan probiotik.

Jadi, prebiotik itu makanannya si probiotik. Kalau kandungan probiotik dalam ususnya cukup, saluran cerna si anak jadi baik, urusan ke belakang jadi lancar dan menyenangkan.

Prebiotik itu ada dimana aja, sih? Selain di susu tadi, ada juga sumber prebiotik lainnya. Jangan lupa banyak-banyak dicemil ini prebiotiknya ya, Bu-Ibu…

Probiotik adalah mikroorganisme hidup “baik” yang secara alamiah terdapat di dalam sistem pencernaan, (disebut juga dengan flora normal,) atau mikroorganisme baik yang sengaja dikembangbiakkan sebagai suplemen makanan/minuman yang apabila dikonsumsi dalam jumlah seimbang akan memberikan dampak positif bagi kesehatan.

Prebiotik adalah makanan yang tidak dapat dicerna usus, berfungsi sebagai suplemen untuk pertumbuhan dan perkembangan  mikroorganisme baik dalam sistem pencernaan.

foods-prebiotics

Masih banyak orangtua yang kurang paham soal probiotik dan prebiotik ini pastinya, termasuk saya. Selama ini, kalau anak susah kebelakang, saya cuma kasih lebih banyak sayur dan buah ke si anak, padahal ternyata saluran cerna ga sesederhana itu. Ga cukup cuma serat, tapi juga mesti konsumsi probiotik dan prebiotik untuk menunjang kesehatannya.

Nah, ini dia langkah-langkah dalam membaca tabel. Semoga bermanfaat. 

label susu

Karena saya sudah dapat ilmunya, saya bagi lewat blog ini. Semoga bermanfaat buat semuanya, yah. Katanya, ilmu itu akan sia-sia kalau tidak disebarkan, lho..

/Salam probiotik-prebiotik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *