Gamma: Mikrohidro untuk Desa Ciptagelar

Usia Gamma Abdurrahman Thohir baru 15 tahun. Kalau pada umumnya anak-anak di usia Gamma sedang sibuk-sibuknya main gadget atau patah hati karena cinta monyet, Gamma sudah terbang jauh.

Gamma yang sekarang sedang sekolah di kelas 10 Global Jaya School, Bintaro, lagi bikin proyek besar yang manfaatnya bukan cuma buat gaya-gayaan di instagram atau path, tapi bisa kasi manfaat untuk warga satu desa, Desa Ciptagelar, yang lokasinya ada di kaki Gunung Halimun, Jawa Barat.

Proyek untuk masyarakat di Kasepuhan Ciptagelar dari Gamma adalah pembangkit listrik tenaga air, mikrohidro.  Agar sah, programnya diberi nama Microhydro Power for Indonesia.

20151112_144456-1

Ini tambahan sedikit soal mikrohidro. Jadi Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) itu adalah pembangkit listrik skala kecil. PLTMH menggunakan tenaga air sebagai tenaga penggeraknya seperti, saluran irigasi, sungai atau air terjun alam dengan cara memanfaatkan tinggi terjunan (head) dan jumlah debit air.

klasifikasi tenaga

Sebetulnya, saya yang umurnya udah dua kali umurnya Gamma agak bingung, anak sekecil ini kok bisa-bisanya terpikir proyek yang lumayan besar dan bermanfaat? Ternyata ga cuma saya yang penasaran, waktu Gamma jelasin soal proyeknya di @atamerica Kamis lalu, beberapa pertanyaan soal motivasi Gamma juga meluncur.

Gamma bilang, dia sangat peduli dengan kesenjangan listrik yang ada di kota dan desa. Ketersediaan listrik di perkotaan rata-rata udah sampai 94 persen, tapi di pedesaan jumlah rata-rata penikmat listrik baru 32 persen. Minat Gamma akan pengembangan proyek mikrohidro makin kuat saat survei ke Desa Ciptagelar dan terpaksa bergelap-gelapan saat malam.

listrik

Jalan Gamma mendapat restu memang gak mulus. Desa Ciptagelar bisa dicapai dengan perjalanan 9-10 jam dari Jakarta. Setibanya di lokasi, Gamma harus mulai dengan pendekatan warga dan diskusi dengan kepala desa. “Abah Ugi (Kepala Desa Ciptagelar), akhirnya liat kalau saya serius.”

Survei ke lokasi, berbagi cerita soal listrik, dan observasi langsung ke lapangan bikin niat Gamma semakin kuat. “Hubungan warga desa dengan sesama sangat kuat, pemeliharaan bisa mengandalkan warga. Aliran air Sungai Cicemet cocok untuk dijadikan lokasi PLTA mikro hidro, dan sumber listrik yang belum ada jadi alasan mengapa saya memilih Ciptagelar.”

Bukan main-main, proyek Gamma ini dia seriusi mulai dari tataran proposal. Agak diragukan pada awalnya karena usulan proyek yang agak nggak biasa buat tingkatan anak SMA, tapi karena Gamma yakin, sekolah kemudian jadi salah satu pendukung proyeknya.

Meski proyeknya baik dan bermanfaat, Gamma bilang saat ini belum ada rencana untuk mengembangkan proyek serupa di desa lainnya. “Saya mulai dari Desa Ciptagelar, nanti lihat dulu ke depannya akan seperti apa,” kata Gamma menjawab.

Proyek yang bermula dari niat baik ini dalam pelaksanaannya akan didampingi oleh Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN). Konsep mikrohidro dipelajari Gamma dari Institusi Bisnis Kerakyatan (IBEKA). CV Cihanjuang Inti Teknik membantu Gamma dalam teknis pembuatan pembangkit listriknya.

————————-

Crowdfunding untuk Pendanaan.

Ide baik sudah dimunculkan, sekarang Gamma sedang putar otak soal pendanaannya. Jumlah kebutuhan dana proyek belum bisa ditentukan, tapi setiap orang sudah mulai bisa berdonasi untuk pembangkit listik mikrohidro di Ciptagelar.

Sistem donasinya sedang digodok dan akan menggunakan online crowdfunding. Agar informasi soal mikrohidro meluas, Gamma menggunakan media sosial dengan hashtag #MicrohydroforIndonesia.

Ahh, ini keren yaa. Suka banget sama ide membawa gelap ke terang. Niat baik Gamma harus banget didukung deh. Buat yang mau tau lebih jauh soal Gamma dan proyeknya, bisa mampir ke twitter Microhydro Power for Indonesia di sini, ya. 🙂

Go Gamma!

/salam terang

2 thoughts on “Gamma: Mikrohidro untuk Desa Ciptagelar”

  1. Waaaah keren Gamma. Di kantor saya juga handle beberapa proyek mikrohidro tapi mostly memang dari korporasi gede sih Mbak. Keren ini jndependen bikinnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *