Jangan Asal Larang Anak

“Do not keep children to their studies by compulsion but by play.” – Plato

Namanya orangtua pasti sayang dong sama anaknya. Rasa sayang yang tumpah ruah itu kadang bikin orangtua jadi overprotektif ke si anak. Main panas ga boleh, main kotor ga boleh, main sama binatang ga boleh. Semua-mua aja ga boleh. 

main sama domba
main sama domba

Ya tujuannya baik sih memang. Si anak ini kan udah mandi, udah cakep, kalo main di luar lagi nanti jorok dong. Lagian kalo panas-panasan nanti rambutnya bau matahari, keringetan. Trus kalau main sama kucing yang lewat-lewat di depan rumah, nanti kalau dicakar gimana, kalau berdarah, kalau infeksi?

Hahaha, kedengeran familiar ya tante.
Hooh, saya termasuk salah satu ibu yang melarang anak main panas-panasan pas matahari ada di puncak kepala, cuma kuatir anaknya sakit kepala sih. Alesan banget yah.. Hihihi.

Harusnya sih ga perlu kuatir kalau anak main, soalnya anak-anak ini proses belajarnya ya dari main-main. Tinggal orangtuanya aja yang kasi rambu, misal harus makan dulu dan mandi dulu sebelum main. Mainnya boleh sampai jam 11 siang aja, sore nanti baru sambung lagi, gitu-gitu. 🙂

————————-

Cinta, Nutrisi, dan Stimulasi

Psikolog dra. Ratih Andjayani Ibrahim, M,. Psi di Launching Excelnutri+ Ranch Adventure kemarin bilang gini, “Cinta adalah berani memberi ruang pada anak untuk berusaha bangun saat ia terjatuh agar dapat berjalan dan akhirnya berlari mengejar cita-cita. Beri anak kepercayaan dan kemandirian agar berani bereksplorasi dan belajar mengenal sesuatu yang baru. Berikan kesempatan kepada anak untuk belajar jadi tangguh.

Arti cinta ga melulu dijabarkan sebagai sekolah mahal, baju bagus, jalan-jalan ke tempat wisata. Kasi waktu anak untuk main di luar rumah juga salah satu bentuk cinta, kok. ^^

Nutrition Manager PT Nestle Indonesia, dr Vinka Desria bilang asupan nutrisi anak yang mendukung tumbuh kembang itu adalah, yang sesuai dengan tahapan usianya. Anak baru lahir sampai usia 6 bulan memang udah paling bagus dapat ASI ekslusif dari ibunya. Ga usah ditambah air atau madu atau cairan lainnya, cukup ASI saja.

Waktu masa ASI Ekslusif sudah terlewati, si ibu punya tanggung jawab menambah asupan nutrisinya dengan makanan pendamping ASI, awal-awal bisa bikin bubur halus dari beras atau kacang hijau, lama-lama bisa bikin nasi tim. 🙂

Trus kesehatan saluran cernanya juga mesti diperhatikan, nih. Soalnya kalau saluran cernanya ga oke, anak bisa gampang sakit dan diare. Diare itu ya, duh.. 🙁

Kemarin dr. Vinka bilang nutrisi untuk saluran cerna bisa didapat dari berbagai sumber seperti Lactobacillus rhamnosus, Bifidobacterium longum, minyak ikan, dll.

foods-prebiotics

Nah, kalau dokter anak ahli tumbuh kembang, Dr dr. Soedjatmiko, Sp.A(K), M.Si bilang, orangtua yang baik itu PR-nya banyak, ga cuma harus kasi nutrisi tapi juga mesti siapin waktu untuk stimulasi anak, Trus, sebisa mungkin habiskan waktu bareng anak, supaya si anak tau kalau orangtuanya sayang dan cinta sama dia. Cara ungkapin rasa sayang dan cintanya bisa macem-macem, salah satunya dengan pelukan.

Saya sih suka banget meluk anak, ga pernah kurang dari 10 kali tiap hari kayanya. Moga-moga anaknya ga cepet-cepet nolak dipeluk deh, sedih banget pasti. 🙁

————————-

Ranch Adventure

Hari Minggu kemarin saya bawa anak main ke Ranch Adventurenya Dancow di Kota Kasablanka.  Sehari sebelum berangkat saya udah bilang kalau dia bisa main-main bertanam, bisa tangkap ikan, pegang kuda, domba, sama kelinci.

Anaknya emang suka binatang banget, jadi pas disebutin aneka nama binatang, matanya langsung berbinar-binar, dong! 😀
Anak-anak ya, kalau diajak main, ya gitu deh. Tapi balik lagi ke awal, yang namanya main-main itu bisa sambil belajar kok. Tinggal kitanya aja yang ngebungkus permainannya jadi seperti apa.

Ranch Adventure
Ranch Adventure

Di Nestle Dancow Excelnutri+ Ranch Adventure ini anak-anak bisa banget main sambil eksplorasi sekitarnya. Simulasi terjadi di semua panca indera, anak bisa melihat, mendengar, menyentuh, mencium, dan merasakan.

Area Ranch Adventure ini lengkap, lho. Ada area Animal Petting, Fishing Area, Milking Cow, Pony Riding, Puzzle & Hay Maze, Gardening, dan area konsultasi.

Suka deh, abis main-main, mba dan mas-nya yang jaga selalu ajarin si anak untuk bersihin tangan pakai tissue basah, trus jumlah orang di tiap tempat juga dibatasi, supaya binatang ga stress dan anak-anak ga desek-desekan. 😀

Ada yang mampir ke sana juga, kemarin?

/salam main

6 thoughts on “Jangan Asal Larang Anak”

  1. itu susahnya (seninya) jadi ortu ya. mesti nyari yang pas nya itu lho… gak boleh over protektif tapi juga gak boleh terlalu bebas juga. 😀

    1. Iya, ndak boleh overprotektif, tapi ya mesti dilindungi juga, ndak bisa dibiar-biarin gitu aja.
      Semangaatttt! 😀

  2. Ini percakapan di dua perempuan pada satu malam menyusuri jalanan ibukota.
    “Aku khawatir. Anak ini bisa apa!” buka seorang ibu, sebut saja Rere yang baru memperkenalkan wujud baru Opet sebagai Embun.
    “Aku bahkan khawatir bawa anak naik mikrolet, bagaimana kalau nanti dia jatuh dari jendela? Bagaimana kalau dia kenapa-napa dalam perjalanan?”
    “Tapi bukankah semua kehidupan sudah ada jalannya? Sejak bayi itu diciptakan, sudah ada kisah kehidupan dari awal hingga akhir yang tercatat untuk dia. Orang tua itu hanya pendamping.”
    Nasehatku sia-sia, Ia terlalu kalut dalam kekhawatiran.
    “Aku harus punya asuransi kesehatan, bagaimana nanti kalau ada apa-apa, aku harus beri perlindungan yang cukup anak ini.”

    Beberapa tahun berlalu, saya bersyukur kekhawatiran itu berubah wujud 🙂

    1. Hahahhaha ya ampunnn yaa… Duh aku kan berlinang baca komenmu Ci.

      Dulu itu kuatirnya itu kayak ya ampun, persis kayak gitu.
      Takut dia ga tumbuh badannya, takut dia sakit, takut dia kepentok tembok, takut dia lari di luar, takut dia diganggu orang.

      Sekarang yaaa, masih takut juga, tapi emaknya lebih banyak menahan diri. Nanti kalo dikekep di ketek terus, kasian dia, bukannya jadi anak tangguh malah jadi anak ketek.

      *nungguin giliran cici yang curhat ahh..” :))

    1. Eh, coba ditanyakan ke twitternya di @DancowCenter, apa mereka bikin acara serupa di kota lainnya.
      Moga-moga ada yaa.. ^^

Leave a Reply to vennie Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *