Santai di Ibis Style dan Restoran Bale Raos

Hari ini waktunya istirahat, leyeh-leyeh, dan belanja-belanja. Kalau kemarin panitia minta penjelajah gizi udah rapi dan manis jam 6-an pagi -kurang lebih bersamaan lah waktunya sama ayam berkokok- kali ini panitia minta kami kumpul pukul 11 siang. Merdeka! 😀

Saya bangun pagi sih, lebih karena lapar dan pingin berenang. Kok jauh-jauh ke Jogja malahan berenang, Re? Mmm, ini karena kemaren sesorean main-main di pantai Indrayanti. Pantainya bersih, airnya bening, tapi kemarin ga berenang.

Sampe kebawa mimpi, keinget-inget, dan yak, saya memutuskan berenang di Hotel Ibis Style Yogyakarta ini.

Swimming Pool Area
foto dari tripadvisor.co.uk

Kolam renangnya kecil, tapi cantik. Posisi kolam ada di rooftop, dari kolam bisa melongok pemandangan seputaran kota Jogja. Disediakan handuk yang bukan main besarnya, bisa lilit-lilit sampai beberapa kali. 😀

Beres berenang, saya sarapan. Saya pilih bubur ayam khas Ibis Style. Berbeda dengan bubur ayam dorongan yang biasa saya makan yang kuahnya bumbu kuning, bubur ayam disini kuahnya sop sayuran. Ada potongan bunga kol, buncis, wortel,  dan suwir-suwir ayam di sop-nya. Semacam sehat, ya.

—————

Tepat pada waktu yang dijanjikan, dikumpulkanlah kami oleh panitia di bus yang super besar. Bus ini mengangkut semua penjelajah gizi ke Bale Raos. Bale Raos adalah restoran yang berlokasi di lingkungan keraton Yogyakarta.

Makanan yang dihidangkan di Bale Raos adalah makanan kesukaan Sri Sultan, bukan hanya Sultan yang sekarang, tapi juga beberapa sultan yang sebelumnya. Bukan cuma menunya yang tradisional, tapi suasananya juga.  Ada gending jawa, pelayan pake kebaya, dan logat jawa di mana-mana. 😀

Penjelajah gizi langsung disambut tiga macam cemilan dan dua macam minuman tradisional.

Kue talam, kue Bendol, dan Sosis Solo

Rasanya enak, enak pake banget. Enak betulan. Favorit saya kue talam. Aduh, kalau suatu saat saya punya kesempatan balik ke Jogja, saya mau mampir ke Bale Raos dan pesan kue talamnya satu lusin.

Bir Jawa dan Secang

Bir Jawa terbuat dari rempah-rempah dan jahe sedangkan Secang adalah minuman yang terbuat dari campuran rempah & akar secang.

—————

Suasana perpisahan sudah mengawang-awang di udara. Satu sisi senang bisa pulang ke rumah dan ketemu sama keluarga, sisi lainnya masih pingin kumpul-kumpul, jalan-jalan, senang-senang sama penjelajah gizi lainnya.

Kiri : Baceman – Lalapan – Pergedel Jagung
Tengah : Gudeg Manggar
Kanan : Ayam Kemangi – Tumis Buncis Jamur – Semur Daging Giling

Beres makan-makan dan ketemuan sama blogger-blogger terkenal di Jogja, kami pamitan. Sebagian besar penjelajah gizi balik kanan ke bandara dan terbang ke Jakarta. Sisanya? Ada yang ke Jember, Bali, Solo.

Sampai sekarang masih kerasa senengnya, terimakasih ya Nutrisi Untuk Bangsa dan Sarihusada. Nanti kalau ada jalan-jalan lagi, saya masih boleh daftar kan, ya? D

Sampai jumpa, semoga ada kesempatan ketemu-ketemu lagi lain waktu..

—————

KANDUNGAN GIZI WISATA KULINER JELAJAH GIZI HARI TIGA

BUBUR AYAM : Bahan dasar bubur  ayam adalah beras.  Beras merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi masyarakat Indonesia. Beras sebagai bahan makanan mengandung nilai gizi yang cukup tinggi yaitu kandungan karbohidrat sebesar 360 kalori, protein sebesar 6.8 gr dan kandungan mineral seperti Ca dan Fe masing-masing 6 dan 0.8 mg.

Sayuran pelengkap bubur ayam memiliki kandungan serat yang baik untuk pencernaan. Sedangkan ayam merupakan sumber protein yang cukup tinggi. Ayam juga kaya akan kandungan mineral (kalsium, tembaga, zat besi, fosfor, kalium dan zinc) dan beragam vitamin (vitamin A dan berbagai vitamin B)

CEMILAN KHAS BALE RAOS, KUE TALAM, BENDOL, dan SOSIS SOLO : Bahan dasar kue talam adalah tepung, bahan dasar bendol adalah singkong, dan bahan dasar kulit sosis solo adalah tepung. Tepung dan singkong adalah sumber karbohidrat.

Karbohidrat diperlukan sebagai sumber energi. Yang perlu diperhatikan saat nyemil kue-kue ini adalah, jangan berlebihan. Kue talam dan kue bendol sudah ditambahi gula, dan sosis solo dimasak dengan cara digoreng. Jika dikonsumsi berlebihan maka tidak akan baik efeknya untuk tubuh.

Menu Khas Bale Raos. Hampir semua makanan yang terhidang memiliki cita rasa manis.

BACEMAN : Bacem tahu dan bacem tempe, bahan baku utamanya adalah kedelai. Kedelai adalah sumber protein nabati yang baik bagi tubuh.  Berikut tabel kandungan gizi biji kedelai.

PERGEDEL JAGUNG : Biji jagung kaya akan karbohidrat. Sebagian besar berada pada endospermium. Kandungan karbohidrat dapat mencapai 80% dari seluruh bahan kering biji. Karbohidrat dalam bentuk pati umumnya berupa campuran amilosa dan amilopektin. Pada jagung ketan, sebagian besar atau seluruh patinya merupakan amilopektin. Perbedaan ini tidak banyak berpengaruh pada kandungan gizi, tetapi lebih berarti dalam pengolahan sebagai bahan pangan. Jagung manis diketahui mengandung amilopektin lebih rendah tetapi mengalami peningkatan fitoglikogen dan sukrosa.[2].

Kandungan gizi Jagung per 100 gram bahan adalah:

  1. Kalori : 355 Kalori
  2. Protein : 9,2 gr
  3. Lemak : 3,9 gr
  4. Karbohidrat : 73,7 gr
  5. Kalsium : 10 mg
  6. Fosfor : 256 mg
  7. Ferrum : 2,4 mg
  8. Vitamin A : 510 SI
  9. Vitamin B1 : 0,38 mg
  10. Air : 12 gr

SEMUR DAGING : Menurut Departemen Kesehatan (1981), setiap 100 gram daging sapi mengandung kalori 207 kkcl, protein 18,8 gram, lemak 14,0 gram, calcium 11 mg, phosphor 170 mg dan besi 2,8 mg.

TUMIS BUNCIS JAMUR: Sayur berwarna hijau panjang ini dalam 100 gram-nya mempunyai komposisi : Karbohidrat 7,81%, Lemak 0,28%, Protein 1,77%, Serat kasar 2,07%, dan kadar abu 0,32%. Buncis juga dipercaya baik dikonsumsi oleh penderita diabetes mellitus.

Kandungan Vitamin pada jamur Shiitake cukup banyak, terutama vitamin B-kompleks, seperti  B₁ (tiamin), B₂ (riboflavin), B₁₂, serta niasin dan asam pantotenat, juga vitamin D. Sementara itu kandunga protein Shiitake lebih rendah daripada daging sapi, tetapi hampir sama dengan kacang-kacangan. Yaitu antara 10-29 %. Kandungan karbohidratnya 43-78 % (berat kering) dan termasuk bahan pangan rendah kalori, total mineral antara 2.6-6.5 % dengan kandungan Ca, P, Fe, Na dan K yang ideal di dalam pangan

/salam jelajah gizi

Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Jagung
http://ratraagro.blogspot.com/2010/07/kandungan-nutrisi-jamur-shiitake.html
http://integratedhealthcenter.blogspot.com
James, M. G.. “Characterization of the Maize Gene sugary1, a Determinant of Starch Composition in Kernels”. The Plant Cell 7 (4): 417-429.Direktorat Gizi,
Direktorat Gizi, Departemen Kesehatan Republik Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *