Kapal Laut Mewah di Selat Sunda

Postingan ini akan saya awali dengan nostalgia, masa-masa menikmati kapal busuk, lantai licin penuh oli, toilet bau pesing, dan sampah bertebaran.

dharma-rucitra

Dulu, penumpang kapalย roll on – roll offย (Ro-Ro) ga punya pilihan. Ada satu dua kapal yang bersih, tapi seperti yang saya bilang tadi, kebanyakan ga terawat. Karena ga pernah yakin dengan kebersihan toilet kapal feri, saya selalu menyelesaikan urusan ke toilet di area pelabuhan, yang kurang lebih sama aja menyedihkannya.

Dulu lagi, kalau naik kapal, saya selalu bekal kertas koran. Jaga-jaga ga kebagian tempat duduk karena ga mungkin duduk tanpa alas, kasian celana. Selalu beli minum/cemilan dari luar, karena belanja di kapal luar biasa mahal!

Sekarang sepertinya semua layanan umum mulai berbenah. Terakhir pulang ke Lampung pekan lalu, saya menikmati kapal yang cantik, bersih, toilet bagus dan ada airnya, dan tanpa bayar-bayaran tambahan lagi.

Bayaran tambahan?

Hooh, karena ruang duduk ekonomi biasanya bangkunya model plastik keras, saya selalu pilih pindah kelas, kadang ke VIP, lebih sering ke kelas lesehan. Biaya pindah kelas Rp 8.000 – Rp 15.000 tergantung kapal. Harga ini di luar tiket kapal yang dibayar di pelabuhan, Rp 13.000 (Dewasa) & Rp 7.000 (anak-anak).

Oke, kembali soal kapal yang saya tumpangi waktu mudik kemarin. Menuju dan dari Bakauheni saya kebetulan menumpang kapal dari armada pelayaran yang sama, PT. Dharma Lautan Utama. Waktu pergi saya ga sempet foto-foto karena udah terlalu ngantuk, tapi waktu pulangnya dengan KM. Dharma Rucitra 1 saya sempetin ambil beberapa gambar.

Berdasarkan riset sekejap di dokter google, ketahuan kalau KM. Dharma Rucitra 1 ini umurnya baru tiga tahun. Pantes ajalah ya masih unyu muda kinyis-kinyis. Semuanya serba bagus. Waktu jalan-jalan menjelajah kapal, saya sempet mikir, ini sebenernya kapal atau hotel, sih? Bagus banget, cyiinn..

KM Dharma Rucitra 1
KM Dharma Rucitra 1

Saya sampai di Bakauheni sekitar jam 7 malam, oleh petugas diarahkan ke dermaga 3 dan ketemu dengan kapal cantik ini.

eskalator

Iya, kamu ga salah liat, ini beneran eskalator dan eskalatornya berfungsi lhoo.. Eskalator ini menghubungkan bagian bawah kapal (tempat penumpang naik dan mobil parkir) dengan ruang penumpang di atas.

ruang-tengah-2 ruang-tengah

Di puncak eskalator, kita akan ketemu dengan lobby kapal. Ga cuma hotel yang punya lobby, kapal juga bisaaa. Ada TV layar datar, ruang duduk buat charge gadget, ada smoking area juga. Kebangetan bagusnya.

fasilitas-gratis

smoking-area

Di sebelah kiri lobby, ada tangga menuju lantai berikutnya, saya sebut lantai 3 aja ya. Di lantai 3 ada playground, mushalla, dan ruang duduk ekonomi.

mushalla playground ruang-ekonomi

Ruang duduk ekonomi yang empuk, ada panggung buat liveband, dan AC-nya nyala!

Saya masih muter-muter di lantai 3, trus ketemu ruang duduk lagi di sebelah kanan, dan kantin yang bersih dan luas.

ruang-duduk
ruang duduk di depan kantin
menu-kantin
kantin dengan menu enak dan harga terjangkau
kantin
kantin bersih, banyak tempat duduk, dan terang.

Ada beberapa ruangan yang tertutup di lantai 3, saya ga berani buka juga, biarkanlah dia jadi misteri yaa.. ๐Ÿ˜€

Oke, turun ke lantai 2 lagi, yuk! Turunnya lewat tangga yang gede ini.

tangga
makin berasa kaya lagi staycation di hotel, kan?

ruang-kelas

Kalau jalan terus ngelewatin lobby, nanti ketemu lorong yang warnanya unyu pinky ini. Ternyata di sini ruang kelas yang bisa disewa, bentuknya kamar-kamar kecil dan ada kuncinya. Di sejajar ruang kelas ini, ada ruang menyusui juga.

Karena penasaran dengan ruang kelas dan ga bisa intip ke dalam, takut disemprot sama yang nyewa, saya melipir ke lobby buat tanya-tanya.

kelas-150ribu
Rp 150.000
kelas-250ribu
Rp 250.000

KM Dharma Rucitra 1 menyewakan dua jenis ruang kelas. Kelas yang pertama modelnya lesehan, bisa menampung 4-6 orang. Ada meja, bangku, dan kasur lipat untuk istirahat. Kelas ini disewakan Rp 150.000.

Kelas ke-2 harganya Rp 250.000. Fasilitasnya jauh lebih bagus, ada bunk bed buat ber-4, ada sofa, wastafel. Kamarnya bisa dipakai 4-6 orang juga.

Kemarin saya pingin nyobain kamar yang Rp 150.000, eh tapi sold out dong! Laris manis tanjung kimpul. Kapalnya ga jualan ruang duduk AC/Ekonomi/Lesehan, semua gratis, tapi jualannya kamar. ๐Ÿ˜€

Oke lanjut!

ruang-ekonomi-2

Selain di lantai 3, di lantai dua juga ada ruang duduk. Di setiap ruang duduk penumpang selalu ada fasilitas berupa TV, lemari isi jaket pelampung, dan tempat sampah.

ruang-lesehan-1 ruang-lesehan-2 ruang-lesehan-3 ruang-lesehan-4

Nah, kalau foto-foto di atas ini, namanya ruang lesehan. Saya suka istirahat di ruang lesehan soalnya badan bisa telentang lurus. Mayan bisa goler-goler sebentar setelah 2 jam lebih di bus. ๐Ÿ˜€

Asik kan kapalnya? Kalo pingin nyobain kapal ini, bisa banget cek jadwal mereka nyandar di pelabuhan lewat telepon. Semoga berjodoh yaa. ^^

Yuk jalan-jalan ke Lampung!

/salam kapal cantek!

KAPAL PT DHARMA LAUTAN UTAMA

  • KM MUSTHIKA KENCANA
  • KM DHARMA KENCANA IX
  • KM KIRANA II
  • KM DHARMA RUCITRA I

Kantor Cabang Merak
– Komplek Perkantoran Syahbandar Pelabuhan Merak.
– Ph: 081315800959/0254-571331

Kantor Cabang Bakauheni
– Komplek Perkantoran ASDP Pelabuhan Bakauheni.
– Ph: 0727-331190

Layanan SMS
– Ketik: Info<spasi>Jadwal
– Kirim ke 08111271121

 

 

 

10 thoughts on “Kapal Laut Mewah di Selat Sunda”

  1. OMG Mau banget gua mudik naik kapal iniiii!
    Tahun lalu di Yunani naik feri kayak gini, ada eskalatornya, gua sampe terkagum-kagum dan iri!! Nggak nyangka di Selat Sunda juga udah adaaaa!!
    Eh kalo naik ini berarti bisa naik bus DAMRI juga gak dari/ke Jakarta? Atau harus yang ngeteng? (soalnya gua gak bawa mobil)

    1. Bisa banget naek bus damri. Tapi masalahnya dengan kapal model begini adalah, kita kan gatau jadwal pergi-pulangnya.
      Kalau naik damri ya pasrah, damrinya parkir di kapal yang mana. Gitu, noon. ๐Ÿ˜€

    1. Ada, akhirnya ada.
      Sebenernya, menurut aku, asal semua fasilitas utama tersedia, kaya toilet bersih, makanan, pelampung untuk tiap penumpang, kursi layak duduk, udah cukup. Semoga makin banyak yang begini yes!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *