Kartun Jajajan Pasar : Pilih Getuk atau Cenil?

acara japarrSewaktu dapat undangan launching Kartun Jajanan Pasar minggu lalu, saya udah penasaran banget. Ini kartun bentuknya gimana, bakal dibawain gimana, trus jajanan pasar jadi kartun, apa bakalan cakep dan enak dilihat?

Ternyata, semua karakternya keren dan unyu-unyu lho, kak.. Duh, jadi pingin makan peluk semua. 🙂

karakter kartun jajanan pasar
karakter kartun jajanan pasar

Glenn Ardiansyah adalah penggagas mula karakter Jajanan Pasar. Glenn mau komiknya unik asli Indonesia banget. Belakangan karya ini dia beri nama “Komik JAPARR – Kartun Jajanan Pasar”. Kenapa jajanan pasar yang dipilih? Kalau di acara launching kemarin, Glenn bilang, jajanan pasar itu beragam nama, rasa, dan bentuknya. Perbedaan itu dimaknai dengan ragamnya Indonesia dan pesan moral untuk bertoleransi dengan sesama.

Nah bagian yang ini penting banget buat saya. Sebagai emak-emak, saya pinginnya anak saya mampu mengenali perbedaan dan hidup dengan sadar di dalamnya. Bukannya malah jadi ketakutan, kabur, terus mencaci yang gak sama. 🙂

Glenn dan Edya Asmara (istri)- Kreator Kartun Jajanan Pasar
Glenn dan Edya Asmara (istri)- Kreator Kartun Jajanan Pasar

Ragam jajanan pasar merupakan bukti silaturahmi bangsa yang besar. Perbedaan bukanlah pemisah, tetapi sebagai sarana untuk saling melengkapi dan menciptakan harmonisasi. Untuk itulah komik JAPARR – Kartun Jajanan Pasar ini muncul agar mengingatkan kembali bahwa kita adalah bangsa besar dengan keberagaman budaya.”

Supaya karakter Jajanan Pasar dapat diterima dan mudah diingat, Glenn dan Edya bikin merchandise yang seru, ada buku mewarnai, buku belajar huruf dan angka, tas, bantal, boneka, dan gantungan kunci. Trus pengenalan karakternya selain lewat merchandise juga lewat dongeng!

Kartun Jajanan Pasar awalnya diposting tanggal 18 Oktober 2011 di akun tumblr milik Glenn “admiralsaber”. Eh ternyata postingannya rame dong! Dari situ Glenn cari cara gimana JAPARR bisa hitz! Kemarin, akhirnya JAPARR dipinang JNE buat disponsorin. Selamat, ya. Selalu senang tiap liat produk kreatif akhirnya punya kesempatan buat makin maju. 🙂

japarr karakter
japarr karakter

japarr merchandise

Ini sebagian besar merchandise bikinan JAPARR. Kemarin-kemarin semua merchandise ini bisa dibeli online via websitenya mereka di http://kartunjaparr.blogspot.co.id. Nah, kemarin Mba Edya bilang kalau semuanya akan dihold sementara, sepertinya sih untuk keperluan branding baru dengan JNE. 🙂

embun dan cenil

Waktu launch kemarin, saya bawa Embun sekalian. Kebetulan acaranya kartun, jadi ya cocok lah. Pas sampai di lokasi dan liat Mba Edya mendongeng sambil bawa boneka Cenil, itu si Embun langsung histeris aja dong. 😀

Dia jatuh cinta sama Cenil!
Iya, Cenilnya lucu sih, pake rok polkadot pulak!

Belum juga selesai acara, dia udah kasi list permintaan ke saya. Boneka Cenil, tas Cenil, buku Cenil, ikat rambut Cenil. Duh, nak.. 😀
Jangan-jangan dia bakal pindahan dari Frozen & Little Pony ke karakter-karakternya JAPARR, nih. 🙂

Lain anak, lain emaknya. Kalau Embun jatuh hati tingkat wahid dengan Cenil, emaknya jatuh cinta dengan Getuk lindri! Kalau liat getuk lindri itu memori saya langsung balik ke masa kecil, jauhhh.. Inget dulu mamak kalau balik dari pasar suka bawain getuk ke anak-anaknya. Getuk oleh-oleh mamak biasanya saya makan satu-satu, selapis-selapis, mulai dari yang paling atas sampe yang paling bawah. Enaknyaa.. :*

Ada yang suka Getuk lindri juga kah? *cari temen*

bareng getuk

Saya sebenernya bukan pembaca kartun, saya lebih suka lihat tulisan ketimbang gambar. Tapi, liat JAPARR saya kok malah suka. Saya mikirnya, mungkin ini karena karakternya makanan, ya. Saya suka makan, saya suka JAPARR juga jadinya. Haha

Selamat ya JAPARR. Semoga makin berkembang, bisa jadi kartun idola anak-anak Indonesia penggantinya kartun Wiro Sableng. Kenal kueh american risoles boleh dong, tapi sambil kenalan juga sama Cenil, Getuk, Lupis, dll, yaa…

Indonesia itu kaya, jangan sampai kita terlupa..

/salam jajan!

ketemu teman lama
oleh-oleh dari Launching JAPARR. Ketemu Cheta!
oleh-oleh dari Launching JAPARR. Ketemu Kak Sabai, Kak Tika, dan Kak Annisast Foto courtesy by: Tongsisnya Kak Sabai
oleh-oleh dari Launching JAPARR. Ketemu Kak Sabai, Kak Tika, dan Kak Annisast
Foto courtesy by: Tongsisnya Kak Sabai

5 thoughts on “Kartun Jajajan Pasar : Pilih Getuk atau Cenil?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *