Semalam dalam Dekap Gajayana

Perjalanan ke Bromo dua pekan lalu masih membekas di hati. Senangnya luar biasa karena berangkatnya naik KA Gajayana, keretaย  kelas eksekutif yang luar biasa nyaman, dan teman seperjalanannya juga super menyenangkan!

Kereta Gajayana berangkat dari Stasiun Gambir pukul 17.40 WIB untuk kemudian tiba di Stasiun Malang Kota Baru pukul 09.06 WIB keesokan harinya. Sayang saat tiba di Stasiun Malang saya tidak melihat jam untuk mengecek ketepatan waktu kereta tiba. Tapi perjalanan totalnya kemarin makan waktu sekitar 15 jam saja. Lebih cepat satu jam dari KA Matarmaja yang pernah saya tumpangi juga tiga bulan lalu.

Selama perjalanan, sebelum tiba di stasiun akhir, kereta yang saya tumpangi berhenti di 14 stasiun yaitu CIREBON, PURWOKERTO, KUTOARJO, YOGYAKARTA, SOLO BALAPAN, MADIUN, NGANJUK, KERTOSONO, KEDIRI, TULUNGAGUNG, BLITAR, WLINGI, KEPANJEN, danย MALANG KOTALAMA.

Karena perjalanan dengan Gajayana sebagian besarnya terjadi pada malam hari, saya hanya sadar saat kereta berhenti di beberapa stasiun. Stasiun sisanya terlewat begitu saja karena saya sukses tidur nyenyak di bangku kereta yang empuk. ๐Ÿ˜€

Gajayana saat malam. Foto milik teman saya, @indrabejoo

Oh iya, kalau sudah malam, lampu di kereta akan diredupkan supaya penumpang bisa istirahat. Tetapi khusus bagian ujung kereta, dibuat tetap terang cahayanya agar lebih aman untuk yang ingin ke toilet atau pindah gerbong.

Toilet di Gajayana cukup bersih, ada tissue, ada air mengalir, dan lantainya kering. Saya tadinya agak khawatir toilet akan bau pesing, ternyata nggak lho. Sepertinya sih penumpangnya sudah beradab semua, tau kalau habis buang air mesti siram bersih-bersih. ๐Ÿ˜€

Namanya trip panjang, perut kadang-kadang kasi sinyal demo kaaann.. Nah, buat yang gampang lapar, cuss aja langsung ke kereta restorasi. Ga usah ditahan-tahan, nanti perutnya perih. Seperih rindu yang tak tunai. #halah.

Banyak pilihan jajanan di kereta restorasi. /@indrabejoo
Meja di kereta restorasi cukup nyaman buat duduk santai/sekadar laptopan. /@indrabejoo

Kalau malas ke kereta restorasi, tapi lapar berat gimana? Tenang, kamu duduk manis saja di bangku, nanti waktu prama-prami kereta mampir ke gerbong, bisa pesan makanan yang kamu mau. Di kantong kursi ada lembaran menu, bisa pilih jajanannya di situ ya.

Menu di kereta ini enak-enak lho, kemarin untuk sarapan saya makan Nasi Pecel Madiun yang diangkut langsung dari Stasiun Madiun. Trus ada lagi Nasi Gudeg Yu Djum yang diangkut dari Stasiun Yogyakarta. Kalau naik kereta, wisata kuliner bisa sambil leha-leha. Pesan aja semuanya ke prami, terus bisa nyemil deh sepanjang jalan. ๐Ÿ˜€

Menu di kereta ini bisa beda-beda ya, tergantung keretanya bakal lewat mana dan berhenti di stasiun mana aja. ^^

Ada bistik di Gajayana! / @okanata
Menunya enak-enak! / @ariyanti_dwi
Ada menu pre order / @ariyanti_dwi
Prami Gajayana / @adimasarief

Apaaaa? Kamu lapar tapi malas jalan ke restorasi? Trus Prama-Prami datangnya lama? Uhmm, persoalan yang berat ini, tapi tenang saja, RESKA punya solusi lain buat penumpang yang pingin kenyang tapi mager kayak kita….

Caranya mudah, kamu bisa langsung mengirim pesan singkat atau whatsapp dengan format: Kode Booking di iket/Menu yang dipesan/Jumlah Pesanan/Waktu penyajian. Kalau udah diketik, langsung kirim ke nomor 08111755121. Contoh teksnya nanti begini: E6682B / Nasi Goreng Parahyangan / 2 / Jam 14.00 WIB.

Karena MAGER IS LYFE, dan RESKA paham itu… Laff.

Ruang di tiap bangku KA Gajayana itu lapang sekali. Hanya ada 50 bangku dalam satu kereta. Pada tiap kereta adaย toilet, televisi, dan AC central. Sandaran kursinya bisa disesuaikan, ada pijakan kaki, lampu baca, meja makan lipat untuk masing-masing kursi, stop kontak pada setiap kursi, dan ada rak bagasi di bagian atas.

Saya suka desain sekali meja makan lipat diย  Gajayana. Mejanya itu modelnya bisa dimasukkan ke bagian sandaran tangan kalau tidak digunakan. Kemarin meja makannya sempat saya pakai untuk laptopan dan posisinya cukup stabil. ๐Ÿ™‚

Meja lipat yang stabil. /@adimasarief

Kereta Gajayana yang beroperasi sekarang menggunakan rangkaian terbaru dan dianggap sebagai salah satu kereta paling mewah dan paling nyaman di Indonesia. Dalam satu kali perjalanannya, Gajayana menempuh jarak yang sangat panjang, mencapaiย 907 kilometer.

Harga tiket Gajayana bervariasi tergantung kelas dan waktu pembelian tiket, yaitu mulai Rp480.000-Rp550.000 per penumpang untuk perjalanan jarak jauh, dan Rp290.000-Rp330.000 per penumpang untuk perjalanan jarak pendek (misal: Solobalapan-Malang).

Tiket kereta itu bisa dibeli sampai 90 hari ke depan, kalau belinya jauh-jauh hari, kita bisa dapet kemewahan buat pilih nomor bangku favorit. Trus trus, belanja tiket lebih awal bikin kita bisa dapat harga miring. Jadi, kalau udah pasti berangkat di tanggal tertentu, biasanya saya langsung aja beli tiketnya dulu. Kalaupun nanti tiba-tiba ada halangan untuk berangkat toh tiketnya bisa di-refund dengan mudah lewat aplikasi KAI Access milik KAI.

Untuk beli tiket keretanya, biasanya saya pakai layanan online travel agent, salah satunya pegipegi.com. Sering-sering aja cek aplikasi atau websitenya, biasanya sih selalu ada promo untuk pembelian tiket kereta. Lumayan kan kalau pas belanja tiket, eh pas dapet diskon 10 – 20 %. ๐Ÿ˜€

 

belanja tiket di pegipegi

 

Saya suka betul naik kereta. Makin ke sini fasilitas dan pelayanan kereta itu makin oke, pelanggan berasa disayang deh. Saya nungguin banget kereta api ngelarin jalur penumpang trans-Sumatera, pasti asyik kalau bisa menjelajah tempat wisata Indonesia di lintas Sumatera naik kereta api dari Lampung sampai Banda Aceh. ๐Ÿ˜€

Ada yang suka naik kereta juga kayak saya? Yuk kapan-kapan jalan bareng. Biarpun waktu yang dihabiskan sangat panjang, kalau teman di perjalanannya seru, pasti akan berkesan. ๐Ÿ˜€

seru-seruan naik kereta

/salam jalan-jalan

44 thoughts on “Semalam dalam Dekap Gajayana”

  1. FYI menu Reska tiap rangkaian kereta bisa beda. dan biasanya akan diisi ulang di beberapa stasiun besar.

    makin ke sini pelayanan KAI makin oke, walau harganya makin lama makin mahal. wajar, sih. karena ada harga ada rupa.

    1. Iya, menunya itu tergantung dia bakal lewat mana.
      Jadi, kemaren aku denger gini Zam, katanya tahun lalu banyak yang protes soal makanan ga enak, sebenernya wajar karena harganya murah ya. Nah, sekarang mereka upgrade menu, demi kebahagiaan lidah penumpang. Makin enak, harga naik.

  2. Eh baru tahu kalo menu kereta sekarang variatif banget. Dulu jaman masih ada bakul yg masuk ke dalam kereta, aku selalu jajan pecel kalo keretanya lewat Madiun. Trus sejak bakul nggak boleh naik aku merasa kehilangan bgt, secara saat itu menunya cuma nasi goreng atau nasi rames. Eh sekarang ada menu pecel Madiun.
    Besok naik kereta lagi ah. Pesennya pake Pegipegi kayaknya praktis nih.

  3. Baru semalam naik kereta dari Solo ke Bandung. Awalnya saya beli yang bisnis … eh, ternyata begitu sampai di Solobalapan kereta bisnisnya diganti eksekutif … kayaknya gerbong baru deh. Asyiknya, nggak nambah biaya lho … lagi rezeki kali ya

  4. Waaa! Nasi goreng legend masih ada. Waktu masih sekolah di Badung, sering bolak-balik ke Jakarta naik kereta. Dan nasgor jadi menu yang wajib dipilih. Sebetulnya rasanya biasa aja kalau kata saya. Tapi, gak tau kenapa, ini nasgornya memang ngangenin. Berasa ada yang kurang kalau naik kereta gak order nasgor legend ๐Ÿ˜€

    1. Udah adaaaa, dan aku masih nabung buat nyobain sleeper trainnya dong! Keretanya itu PP Jakarta (Stasiun Gambir) ke Surabaya (Stasiun Pasarturi). Gerbongnya nempel di KA Argo Bromo Anggrek. ๐Ÿ˜€

  5. Pengen nyobaiiin jalan2 sama anak2 naek kereta, pasti seruu, ah next time ah… Sekarang di kereta makanannya enak2 yaaa hahahah (terlalu fokus ke makanan) kalau dulu kan ngga banyak pilihan dan rasanya ya gitu deeeeh ๐Ÿ˜€ alhamdulillah sekarang lebih variatif dan banyak pilihan jd ngga rempong beli diluar kalau bawa anak

    1. Bener, kalo dulu kita ribet mesti bawa bekel supaya bisa makan yang enak di kereta. Sekarang ga perlu lagi, mau minum mau makan udah banyak pilihannya. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

  6. Naik kereta jarak jauh jaman sekarang udah enak
    Gak pakai desak-desakan, fasilitasnya juga bagus
    Aku suka menikmati pemandangan sepanjang jalan kalau naik kereta. Hutan, sawah, ngarai semua tampak indah memukau

  7. Naik kereta jarak jauh jaman sekarang enak banget
    Gak pake desak-desakan, fasilitasnya juga bagus
    Aku suka banget menikmati pemndangan sepanjang jalan saat naik kereta. Hutan, sawah, ngarai, gunung semua tampak indah

  8. Duuh, asik banget ya naik KA Gajayana. Aku langganan naik KA tapi kelas ekonomi muluu, ih.

    Ya habis, mau naik KA eksekutif sayang duit, paling mentok bisnis, Mbak. Walopun naik kelas ekonomi, pelayanan PT KAI nyaman2 aja, malah bisa guyonan sama Prama Pramu๐Ÿ˜‚

  9. dari zaman rekiplik, kereta api adalah angkutan kesayangan banget, banyak kenangan romantis yang membuat perjalanan kereta selalu berasa manis meski untuk urusan bisnis. Aku belum pernah naik Gajayana ini, sepertinya perlu dicoba mumpung belum pernah ke Malang

  10. bisa dibilang, aku jarang sekali ke restorasi Kereta api, seringnya bawa jajan sendiri . Atau pesan nasi goreng mereka trus makan ditempat. Sekali saja aku ke restorasi waktu sama teman teman karena bosa, hehehe

  11. Sejak kamu atau Mba Terry posting foto menu ada Pecelnya, langsung kucek menu kereta saat naik Argo Parahyangan. Tp langsung sedih, ternyata iya sih ya, tergantung rute nya mau ke mana ๐Ÿ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *