Kota Baru Parahyangan, Paket Lengkap di Kawasan Padalarang

Minggu lalu, saya mendapatkan undangan untuk mampir dan merasakan pengalaman sebagai warga Kota Baru Parahyangan. Sejujurnya saya belum pernah mendengar informasi soal Kota Baru Parahyangan yang menasbihkan diri sebagai Kota Mandiri Berwawasan Pendidikan ini. Informasi awal terkait Kota Baru Parahyangan baru saya ketahui setelah berseluncur di website mereka, http://www.kotabaruparahyangan.com.

Hujan turun rintik saat kami mengawali perjalanan menuju Bandung bagian barat, lokasi di mana Kota Baru Parahyangan berada. Dari Jakarta, Kota Baru Parahyangan dapat ditempuh sekitar 3 jam perjalanan, waktu ini bisa maju atau mundur tergantung lalu lintas menuju lokasi. Perhentian pertama kami setelah tiba adalah Bumi Pancasona Sports Club.

Bumi Pancasona Sports Club adalah tempat berkumpul warga Kota Baru Parahyangan dan sekitarnya untuk berolahraga dan berkegiatan bersama. Bumi Pancasona dibangun diatas lahan seluas  1,7 ha dan dilengkapi dengan sarana olahraga dalam dan luar ruang. Di sini ada restoran yang menyediakan menu berat maupun ringan, ada kolam renang, gym, lapangan basket, lapangan bulutangkis, area panahan, lapangan futsal, dan area untuk kegiatan kelompok seperti balet, les bahasa asing, dll.

Usai berkeliling di Bumi Pancasona, kami melangkahkan kaki ke pusat kuliner yang jadi andalan di Kota Baru Parahyangan, Bale Pare The Shop n Dine Experience. Bale Pare merupakan pusat komersial kuliner dengan nuansa alam yang nyaman. Pengunjung dapat menikmati kuliner dalam suasana bertema etnik budaya tradisional di alam terbuka dengan fasilitas memadai seperti tempat bermain anak.

Bale Pare saat ini memiliki 9 restoran dan 6 kafe yang menyediakan berbagai menu.  Untuk keperluan acara dengan peserta yang cukup banyak, tersedia juga Exhibition Hall, Plaza, Amphitheater, ruang terbuka hijau, dan camping ground.

Kemarin kami mencicipi makanan di Planet Drinks. Menu andalan di restoran ini adalah Barbeque Ribs dan jus stroberi segar. Supaya afdol, tentu saja saya pilih dua menu yang direkomendasikan itu untuk makan siang. ^^

Apalah artinya jalan-jalan ke kota mandiri kalau tak mampir ke area perumahannya. Supaya pengalaman jadi warga Kota Baru Parahyangan lebih terasa, kami diantarkan langsung ke Tatar Naganingrum dan Koridor Bandoeng Tempo Doeloe. Ini hanya 2 dari 17 tatar yang dipasarkan, lho. Selain yang disebutkan tadi, masih ada beberapa tatar lainnya yaitu Tatar Wangsakerta, Tatar Pitaloka, Tatar Ratnasasih, Tatar Jingganagara, Tatar Rambutkasih, Tatar Larangtapa, Tatar Banyaksumba, Tatar Mayangsunda, Tatar Candraresmi, Tatar Purbasari, Tatar Tejakancana, Tatar Kamandaka, Tatar Titiswari, Tatar Subanglarang, dan Tatar Kumalasinta.

Semua hunian di Kota Baru Parahyangan dibangun dalam sistem tatar (cluster) satu pintu yang memiliki sistem keamanan 24 jam. Sistem keamanannya dikelola langsung oleh Town Management. Sempat bertanya-tanya, ternyata kata “tatar” diambil dari Bahasa Sunda yang berarti tanah atau wilayah. Untuk nama-nama tatarnya sendiri, diambil dari nama-nama tokoh legenda rakyat Pasundan.

Tatar Naganingrum

Koridor Bandoeng Tempo Doeloe

Tempat singgah berikutnya adalah Hotel Mason Pine. Mason Pine ini merupakan hotel resort berbintang empat. Dari Mason Pine pengunjung bisa memanjakan mata dengan pemandangan alam pedesaan. Ada persawahan juga pemandangan pegunungan dan Danau Saguling. Hotel ini memiliki 135 kamar dan suite berlantai kayu, fasilitas olahraga yang lengkap, restoran, lobby lounge, ruang meeting  dan Mason Grand Ballroom untuk acara-acara besar dengan tamu mencapai 2000 orang.

Tetap ingin berolahraga saat liburan/pertemuan bisnis? Jangan khawatir, fasilitas olahraga yang tersedia sangat lengkap. Ada kolam renang berukuran olympic, lapangan tenis (indoor & outdoor), lapangan badminton (indoor), lapangan futsal, lapangan basket, workout station, foot reflexology track, wall climbing, dan fitness center dengan peralatan fitness yang lengkap dan modern. Selain itu, tersedia juga layanan spa & massage untuk pengunjung, area steam, sauna, dan kolam jacuzzi.

Buat pengunjung yang lebih suka menghabiskan waktu sambil refreshing, tersedia Family Karaoke. Sayang sekali kemarin saya dan teman-teman tidak sempat menikmati ruang karaoke di Mason Pine karena ruangannya full booked.

Oh iya, saya mau merekomendasikan Hotel Mason Pine untuk dijadikan tujuan wisata keluarga. Fasilitas di hotel ini sangat lengkap. Keluarga, termasuk anak-anak sudah bisa mendapatkan pengalaman berkesan tanpa keluar dari area hotel.

Untuk anak ada Orange Kids Club, ruangan bermain yang aman dan menyenangkan. Lalu ada kolam renang anak yang dilengkapi dengan water slider, ada pula children playground, dan aktivitas tambahan seperti Flying Fox, ATV Ride, Shooting Target, Paintball, Horse Riding, Delman, Bicycling, Bogel, Art & Craft Corner, serta Carnival games di akhir pekan.

Supaya tidak kelaparan, pengunjung bisa datang untuk nyemil cantik atau makan besar ke Sports Bar dan Fok Luk Sau Shark’s Fin & Seafood. Sports Bar ini konsepnya restoran dengan suasana santai dan semi terbuka. Pengunjung bisa menikmati makanan sambil memandang area persawahan. Ada pilihan menu lokal Indonesia dan masakan internasional di restoran ini. Kalau Fok Luk Sau Shark’s Fin & Seafood konsepnya adalah restoran dengan suasana rumahan, bisa pilih aneka hidangan khas Kanton kalau mampir ke restoran ini.

Saran saya, kalau nanti teman-teman berkesempatan main ke Kota Baru Parahyangan, sempatkan mampir ke Gedung Sundial Puspa Iptek. Gedung ini merupakan Gedung Jam Matahari terbesar di Asia Pasifik. Sundial memiliki 2 bidang dial horisontal dan vertikal. Letak gedung ini ada di pintu masuk Kota Baru Parahyangan. Di dalamnya aneka peraga science. Pengunjung terbanyak Sundial biasanya siswa dari berbagai tingkat pendidikan yang ingin mencoba alat peraga yang interaktif.

Tertarik main-main ke sini atau mau beli beberapa rumah di tatar cantik untuk investasi? Yuk mampir dulu ke website Kota Baru Parahyangan di http://www.kotabaruparahyangan.com, instagramnya di https://www.instagram.com/kotabaruparahyangan, dan akun twitternya di https://twitter.com/KBPaofficial. Kalau ada yang mau ditanyakan, silakan lho, nanti saya jawab kalau tahu. J

/salam senang dari Parahyangan. ^^

2 thoughts on “Kota Baru Parahyangan, Paket Lengkap di Kawasan Padalarang”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *