Kulari ke Pantai, Kemudian Bahagiaku!

Film Kulari ke Pantai besutan Miles Films ini udah lama banget saya tunggu. Sejak teasernya lalu-lalang di media sosial beberapa bulan lalu, saya udah kebayang filmnya bakal menyenangkan. Film baru akan tayang tanggal 28 Juni nanti, tapi saya beruntung kebagian nonton lebih awal di event gala premierenya.

Jadi gimana Re? Filmnya bagus atau nggak?
Baca terus ke bawah untuk baca review ala-ala dari saya, ya.. ^^

Filmnya bagus, bikin bahagia, dan seru! Soal SamΒ (Maisha Kanna) dan HappyΒ (Lil’li Latisha) yang jalan bareng ibunya Sam, Uci (Marsha Timothy) untuk roadtrip. Tadinya sih yang mau jalan cuma Sam dan ibunya aja. Tapi lalu karena lalala-lilili, Happy akhirnya diikutkan. Happy bikin perjalanan Sam dan Uci jadi berwarna, kadang merah jambu, kadang kelabu. πŸ˜€

Sam yang suka banget main pantai dan surfing ini rumahnya ada di Rote, NTT. Keluarga Sam berangkat ke Jakarta buat ketemu neneknya dulu. Dari rumah nenek, Sam dan ibunya sengaja roadtrip ke G-Land (Pantai Plengkung), buat ketemu surfer favorit Sam,Β Kailani Johnson.

Penampilan pemeran lain, Mo Sidik, Dodit Mulyanto, Dani (@suku_dani), dan Lukman Sardi (pujaanku), bikin filmnya makin asyik dinikmati. Pagelaran emosi dalam film juga cukup lengkap, ada ketawa, sedih, haru, marah, kesal. Terpenting, semua pemainnya main total!

Selain karena alasan di atas, saya punya beberapa alasan lain buat ngajak Embun nonton film ini:

– Filmnya soal roadtrip!

Kami sudah beberapa kali roadtrip bareng Embun. Pernah Tangerang-Bali-Tangerang, nyobain jalan yang beda pas pergi dan pulangnya. Pernah juga ke Medan dan Jogja dalam kesempatan yang berbeda. Jalan darat beberapa hari dengan Embun tuh menyenangkan. Saya pingin nostalgia aja sambil nonton Kulari ke Pantai, inget-inget perjalanan seru kami yang kemarin-kemarin itu.

Bepergian dengan pesawat tentu aja enak. Cepat sampai, ga capek, dan punya banyak waktu untuk keliling-keliling di kota tujuan. Tapi saya percaya, perjalanan panjang menuju lokasi tujuan akan memberikan pengalaman dan pelajaran yang luar biasa buat dia. Ada pelajaran sabar, ada pelajaran manajemen waktu, ada pelajaran beradaptasi dengan orang/lingkungan baru.

Semua pelajaran yang saya sebut di atas itu, ada dong di film Kulari ke Pantai! Buat yang belum pernah roadtrip cuss nanti nonton, semoga abis ini niatnya makin kencang dan segera terwujud jalan-jalan serunya. πŸ˜€

– Filmnya bisa dinikmati semua umur!

Sejak Embun belajar nonton bioskop beberapa tahun lalu, saya berkomitmen hanya mengajak dia nonton bioskop kalau filmnya cocok dan sesuai umur. Anak saya cukup banyak nanya kalau nonton, saya khawatir penonton lain terganggu kalau di tengah-tengah film dia tiba-tiba nanya, “Ma, itu dia kenapa nangis?“, “Ma, kalau berantem sama temen itu boleh lama-lama ga?“. Endebrai endebrai endebrai…

Jadi, demi ketenangan pribadi saya, dan ketenangan orang-orang di sekitar, marilah menghindari hal yang sedemikian. Ehe. πŸ˜€

Kulari ke Pantai ini film untuk semua umur. Anak-anak TK sampe yang dewasa dijamin bisa menikmati filmnya. Alurnya pas, agak cepat di awal, tapi lalu mulai stabil setelah perjalanannya di mulai. Ada waktu untuk anak mikir, kenapa gini kenapa gitu, tapi ga kelamaan sampe bikin anak ngantuk atau hilang fokus.

– Filmnya soal Indonesia!

Seperti manusia pada umumnya, Embun pingin banget bisa pegang-pegang dan main salju. Dia beberapa kali minta ke saya untuk liburan ke negara yang ada saljunya. Film Frozen bikin rasa kepinginnya makin menjadi-jadi.

Karena A, dan B, dan C, dan D, saya minta Embun bersabar. Sama seperti dia, emaknya juga pingin kok main salju sambil pake baju yang tebal-tebal itu. πŸ˜€

Sambil menunggu waktu dan rezeki baik, saya bawa Embun ke tempat-tempat menyenangkan di sekitar kami. Sekaligus saya cerita indahnya Indonesia, ada gunung yang daunnya ijo royo-royo, ada pantai yang bagus-bagus, dan ada makanan yang luar biasa enak.

naik gunung
main ke pantai

Film terbaru Mira Lesmana dan Riri Riza ini dijamin bikin wawasan soal keindahan Indonesia makin luas. Pemandangan bagus sepanjang film, penampakan aneka alat transportasi (ada becak, gerobak, dan ojek online!), dan teaser-teaser tempat wisata yang cocok dijadiin tempat mampir buat roadtrip. πŸ˜€

Semoga bisa bawa Embun ke Bromo. πŸ˜€

– Filmnya soal keluarga!

Apakah anak Anda mulai malas diajak ketemu keluarga? Apakah anak Anda lebih suka main gadget ketimbang ngobrol-ngobrol sama sepupu atau anak tetangga? Yuk cuss langsung ajak anaknya nonton film ini. Sepanjang film, di sana dan di sini, ada sisipan pesan soal pentingnya komunikasi dengan keluarga.

Gadget penting? Ya iyalah, hari gini di saat semua-mua pakai teknologi, gadget bisa memudahkan hidup. Tapi terlalu nempel ke gadget juga ga bener.

Saya suka banget syut-syut close-up pas Uci dan Sam tatap-tatapan sayang, pas Sam dan Happy liat-liatan sambil senyum penuh pengertian, dan pas adegan Uci matanya berlinang-linang karena Happy bikin masalah. Emosinya kerasa banget sampe bangku penonton! Ku suka!


Kemarin, sebelum filmnya mulai, Riri Riza cerita kalau persiapan film ini makan waktu 10 tahun! Uhuy, lama yaa. Tapi penantian mereka dan kita sudah terbayar lunas sih. Selamat ya Miles Films! πŸ˜€

Jadi, udah tertarik buat lari ke pantai, belum?

KULARI KE PANTAI

Sutradara: Riri Riza
Produser: Mira Lesmana
Pemain: Marsha Timothy, Maisha Kanna, Lil’li Latisha
Tayang: 28 Juni 2018

Foto: Miles Films

/salam basah

Bonus: foto bareng penyanyi dan pelawak kesukaan!

Selamat Lebaran dari Glenn & Rere Fredly
Dodit Mulyanto mai laf!

28 thoughts on “Kulari ke Pantai, Kemudian Bahagiaku!”

  1. Belum sempat nih aku ajak krucils nonton ini. Di kantor juga udah banyak banget yang rekomendasikan film ini untuk ngisi liburan anak-anak. Next weekend deh ngajak krucils.

  2. Luar biasa ya persiapannya Miles Film memang. Great! pilihan film keluarga di tengah tengah sibuknya banyak keluarga dengan gadget. Jangan lupa matikan gadget pas nonton hahaha

  3. Asik dan seru ya kalau mengajak anak nonton bareng film yang satu ini, banyak pengalaman baru buat anak saya Azzam pelajari juga sepertinya. Mulai jadwalkan waktu untuk nonton bersama anak ah πŸ™‚

  4. Roadtrip memang selalu banyak cerita yang tak terduga, saya sering roadtrip bersama suami tapi baru pulau Jawa aja, itu pun belum semuanya, pengen deh ke tempat yang lebih indah dan jauh 😊

Leave a Reply to maya rumi Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *