11 Rekomendasi Wisata Kuliner di Tanjungpinang

Punya waktu luang untuk jalan-jalan dan ingin menjajal makanan khas di Tanjungpinang? Saya rekomendasikan makanan dan tempat jajan di bawah ini untuk kulineran. Jika suka, beberapa jenis makanan bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

  1. Bingke Pandan
    Ini kue favorit saya di Tanjungpinang. Saya sebenarnya ga begitu suka kue yang manis, tapi bingke pandan ini sulit sekali ditolak. Kuenya harum, berlemak santan. Belanjanya di RM Tarempa. Harga kuenya Rp 15 ribu, cuma dibuat 30 buah per hari. Waktu kami mampir sekitar pukul 11.00 WIB, rotinya tinggal dua. *langsung borong dua-duanya. 😀
    Alamat warungnya: Kedai Kopi Tarempa, Jalan DI Panjaitan Batu 9 Komplek ruko Villa Pinlang Mas Blok B Nomor 23-24 Tanjungpinang.

    ———-

  2. Otak-Otak
    Otak-otak ala Tanjungpinang ini beda banget sama otak-otak yang saya kenal (versi Jakarta). Kalau di Jakarta warnanya putih keabuan, di Tanjungpinang warnanya kuning dengan harum rempah yang pekat. Teksturnya juga lebih halus, ga perlu gigit kuat-kuat karena dia lumer di mulut. Otak-otak gampang ditemui di pasar/daerah pecinan.

    ———-
  3. Luti Gendang
    Mudah ditemui di warung makan sekitaran Tanjungpinang. Harga perbuahnya Rp 2500 saja. Isian rotinya macam-macam, tapi ikan yang jadi favorit. Rasanya gurih, makannya ga akan cukup sebiji karena rotinya imut-imut dan bikin nagih.Luti gendang bisa dipesan mentah untuk dibawa pulang. Sampai rumah simpan di kulkas, tinggal goreng saja kalau hendak dikonsumsi. 🙂

    ———-
  4. Lemper
    Lemper Tanjungpinang spesial karena bentuknya berbeda. Bukannya pendek bulat macam lemper daerah lain, tapi kurus, panjang, dan langsing. Isiannya suwiran ikan tongkol. Pas dikunyah akan ketemu sensasi pedas. Saya habis tiga sekali makan. :p
    ———-
  5. Mie Tarempa
    Sepanjang Tanjungpinang kita akan mudah liat plang-plang warung makan mie tarempa. Sila mampir dan coba. Ada tiga versi mie tarempa, goreng, lembab, dan kuah. Kemarin sempat nyobain yang goreng dan basah. Enak banget!Bentuk mie tarempa gepeng mirip kwetiau. Di atas mienya ada suwiran ikan tongkol berbumbu. Mienya ditumis dengan campuran  kecambah dan telur. Rasanya pedas, kalau ga kuat pedas tinggal request khusus ke pelayannya waktu pesan.Mie Tarempa ini banyak banget ditemui sepanjang jalanan Tanjungpinang, jualannya mulai pagi-pagi betul untuk sarapan sampai malam. Oh iya, mie tarempa itu bukan merk ya, tapi nama mienya, semacam mie bakso dan mie ayam gitu, deh. Alamat warungnya: Kopitiam Mie Tarempa Jl. D.I panjaitan KM 7, Melayu Kota Piring, Tanjungpinang Timur.

    ———-

  6. Nasi Dagang
    Mirip nasi uduk yang dibungkus model nasi kucing angkringan. Di dalam bungkus daunnya sudah lengkap ada nasi bersantan, lauk, dan sambal. Harganya sekitar Rp 5 ribu.

    ———-
  7. Tepung Gomak
    Kue ini dinamakan tepuk gomak karena berbalut tepung yang tebal. Ketemu di warung kue di daerah pecinan, Tanjungpinang. Rotinya dari kacang hijau, dalamnya ada isian kelapa parut yang dimasak dengan gula merah. Rasa isiannya mirip dengan dadar gulung, tapi bagian luarnya mirip dengan mochi.
    ———-
  8. Gonggong
    Gonggong atau Canarium Stroumbus adalah sejenis siput/kerang laut yang merupakan makanan khas masyarakat di Kepulauan Riau. Kemarin saya coba gonggong di rumah makan Sei Enam Seafood. Olahannya sederhana, hanya direbus saja, sebagai pelengkap ada sambal untuk cocolan.
    ———-
  9. Deram-Deram atau Drum-Drum
    Namanya lucu ya, deram-deram. Kue ini khas dari Pulau Penyengat tapi mudah ditemui di swalayan sekitaran Tanjungpinang. Bentuknya bulat dengan bolongan di tengah, mirip donat mini. Bahan dasar deram-deram adalah tepung beras yang dicampur dengan gula merah. Konon dulu kue ini merupakan salah satu camilan yang disediakan di kesultanan Melayu. ^^
    ———-
  10. Akau – Potong Lembu
    Tukang jajan pasti bahagia mampir ke sini. Segala ada, mulai dari seafood, mie, nasi, daging-dagingan (sapi-ayam-babi), sampai buah-buahan. Supaya tak menyesal, jelajahi dulu lokasinya sebelum memutuskan hendak jajan apa. Akau buka setiap hari dari sore – tengah malam. Kemarin saya jajan kwetiau goreng seafood di sini, harganya Rp 22 ribu saja, tapi porsinya bukan main besarnya. Kalau kapasitas perutnya mini, sebungkus bisa buat dua orang! 😀
    ———-
  11. Warkop Batman
    Sebenarnya ada warkop yang lebih hits lagi, namanya Hawaii. Tapi, karena waktu dan jarak tidak memungkinkan untuk mampir ke sana, saya mampirnya ke Warkop Batman, yang tak kalah bekennya. Kalau udah coba duduk dan ngopi di sana, sekalian beli bungkus untuk di rumah/di jalan. Seumur-umur jajan kopi baru sekali ini saya liat warung kopi yang mengemas kopi panas pakai botol! Anw, kopinya enak banget!

Selamat nyemil-nyemil enak di Tanjungpinang, ya. Pantang pulang sebelum kenyang!

/salam makan kenyang.

17 thoughts on “11 Rekomendasi Wisata Kuliner di Tanjungpinang”

  1. Duh semuanya bikin aku ngiler Kak. Kemarin sempat kulineran juga di Tanjung Pinang tapi nggak selengkap daftarmu Kare. Hahaha. Mungkin artinya harus kembali segera ke Tanjung Pinang ya xD

    1. Hahha, aku pake request khusus ke sopirnya. Pak, yang enak di sini apa? Kalau di sana yang enak apa. Hhahahah
      Jadilah listnya segambreng. 😀

      1. nanya ke orang lokal, apalagi yang biasa nganter tamu, memang paling oke dah! kemaren juga di sana aku berhasil nemu yang enak-enak berkat rekomendasi dari supirnya :))

  2. mie tarempanya bikin ngileeer.

    itu gnggong di sini banyak, tapi gaada yang berani makan. kok jadi geli ya ngebayangin makan gonggong 😛

    1. Wah, di sana banyak? Mungkin karena ga pernah jadinya geli ya, Vanisa.
      Sesekali cobain deh, kali-kali aja suka. ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *