LIMA YANG WAJIB SAAT KE BALI KALI PERTAMA

Sudah pernah ke Bali? Destinasi liburan paling populer di dunia menurut TripAdvisor ini punya banyak spot menarik untuk dikunjungi. Berikut beberapa rekomendasi lokasi wisata yang bisa dikunjungi jika dalam waktu dekat kamu merencanakan perjalanan pertama ke Bali.

pemandangan di ujung pantai

Tiap tempat akan memberikan pengalaman yang berbeda. Untuk menikmati semuanya tanpa terburu-buru, baiknya kamu menyediakan waktu dua hari penuh. Selamat liburan ya, jangan lupa pilih teman jalan yang asyik supaya liburannya makin seru!

SULUBAN, PANTAI CANTIK DI SELATAN BALI

Bali diberkahi dengan pantai-pantai yang super cantik. Beberapa pantai mengenakan biaya masuk, beberapa lagi bebas dinikmati tanpa tiket. Kuta adalah pantai yang paling terkenal dan ramai dikunjungi setiap harinya.

Tapi, kali ini, saya menyarankan kamu berkunjung ke Pantai Suluban yang ada di bagian selatan Bali. Pantai Suluban letaknya jauh di bawah dan tersembunyi. Menuju pantai, kita harus menuruni ratusan anak tangga. Tangga di Pantai Suluban berputar-putar seperti ular, mengikuti pertokoan yang menjual pakaian, makanan, dan penyewaan alat surfing.

Di ujung tangga, barulah perjuangan kita akan terbayar dengan pemandangan yang luar biasa. Ada pasir, batu karang, dan pantai tersembunyi yang cantik! Kalau jalan terus dari pasir yang terhampar ini, kita akan bertemu langsung dengan pantai yang tidak terlalu luas tetapi cantik dan bersih. Pantai ini banyak dikunjungi peselancar karena ombaknya yang cukup tinggi.

Alamat Pantai Suluban
Uluwatu
Badung, Bali

banyak surfer di sini!

PURA LUHUR ULUWATU DAN MAHAKARYA TARI KECAK

Apakah kamu pemburu pemandangan matahari tenggelam? Kalau iya, jangan lewatkan kunjungan ke Pura Luhur Uluwatu saat ke Bali ya. Selain untuk menikmati pemandangan, turis biasanya datang ke sini untuk menonton pertunjukan Tari Kecak.

Tari Kecak ini unik karena tidak dimainkan dengan alat musik apapun. Musik yang mengiringi Tari Kecak adalah paduan suara dari puluhan pria gagah. Jumlah pengiring tergantung pada lokasi panggung, bisa puluhan bahkan ratusan.

Pertunjukan Tari Kecak di Uluwatu berlangsung setiap hari. Tiket pertunjukannya Rp 100.000 per orang. Pertunjukan mengambil waktu petang, di pukul 17.00 ‐ 18.30 WIT. Jika dianggap perlu atau datang dengan rombongan besar ke Pura Luhur Uluwatu, jangan ragu untuk lakukan reservasi terlebih dahulu.

Alamat Pura Luhur Uluwatu
Desa Pecatu, Kuta Selatan
Kabupaten Badung, Bali

WISATA SEJARAH DI PURI KLUNGKUNG

Kerajaan Klungkung Bali berhasil mencapai puncak kejayaan dalam bidang pemerintahan, adat dan seni budaya pada abad ke 14– 17 di bawah kekuasaan Dalem Waturenggong. Namun, pada 1908 kerajaan ini akhirnya menyerah pada intervensi Belanda.  Di pertempuran akhir, Raja Klungkung terbunuh. Pengikut dan istri-istri raja kemudian mengakhiri perang dengan cara puputan (perang hingga titik darah penghabisan).

Sebagian besar bangunan dari masa kerajaan sudah hancur atau hilang. Tiga bangunan yang tersisa dan masih bisa dikunjungi hingga hari ini yaitu Kertha Gosa, Pemedal Agung, dan Puri Agung Klungkung. Kertha Gosa ini mudah sekali ditemukan. Letaknya bersebrangan dengan Tugu Monumen Klungkung, tepat di tengah kota Semarapura.

Puri ini jadi salah satu tempat yang saya rekomendasikan untuk dikunjungi di Bali. Gunakan pakaian yang sopan saat berkunjung ya.

Alamat Puri Klungkung
Semarapura Tengah, Kecamatan Klungkung
Kabupaten Klungkung, Bali 80761

Pemedal Agung yang dulu berfungsi sebagai pintu masuk puri.

MUSEUM PURI LUKISAN DAN KARYA SENI RUPA

Berkunjung ke museum adalah cara lain menikmati Bali. Jenis museum yang ada di pulau ini kebanyakan memang museum seni rupa yang memamerkan karya seni lukisan, ukiran, dan patung. Salah satu yang patut dikunjungi adalah Museum Puri Lukisan yang merupakan museum seni rupa tertua di Bali.

Dari tulisan soal sejarah yang dipajang di dinding museum saya tahu kalau museum ini lekat sekali kehadirannya dengan seniman-seniman luar negeri. Nama-nama seniman seperti Miguel Covarrubias (Mexico), Walter Spies (Jerman), dan Rudolf Bonnet (Belanda) tercatat memotivasi seniman-seniman Bali untuk memelihara kualitas, melestarikan seni, dan sedikit banyak memengaruhi cara seniman bali menarikan kuasnya.

Alamat Museum Puri Lukisan:
Jalan Raya Ubud PO BOX 215
Ubud, Gianyar, Bali

KOPI DAN LUWAK DARI BALI PULINA

Kamu penggemar kopi? Jangan lupa mampir ke Bali Pulina, perkebunan kopi yang letaknya di dataran tinggi. Di Bali Pulina, pengunjung bisa santai menikmati pemandangan sawah bertingkat nan hijau terbentang.

Bali Pulina yang baru mulai buka tahun 2001 ini punya luas areal sekitar 1,5 hektar. Di sini, kita bisa lihat pengolahan dari kopi luwak, dimulai dari kenalan dengan binatang luwak! Setelah puas berkeliling, nikmati waktu sejenak untuk ngopi dan menikmati camilan.

Alamat Bali Pulina
Sebatu, Tegallalang
Kabupaten Gianyar, Bali 80561

/salam liburan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *