Main-Main di Police Station Kidzania – Cap Kaki Tiga Anak

Rabu yang cerah, dua pekan lalu, Buya-Buma-dan Embun bangun lebih pagi dari biasanya. Sekeluarga keluar rumah dengan senyum terkembang lebar dan penuh semangat.
Tau kami mau ke mana? Ke KIDZANIA!

Anak gadis sebenernya udah pernah main ke Kidzania tahun lalu, tapi karena badannya waktu itu masih kecil, sekarang juga masih kecil sih, banyak permainan yang belum bisa dan belum berani dia mainin.

Sekarang badannya udah nambah tinggi, umurnya tambah banyak, dan jadi lebih berani. Jadi waktu ibunya ajak main (lagi) ke KIDZANIA buat liat opening ceremony Police Station, establishment baru kerjasama KidZania dengan Larutan Cap Kaki Tiga Anak, anaknya langsung gembira sejadi-jadinya. Sepanjang minggu bicaranya Kidzania melulu. 😀

Sampai di Pasific Place!
Sampai di Pasific Place!

Waktu kami sampai di Pasific Place, toko-toko di mal-nya belum buka lho. Tetep boleh masuk sih, karena ada pintu yang udah terbuka dan akses lift juga udah bisa dipakai khusus ke Kidzania aja. 🙂

Baru aja masuk ke Kidzania, Embun langsung disambut badut cap kaki tiga anak yang baik hati, dong! 🙂
Selesai foto, Embun masih tarik-tarik saya, ngajak cari om badut kaleng Cap Kaki Tiga Anak buat foto lagi. Untungnya om-om nya baik dan ga keberatan diajak foto berulang kali. Makasih ya.. ^^

kaleng cap kaki tiga anak

————————-

Horee, Kidzania!

KidZania itu apa sih?
Jadi, Kidzania ini seperti kotanya anak-anak. Kota seluas 7,500 m2 ini dibuat dalam ukuran anak dan permainannya juga buat anak-anak. Di Kidzania sebenernya ga melulu main, tapi si anak dapat pengalaman dan ilmu juga. Pernah liat anak pura-pura jadi orang dewasa kan? Main ibu-ibuan atau jual-jualan di pasar? Di Kidzania konsepnya kurang lebih sama, tapi dengan fasilitas yang jauh lebih lengkap, ada rumah sakit, supermarket, salon, theater, pabrik, dll.

Kerja di Pabrik Coklat, Pabrik Bedak, Pabrik Mie, dan Pabrik Obat
Kerja di Pabrik Coklat, Pabrik Bedak, Pabrik Mie, dan Pabrik Obat

Misal si anak mau main jadi petugas minimarket. Minimarketnya beneran ada, si anak jadi petugasnya dan setelah selesai kerja akan dibayar dengan Kidzos, mata uangnya Kidzania. Ga cuma pengalaman dapetin uang, si anak juga punya kebebasan buat ngabisin uangnya, misal dengan naik taksi atau keliling pakai bus wisata. 😀

Bedanya Kidzania dengan wahana permainan lain apa?

kids right
Jadi, konsep Kidzania ini Edutainment Theme Park. Tiap anak yang datang dan main ke establishment Kidzania akan punya hak untuk :

  1. To Be (Melakukan Sesuatu) : Anak-anak punya hak untuk menentukan sendiri keinginannya, mereka berhak jadi pribadi yang unik dan bebas. Mereka punya kekuatan untuk bertindak, berbicara, dan berpikir tanpa hambatan atau pembatasan.
  2. To Know (Mengetahui Sesuatu) : Anak-anak boleh punya rasa penasaran dan bebas melakukan eksperimen pada dirinya sendiri. Agar bisa menikmati hak ini, anak-anak harus diberikan akses yang terbuka agar bisa mendapatkan pengetahuan dan yang diinginkan.
  3. To Create (Menciptakan sesuatu) : Anak-anak bebas berinovasi dan memimpikan hal-hal baru. Pola pikir yang baru biasanya mampu menghasilkan ide dan gagasan yang efektif dan berharga.
  4. To Share (Memberi) : Hak ini akan menumbuhkan kepercayaan & pengalaman yang kuat, kemauan untuk bekerja sama.
  5. To Care (Peduli) : Anak-anak didorong untuk bertanggung jawab pada lingkungan.
  6. To Play (Bermain) : Anak-anak punya hak untuk menjadikan hidupnya menyenangkan. Anak-anak bebas menikmati hidup, bebas mencurahkan energi dan waktu untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan.

Kidzania Pertama
Kidzania pertama kali didirikan pada 1 September 1999 di Santa Fe di Mexico City. Tujuh tahun kemudian, lokasi kedua dibuka di Monterrey, Mexico. Pada tahun yang sama, Kidzania ketiga resmi dibuka di Tokyo, Jepang pada bulan Oktober 2006, dan setahun kemudian, Kidzania ke-4 di Indonesia diresmikan pada 24 November 2007.

————————

Police Station KidZania – Cap Kaki Tiga Anak

Yes, Police Station ini yang tadi diceritain di atas. Kerjasama bareng Cap Kaki Tiga Anak, establishment terbaru ini resmi dibuka. 🙂

Kok bisa Cap Kaki Tiga Anak?
Ini ceritanya..

Bapak Deny Cahyo, General Manager Marketing PT KINO INDONESIA bilang dibukanya establishment Larutan Cap Kaki Tiga Anak Police Station di KidZania Jakarta ini merupakan bentuk dukungan PT.KINO INDONESIA dalam pengembangan pendidikan dan kesehatan anak. “Larutan Cap Kaki Tiga Anak merupakan minuman pereda panas dalam untuk anak yang dibuat dari bahan alami dan tanpa bahan pengawet. Ini adalah salah satu wujud dukungan kami kepada anak Indonesia dalam pengembangan pendidikan dan juga kesehatan anak dimana anak bisa bermain sambil belajar dengan tubuh yang sehat”.

Bapak Deny juga bilang kalau semua anak suka bermain, dan sesuai umurnya, bermain untuk adalah sesuatu keharusan. Tapi, waktu bermain anak-anak bisa jadi lelah dan kepanasan.  “Larutan Cap Kaki Tiga Anak adalah solusi yang tepat untuk menjaga kesehatan anak. Kami percaya anak yang sehat akan menjadi anak yang cerdas dan kreatif. “, katanya menjelaskan.

Nah, pas banget kan, karena di establishment Police Station ini, Cap Kaki Tiga Anak berfungsi mengembalikan kesegaran anak usai bermain bersama teman-teman.

Main Apa di Police Station?

Aktivitas yang dimainkan anak di Police Station adalah peran sebagai polisi. Anak-anak yang ikutan main di establishment ini bakal dikasi tau gimana sih polisi yang baik itu? Gimana caranya nangkep penjahat, dan apa aja bantuan yang bisa digunakan saat nangkep penjahat. 🙂

Police Station Kidzania - Cap Kaki Tiga AnakPolisi Cilik di Police Station Kidzania – Cap Kaki Tiga Anak

Police Station
Syarat Main di Police Station

Sebelum cerita polisi-polisi kecil ngapain aja di sini, saya infoin dulu ya aturan main di Police Station Kidzania sesuai gambar di atas, ya.. Jadi gini, dalam 1 kali putaran permainan selama 20 menit, ada 8 anak berusia minimal 6 tahun yang bisa ikutan. Setelah main, anak-anak akan dapat uang sebesar 5 Kidzos. 🙂

Oke, sekarang lanjut ke permainannya. 8 polisi cilik ini dikumpulkan di ruangan oleh Pak Kepala Polisi. Ceritanya kepolisian baru aja nangkep penjahat yang mencuri formula rahasia dari Larutan Cap Kaki Tiga Anak.

Ini dia penjahatnya!
Ini dia penjahatnya!

Nah, penjahat yang baru ketangkap ini langsung dimasukin ke sel dong, ya. Tapi, penjahatnya pinter banget, dan berhasil kabur dari penjara! Polisi cilik langsung bingung dan inisiatif untuk mengejar penjahatnya sama-sama.

Eh tapi, nanti dulu! Memangnya mau kejar ke mana?
Iya juga ya, kalau kejarnya ga tentu arah, nanti penjahatnya malah kabur makin jauh dong! Di sini, anak-anak dipaksa untuk mengembangkan logika berpikir, mengumpulkan clue, menganalisa dan menyimpulkan lebih dulu lokasi penjahat, baru kemudian menangkap.

CCTV!CCTV!

Yup, bener banget! Bapak dan Ibu Polisi cilik harus liat CCTV dulu, CCTV bisa bantu Pak/Bu Polisi menentukan arah kaburnya penjahat. Kalau sudah tau mau kejar kemana, tinggal lari yang kencang, deh. 🙂

polisi cilik tangkap penjahat yang kabur

Polisi  cilik pada jago, nih. Penjahatnya ketemu trus digiring rame-rame balik ke kantor polisi. 🙂

Udah, gitu aja?

Nggak, dong!

Jadi, sepanjang perjalanan dibawa ke kantor polisi ini, penjahatnya terus membujuk anak-anak supaya melalaikan tugasnya. Di sini, anak-anak dipaksa untuk mengambil keputusan, tetap jadi polisi yang baik, taat pada aturan atau malah nurut sama penjahatnya.

Penjahat : Udah, aku bisa jalan sendiri, kok.  Ga usah dipegangin.
Polisi         : Ga boleh, harus sama-sama. Nanti kabur lagi.

jatuhPenjahat dan Polisi kemudian tarik-tarikan, dan polisinya menang (walau pakai acara jatuh-jatuh).

Penjahat : Lepasin dong. Kan formulanya udah dikembaliin.
Polisi         : NGGAK (serempak) 

Liat adegannya saya sih ngakak ya. Ini anak kecil-kecil kemauannya kuat-kuat banget, ga mudah dibujuk, dan teguh pendirian. Semoga besok bisa jadi polisi yang baik yaa. 😀

tahanan

Yup, pak polisinya menang dan penjahat dengan wajah lesu dikembalikan ke ruang tahanan. Yayyy!

sukses

Sukses nangkep penjahat, Bapak Kepala Polisi bilang terimakasih ke polisi cilik, Muka polisi-polisi kecil ini udah pada kecapean sih ya, tapi pas dapet terima kasih + applause dari pak bos, langsung seneng semuanya. Mission accomplished! 😀

hadiah

Sstt, Pak dan Bu polisi ga pulang dengan tangan kosong, semuanya dapat oleh-oleh minuman dan celengan dari Kidzania & Cap Kaki Tiga Anak! Larutan penyegarnya bisa diminum supaya seger lagi setelah tadi lari-lari kejer penjahat, kalau celengannya buat nabung dong! 😀

————————-

Cap Kaki Tiga Anak

 

cap kaki tiga anak

Udah pada tau Cap Kaki Tiga, kan? Larutan penyegar produksi PT Kino Indonesia ini kemasannya mudah diingat dan udah ada dari tahun 1978.

cap kaki tiga anak kemasan kaleng

Ternyata, Larutan Cap Kaki Tiga Anak adalah Minuman Pereda Panas Dalam pertama untuk anak di Indonesia, lho! Diformulasi dari bahan alami, tanpa bahan pengawet dan tanpa pemanis buatan, Larutan Cap Kaki Tiga Anak hadir dengan 4 varian rasa yang disukai anak-anak ; rasa stroberi, jeruk, leci dalam kemasan kaleng dan Plain (tawar) dalam kemasan botol. Komitmen pada kualitas dan inovasi menjadikan Larutan Cap Kaki Tiga Anak mampu memberikan produk minuman yang berkualitas dan aman bagi anak-anak.

Pasti udah sering minum Larutan Cap Kaki Tiga, kan? Nah, tau ga kalau gambar kaki yang ada di logo Cap Kaki Tiga Anak itu punya arti khusus?
Berikut artinya :

  1. Kaki yang terarah ke atas melambangkan kehidupan yang harus selalu terarah pada ajaran tentang kebenaran yang bersumber dari yang maha kuasa.
  2. Kaki yang berpijak ketanah melambangkan kerja keras yang harus dilakukan untuk mencapai sebuah kesuksesan.
  3. Kaki yang bersimpuh melambangkan kerendahan hati yang harus dimiliki setiap orang yang berakhlak mulia.

Artinya bagus banget ya. Bapak Deny Cahyo, General Manager Marketing PT KINO INDONESIA bilang, permainan Police Station di Kidzania ini sejalan banget dengan prinsip yang ada di logonya Cap Kaki Tiga, itu mengapa maka akhirnya diputuskan Cap Kaki Tiga Anak akan bekerjasama dengan Kidzania. 🙂

Buat saya sih permainannya seru banget, ga cuma lari-larian sampe capek, anak-anak juga dipaksa berpikir logis dan runut. Selain itu berperan sebagai polisi bisa bantu membentuk karakter anak sebagai pribadi yang baik, teguh pendirian, dan peduli terhadap sekitarnya. 🙂

Sayang Embun belum bisa ikutan main karena umurnya belum cukup. Tapi Police Station Kidzania – Cap Kaki Tiga Anak udah masuk list mainan kami kok. Nanti kalau umurnya sudah cukup, kami pasti main ke sana lagi.

Ada yang tertarik main ke Police Station-nya Kidzania?
Kidzania buka setiap hari, pada akhir pekan/musim liburan Kidzania akan dibagi jadi 2 shift, tetapi pada hari biasa anak-anak bisa main seharian mulai dari Kidzania dibuka sampai tutup. Harga tiketnya bervariasi tergantung usia, mulai Rp 50ribu – Rp 250ribu. Info lengkap soal Kidzania bisa dibaca di websitenya.

Nah, kalau ada yang mau tanya-tanya seputar varian produk dan manfaat Cap Kaki Tiga Anak, boleh lho tulis di kolom komentar, insya allah saya jawab. Selain tanya lewat komentar, bisa juga tanya langsung ke social medianya Cap Kaki Tiga Anak di sini :

  1. Facebook Cap Kaki Tiga Anak
  2. Twitter Cap Kaki Tiga Anak @kakitigaanak
  3. http://capkakitiga.com

/salam main-main!

Sumber Tulisan

  1. http://www.kidzania.co.id
  2. Facebook Cap Kaki Tiga Anak
  3. Twitter Cap Kaki Tiga Anak @kakitigaanak
  4. http://capkakitiga.com

28 thoughts on “Main-Main di Police Station Kidzania – Cap Kaki Tiga Anak”

    1. Sama mba, anakku juga cuma bisa ngeliatin sambil bolak-balik bilang “nanti kalau embun udah gede, mau main itu ya”

      :))

    1. Eh iya ya, jadi kepikiran bikin-bikin sesuatu dari kalengnya Cap Kaki Tiga Anak juga. Kami punya, uhmm, 5 kaleng adalah. Bisa bikin mobilan harusnya.

  1. kami sekeluarga sebulan sekali pasti main ke kidzania mba rere. anak-anak udah besar, jadi bisa main sendiri.
    nanti saya infoin ke anak2 supaya main ke police stationnya deh.
    🙂

    1. Kalo udah besar asik ya mba Veni, anak-anak ga perlu diawasi waktu mainnya.
      Mampir mba, gudibegnya lumayan tuh, abis main anak-anak bisa dapet celengan Cap Kaki Tiga Anak. 🙂

    1. Hi Mas Pratama, salam kenal. ^^
      Police Station Cap Kaki Tiga Anak ini bebas untuk perempuan atau laki-laki sih, ndak ada batasan jenis kelamin.
      Tapiii, usianya dibatasi minimal 6 tahun.

    1. Hi Mbaaa, kalau main ke Kidzanianya boleh mulai 2 tahun sih.
      Tapi kalau police stationnya, karena ada acara lari-lari kejer penjahat, mereka kasi requirement usia minimalnya 6 tahun. 🙂

    1. Pindah sini yuukk.. Hahhahaa..
      Nanti kalo udah gede, main ke jakarta trus kita kidzania bareng kakak Embun yah naakk.. ^^

    1. Sama euy. Kamipun nunggu umurnya masuk. Sementara ini main-main yang lain dulu, ada pabrik-pabrikan gitu yang bisa dimasukin mulai umur 4 tahun, ada dokter gigi juga. Untuk baking kebanyakan mulai umur 6-8 tahun.

    1. Hi Mba Dwi.
      Iyaa, di Kidzania ini permainannya banyaakkk banget. Ada polisi, pemadam kebakaran, pegawai pompa bensin, kurir, kasir, model, dll.
      Anak-anak punya banyak pilihan permainan. Di tiap-tiap pintunya akan ada info soal usia minimal, jumlah anak yang boleh masuk per putaran, dan penghasilan yang diterima/pengeluaran yang harus dibayar.

    1. Ini infonya dari website Kidzania : http://www.kidzania.co.id/index.php?catid=30&artid=77&mnid=113&menu=115
      Boleh main sendiri tapi umurnya harus udah 8 tahun.

      Apakah anak-anak bisa beraktifitas sendiri di KIDZANIA tanpa didampingi orang tua mereka?
      Ya. Anak-anak usia 8 tahun keatas bisa masuk ke arena KIDZANIA sendiri tanpa didampingi orang tua, selama ada orang dewasa yang mengantarkan mereka sampai di pintu masuk dan menjemput mereka di pintu keluar. KIDZANIA memiliki sistem keamanan terkini yang meliputi penggunaan gelang pengaman, diantara sistem pengamanan lainnya.

  2. Kidzania ini jadi salah satu pilihan saya dan keluarga buat ajak anak jalan-jalan. Besok mampir ke Police Station deh, sepertinya seru!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *