Makanan yang Baik untuk Kulit

Hai, hari ini lagi pingin bahas soal kulit. Ceritanya kulit lengan dan kaki lagi sering kerasa kering banget sekarang. Uhm, solusinya sebenernya mudah, pake pelembab atau tabir surya khusus kulit. Tapi apalah daya, saya lebih sering lupa. Apalagi kalo ke luar rumahnya buru-buru.

Trus saya jadi mikir, supaya ga terlalu bersisik, sepertinya harus dibantu dari dalem tubuh deh, pake makanan dan pola makan yang seimbang. Karena penasaran dan demi kulit yang kinclong, saya jadi browsing soal kesehatan kulit di internet dan dapet beberapa artikel yang bakalan saya rangkum di sini. Semoga bermanfaat!

Konsumsi Air Putih

Langkah pertama untuk jaga kulit supaya ga kering adalaaaahh.. Yak, kamu benar, jawabannya air putih. Coba jangan sepele sama air putih, karena si putih bening tawar itu bisa banget bantu jaga kelembaban kulit. Kalo kelembaban kulitnya rendah, nanti jadi kering dan gampang pecah-pecah. Kalo udah pecah ya, amboi banget rasanya. Saya beberapa kali ngerasain kulit pecah di tumit sama bibir, trus kalo bisa sih ga usah lagi. Perih cyinn..

Makan Sayur

Makan sayur cukup mudah buat saya. Saya suka hampir semua jenis sayuran. Sambil ngetik ini saya mikir, sayuran apa yang saya ga suka, dan belum ketemu. Kalau makan sayur, saya bisa habis sepiring sendiri.

Nutrisi dari beberapa jenis sayuran hijau dipercaya bisa bikin kulit kelihatan lebih muda, jaga kesehatan dan kesegarannya, plus usir jerawat jauh-jauh. Supaya kandungan baik dari sayur ga hilang, pastikan masak sayurnya sebentar aja.

Brokoli jadi salah satu sayuran yang direkomendasikan untuk kulit. Pas belanja, pilih brokoli yang berwarna lebih gelap karena kandungan vitamin A dan C-nya lebih banyak. Sayur lain yang juga baik untuk kulit adalah bayam! Bayam kaya vitamin, mineral, asam lemak omega-3, zat besi, kalsium, dll. Vitamin B, C, dan E, yang ada dalam bayam mampu bisa bikin kulit tampak lebih muda dan rambut jadi berkilau. *sibak rambut ala model shampoo

Makan Buah

Kenapa harus makan buah? Ya karena buah rasanya enak, dong! Hehehe, selain enak rata-rata di buah-buahan itu ada antioksidan dan vitamin yang tinggi. Antioksidannya itulah yang bantu menangkal radikal bebas untuk cegah penuaan dini di kulit kita.

Beberapa buah yang jadi rekomendasi adalah avokad. Kandungan lemak di avokad itu ga berbahaya untuk tubuh, trus ada vitamin A, vitamin C, dan serat. Buah avokad juga dipercaya punya mekanisme untuk memperbaiki kulit keriput.

Selanjutnya ada tomat. Lycopene adalah nutrisi penting dalam tomat yang ampuh mengurangi tanda-tanda penuaan. Lycopene merupakan pigmen merah yang memberi warna pada tomat. Sebagai antioksidan, lycopene membantu mencegah kerusakan arteri, sel-sel dan DNA.

Pas baca-baca artikel di internet eh ketemu informasi kalau labu kuning termasuk buah yang bagus juga buat kulit. Labu kuning itu sumber karotenoid yang bagus buat diajak perang sama radikal bebas. Kandungan vitamin A, C, dan E-nya dibutuhin banget sama kulit.  Kandungan airnya yang banyak bikin tubuh terhidrasi dengan baik.

Teh Hijau dan Kopi Hijau

Aaak, saya suka teh hijau! Biasanya beli kemasan tinggal celup di supermarket. Diminumnya cuma diseduh air panas aja, paling kalau rajin saya tambahin peresan lemon. Ga cuma enak, di teh hijau itu ada senyawa katekin yang fungsinya buat antioksidan. Katekin dalam teh hijau ini efektif juga buat ngelawan peradangan dan keganasan pada kulit. Soal perasan jeruk di teh hijau, bagus juga untuk memperlambat tercernanya kandungan nutrisi teh hijau supaya manfaatnya lebih kerasa gitu.

Saya suka green tea ga cuma dalam bentuk teh panas, tapi ketika udah jadi cemilan juga. Kit-Kat green tea, pocky green tea, es krim gentong rasa green tea, almond crispy green tea, martabak green tea, kue cubit green tea. Aaakk, semua-semua suka. Mungkin karena warnanya hijau terang menggoda gitu ya, jadi bahagia pas liat dan makannya. ^^

gambar dari sini

Nah, kalau kopi hijau saya belum pernah nyoba sama sekali. Tapi, artikel di website ini bilang kalau ekstrak biji kopi hijau, baik arabica maupun robusta punya kandungan polifenol. Dari semua yang ada di polifenol itu, asam klorogenik jadi yang terpenting. Polifenol ini punya peran melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan bantu cegah proses inflamasi dan peradangan juga.

Asam klorogenik/ekstrak biji kopi hijau ini katanya penting buat bahan aktif anti-selulit, anti penuaan, krim pengencangan kulit dan kaki. Wah, kayanya seru nih dicoba, biar kulit keliatan awet gitu. ^^

Kalau cek di wikipedia, kopi hijau itu mengacunya ke kopi yang dihasilkan dari biji kopi yang belum dipanggang. Penanaman biji kopi kan sudah terjadi sejak lampau, perkiraannya tahun 1100 M di kawasan Arab di Laut Merah. Dulu, pemanggangan belum dikenal, jadi biji kopi langsung diseduh. Hasil akhirnya berbentuk minuman yang lebih mirip teh.

Pas nyari produsen yang jualan kopi hijau, ketemulah saya dengan minuman yang pakai ekstrak kopi hijau buat campurannya. Namanya Nescafe Green Coffee Blend. Produknya dijual satu bungkus besar, isi 10 sachet. Harga normalnya sekitar Rp 18 ribuan, tapi kemarin saya mampir ke supermarket dapet harga promo Rp 15 ribu. Lumayan. ^^

Petunjuk bikinnya cuma nyuruh tuang air panas 150ml ke satu sachet Nescafe Green Coffee Blend. Tapi saya kepingin bikin yang agak beda. Es kopi kayanya enak, yah. 😀

Dua bungkus kopi tadi saya jadikan satu, lalu saya siram dengan air panas kira-kira 200 ml. Karena bubuk kopinya banyak, harus diaduk yang bener supaya ga menggumpal di dasar gelas. Kalau cek komposisi, di tiap sachet udah ada kopi, ekstrak kopi hijau, gula, dan krimer. Jadi, ga perlu ditambah apa-apa lagi, udah cukup.

Karena belum pernah, saya jadi lebay, trus coba menghidu wanginya. Waktu diaduk udah kerasa harum kopinya, tapi saya ga puas, jadi ngedeketin gelasnya ke hidung. Hahaha.

Wanginya enaakk. Aduh saya selalu suka wangi kopi! Bikin tenang, rileks, mirip parfumnya si dia. #eh.

Abis diseduh, saya tunggu sebentar sampai kopinya ga terlalu panas baru saya taruh es batu ke dalam gelas banyak-banyak. Saya suka kalau kopinya dingin banget, biar rasanya adem dari tenggorokan sampai perut. 😀

Berkat Nescafe Green Coffee Blend, rasa penasaran saya soal kopi hijau terjawab sudah. Tinggal nunggu, kali-kali ada launching cemilan kaya keripik atau biskuit yang pake esktrak kopi hijau. Hehe.

Segitu dulu dari saya hari ini. Dear Nescafe, boleh lho kalau mau ngirimin paket kopi gitu ke rumah. Saya tunggu dengan hati lapang dan berbunga. ^^

/salam sayang kulit

One thought on “Makanan yang Baik untuk Kulit”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *