Medan dalam Gelaran Pesona Lokal

Festival Pesona Lokal adalah kegembiraan pertama saya bersama kawan-kawan Netizen di Medan. Awal pindah kota, saya hanya sibuk-sibuk di rumah. Kerja berlangsung jarak jauh, ketemu teman cukup jarang. Saya yang tadinya sering sekali ke luar rumah mendadak jadi anak rumahan. 😀

Lalu datanglah undangan hore-hore dari Satya Winnie, teman sekantor pada masanya, teman jalan pada masanya, dan teman segrup wasap hingga kini. Satya dan teman-teman Adira datang dari Jakarta dan mengundang netizen setempat untuk meramaikan acara Festival Pesona Lokal di Lapangan Merdeka, Medan, 3 Agustus lalu.

Tahun lalu, Satya sempat juga mengundang hadir di event yang sama. Tapi kebetulan saya sudah punya janji. Kali ini, semuanya memang pas. Waktunya lowong, sayanya pun sudah kangen dengan keriaan.

Festival Pesona Lokal itu apa?

Jadi begini, festival ini adalah salah satu program CSR-nya Adira Finance. Acaranya ga dijalankan sendiri, tapi kerja sama juga dengan Kementerian Pariwisata (Pesona Indonesia), dan stasiun televisi nasional RCTI. Kenapa bentuknya festival? Karena niat akhirnya adalah mempromosikan potensi budaya, pariwisata, dan kearifan lokal suatu daerah.

Tema festivalnya kemarin yaitu ”Rasakan Sensasi Pesona Lokal”. Tak cuma di Medan, festival ini digelar juga di 6 kota lainnya: Bali, Surabaya, Bandung, Makassar, Yogyakarta, dan Jakarta. Medan jadi kota pembuka festival karena pada tahun lalu, kota tempat saya tinggal sekarang ini jadi pemenang predikat Kota Paling Memesona. Uhuy sekali ya. 😀

Apa yang berbeda dari tahun sebelumnya? Kalau tahun lalu bentuknya Parade Karnaval Budaya, tahun ini banyak kegiatan lain yang tak kalah seru. Ada Lomba Tari Lokal Kontemporer, Lomba Desain Motif Khas Lokal Kontemporer, Kompetisi ala Selebgram Lokal, Festival Kuliner dan Foodtruck, juga arena permainan lokal.

Saya ga ikut kegiatan lainnya sih, cuma memanjakan mata saja lihat kostum festival trus ikut joget sampai keringatan waktu Siti Badriah mengguncang panggung di akhir acara. 😀

Ini beberapa jepretan di Festival Pesona Lokal kemarin. Totalnya ada 48 grup yang ikut memamerkan kostum sambil mengelilingi area luar Lapangan Merdeka. Peserta tak cuma datang dari Sumut, tapi juga daerah lain seperti Aceh, Batam, Bengkalis, Rengat, Padang, dan Pekanbaru.

Terima kasih undangannya, Adira Finance. Sampai jumpa di lain kesempatan. ^^

/salam jalan-jalan

One thought on “Medan dalam Gelaran Pesona Lokal”

  1. Hae, Mbak Ateh…
    Apa kabar?
    Minggu lalu ngubek-ngubek tulisan lama di blog, nemu komennya Mbak Ateh waktu awal-awal saya ngeblog ^_^

    Di Medan banyak acara-acara blogger nggak, Mbak?
    Apa rasanya menjadi bagian dari warga yang mendapat predikat kota paling mempesona?

    Banyak festival-festival di berbagai kota sekarang. Semoga semakin memajukan pariwisata lokal dan menaikan pendapatan ekonomi penduduk sekitar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *