Mudik Lintas Sumatera

Saya orang Batak. Iya.
Saya ketemu jodoh di Medan. Iya.
Seru ya.. Klop ya.. 🙂

Keliatannya sih semua baik-baik aja, tapi nggak lho.. Orangtua saya adalah orang batak karo yang merantau jauhh, menyusuri jalur lintas Sumatera dari atas sampai ke ujungnya. Saya dan adik-adik sudah lahir dan besar di Lampung. 

Nasib membawa saya pulang ke kampung halaman orangtua untuk kuliah, sudah guratan takdir, saya bertemu jodoh pula di sana. Manusia yang menurut saya tampan, lahir dan besar seumur hidupnya di Medan.

Setelah kami nikah, tinggal di sekitaran Jakarta, dan musim mudik lebaran tiba, mulailah timbul masalah. Ya nggak berat-berat amat, bisalah dicarikan solusinya, cuma sekuat apapun kami berusaha, kami tidak bisa menyenangkan semuanya. Solusinya adalah, saya mudiknya mesti gantian, tahun ini ke Medan, tahun berikutnya ke Lampung. Begitu terus sampai sekarang sudah masuk tahun ke-8.

Namanya orangtua, makin ke sini makin kangen sama anak-anaknya. Maunya mereka ya kami bisa pulang kampung tiap tahun, ga ganti-gantian sebelah sana setahun dan sebelah sini setahun. Tapi, naik pesawat sekeluarga pulang pergi Jakarta-Medan ini lumayan mahal buat kami. Duh, semoga kami punya rejeki bisa mudik tiap tahun. Amin..

Kami ngerti sih, ngerti banget malah. Lha, kami juga sama rindunya seperti mereka kok. Apalagi udah punya anak, anaknya udah kenal neneknya, dan mulai suka ajak-ajak main ke rumah Nenek Medan dan Nenek Lampung. Iya, neneknya dinamain berdasarkan nama kota. 😀

Kemarin kami punya ide untuk pergi naik pesawat ke Medan dulu, baru naik bus ke Lampung. Cuma dua hari aja dan bisa pilih bus yang cukup nyaman. Tapi ga enaknya bus adalah, ga bisa berenti semau-maunya. Biasanya perjalanan Medan-Lampung itu makan waktu sekitar 48 jam, udah termasuk berhenti 2 kali sehari.

Mau yang nyaman ya pakai mobil sendiri. Tapi beli mobil kan ga kayak beli kacang goreng gitu. Musti banyak yang dipikirkan benar-benar, uang mukanya berapa, cicilan bulanannya (ini yang paling penting dipikirin) berapa, dan biaya perawatan, pajak tahunan, biaya bensinnya juga berapa.

Saya suka berangan-angan nanti punya mobil sendiri, biar kemana-mana bisa lebih gampang. Kalaupun punya mobil, saya kepinginnya mobil yang jago dibawa ngelintasin Sumatera. Hooh, pingin ngunjungin nenek-nenek pake mobil, biar pas sampai sana bisa juga sekalian bawa nenek jalan muter-muter jajan duren.

jajan duren
jajan duren

Omong-omong soal mobil, tadi pas browsing-browsing soal mobil saya nemu soal mobil murah. Iya, saya memang suka browsing-browsing barang yang dipinginin, katanya sih makin sering kita lihat, makin lantang kita ucapkan, hal yang kita mau bakal kejadian. 😀

Balik ke mobil murah tadi. Jadi tadi saya search keyword mobil murah gitu, kebawa ke halamannya mobil123.com trus nemu banner gede soal MOBIL BARU 20 JUTAAN.

mobil 20 juta?
mobil 20 juta?

Sebagai emak-emak yang pingin punya mobil, ya udahlah saya, saya klik-klik bannernya, trus nemu ini..

mobil mulai 80 jutaan
mobil mulai 80 jutaan

Jadi ini laman mobil murah semacam dibikin khusus menyambut ramadhan dan musim mudik, di websitenya itu ada pilihan mobil-mobil dengan uang muka mulai 20juta, kalau harga mobilnya mulai 80jutaan.

Ya udah deh saya jadi klik sana-sini, liat-liat iklan mobil sambil bandingin merk dan tipe mobilnya juga. Nyarinya gampang, bisa pilih beberapa hal sekaligus dalam satu pencarian, mulai dari merk-tipe-lokasi-dan terakhir harganya.

Dari harganya ini ada juga aplikasi yang bisa bikin simulasi cicilannya. Jadi ketahuan tuh tiap bulan kira-kira bakal keluar berapa sampe si mobil lunas. 🙂

Sst, ga puas dong ya kalo beli mobil ga test drive dulu. Di websitenya juga ada pilihan kalau mau test drive, cuma perlu ngeklik yang biru-biru itu aja. 🙂

test drive
test drive

Gitu aja sih pengalamannya meluncur di websitenya tadi, tinggal pengalaman beli mobil di websitenya nih yang belum. Coba yang baca ini bantuin bilang amin, supaya keinginannya Si Rere kesampean. 😀

/salam mobil

11 thoughts on “Mudik Lintas Sumatera”

  1. Aminnn….. moga kesampaian ya Re..

    Eh, aku juga punya mimpi untuk melakukan perjalanan lintas Sumatera! Dari Jakarta, nyebrang ke sumatera terus singgah di setiap provinsi, menjenguk tempat wisatanya… Lampung, Riau-kepulauan dan Batam, Pekan Baru, Padang… Medan… baru pulang ke kampung halaman di Aceh sono. Pinginnya sih bisa berlama-lama gitu…. ngak harus dikejar waktu 😀 Bilang Amin juga dong Re 😉 😀

    1. Aminn makkk..
      Aminnn….

      Perjalanan lintas darat pake mobil kalo sekeluarga memang udah ideal banget ya. Bisa mindahin lemari ke mobil, dijamin ini segala gembolan ga ada yang ketinggalan.
      Lebih nyaman pula.

      Amin lagi ahh.. 😀

  2. Amin, semoga terkabul keinginannya.

    tahun 2011 lalu aku mudik medan sekeluarga pakai mobil mak. Lewat lintas sumatera pakai mobil itu seru banget, serasa adventure. Anak-anak yang masih kecil-kecil malah kegirangan dan pengen ngulang lagi. Jadi ngumpulin recehan dulu biar bisa mudik lagi. Jadi, mudiknyayang seru justru diperjalannya, bukan di tempat tibanya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *