Naik Angkutan Umum ke Lampung

Saya punya masa-masa keemasan buat mudik, masa malas capek, maunya enak, duduk manis dan sampai di tujuan dengan bahagia. Caranya gimana? Kalau pulang kampung, ke Lampung, saya pilih angkutan yang memungkinkan kualitas tidur terjaga. Halah. 😀

Jadi, dulu, pilihannya adalah naik Damri atau naik Travel. Dua angkutan ini menyenangkan, beda fasilitas, beda harga, tapi sama-sama menjanjikan kenikmatan dalam perjalanan.

blurry
blurry pic of me

Belakangan, saya pilih pulang kampung dengan gaya proletar. Naik angkutan umum, nyambung-nyambung dan mesti ganti moda angkutan beberapa kali. Cape tentu saja, tapi lebih murah dan lebih kerasa kaya bertualang. 😀

Bedanya gimana sih, Re?
Sila disimak, yaaa..

===================

DAMRI

Angkutan umum Damri bisa diakses via Stasiun Gambir/Kemayoran. Saya biasanya naik dari Gambir, lokasi loket bus ada di tengah, antara stasiun dan parkiran. Bisa cari lokasi yang banyak bus parkir, nah di sekitar situ tempatnya.

Harga tiket Damri Jakarta (Gambir) – Lampung ada beberapa macam, tergantung kelasnya:

  • Damri Jakarta (Gambir) – Lampung, Bisnis Class: Rp 160.000
  • Damri Jakarta (Gambir) – Lampung, Executive Class: Rp 205.000
  • Damri Jakarta (Gambir) – Lampung, Royal Class: Rp 240.000

JADWAL BUS:

  • Jakarta (Gambir) – Bandar Lampung : 08.00, 10.00, 20.00, 21.00 WIB.
  • Bandar Lampung – Jakarta (Gambir) : 10.00, 21.00, 22.00 WIB

Dari 3 kelas yang tersedia itu, bedanya ada di jarak antar kursi dan ruang kaki. Bus Royal Class isinya 21 kursi dengan formasi 2-1. Naik bus ini berasa naik pesawat kelas bisnis. Kursinya empuk, selimut wangi, ada wifi, AC jreng, ada colokan, toilet, kursi pijet. Enak pokokmen!

wifi-damri

Kalau kelas eksekutif dan bisnis fasilitasnya sama aja, bedanya di ruang gerak dan kursi aja. Bisnis Class isi kursinya 24, kalau bisnis kursinya 43 biji. Untuk semua kelas, ada fasilitas snack box. Perjalanan Gambir – Lampung makan waktu sekitar 8 – 10 jam.

Pembelian tiket setau saya harus langsung, ga bisa lewat telepon. Tapi untuk tanya-tanya ketersediaan tiket bisa telepon dulu ke: 082325000102 / 082325000345

===================

TRAVEL

Moda transportasi dengan travel ini sering saya pakai kalau waktu mepet karena masih harus kerja dan malas jalan berjam-jam sebelum waktu keberangkatan.

Travel memungkinan saya duduk santai sambil laptopan di rumah, soalnya moda ini modelnya jemput ke rumah – antar ke lokasi tujuan. Mobilnya model Elf gitu, miriplah dengan travel Jakarta-Bandung.

Karena fasiltas antar-jemputnya itu, moda ini lumayan mahal, sekitar Rp 300an ribu sekali jalan. Kalau rumah ga di pusat Jakarta, (Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) ongkos tadi ditambah lagi dengan biaya bensin sekitar Rp 50an ribu.

Dari Lampung ada beberapa penyedia jasa travel, saya biasanya pakai Travel Purnagama untuk mudik. Oh iya di mobil ini ga ada colokan/wifi ya, tapi setiap penumpang dapat snack box. Perjalanan Lokasi pick up – drop off dalam kota makan waktu sekitar 8 – 10 jam.

Kontak Purnagama
Lampung – 0721-7311710, 082371756000, 081903456000
Jakarta – 021 – 34661312, 70098283, 087880001822, 085280001822.

===================

BUS – KAPAL – BUS

Moda transportasi ini paling murah, lumayan banget sampai lampung biayanya ga sampai Rp 100ribu per-orang. Buat yang doyan bertualang, ketemu teman baru, mampir nongkrong ke tempat baru, dan ga keberatan agak cape sedikit, pas banget pilih gaya traveling yang ini.

Caranya gampang:
Cukup datang ke terminal bus terdekat dari lokasi kamu berada. Kalau saya biasanya ke Terminal Kebun Nanas/Terminal Kalideres/Pool Bus Arimbi Cikokol. Di terminal tinggal cari bus jurusan Merak. Harga tiketnya bervariasi tergantung jarak, sekitar Rp 20-30ribuan per-orang.

Terlalu jauh ke terminal? Bus menuju Merak juga bisa diakses di area Kebun Jeruk, tepatnya di seberang RS. Harapan Kita. Di spot ini bisa ketemu banyak bus yang numpang lewat cari penumpang. Bisa milih mau naik ekonomi atau AC, setau saya mereka bakal lewat-lewat sampai sekitar jam 10 malam. Perjalanan menuju Merak makan waktu sekitar 2 – 2,5 jam.

Loket Tiket Pelabuhan Merak
Loket Tiket Pelabuhan Merak
Loket Tiket Pelabuhan Merak
Loket Tiket Pelabuhan Merak

Sampai di Terminal Merak, kita mesti jalan agak jauh ke area ticketing Pelabuhan Merak. Ga jauh-jauh amat, sekitar 1km aja. Jalannya bagus, lurus, terang, jadi jangan kuatir. Turun aja dari bus trus ikutin arah jalan penumpang lain. 🙂

Nanti akan ketemu beberapa box buat beli tiket. Siapin KTP plus uang tunai. Harga tiketnya Rp 13.000 untuk dewasa dan Rp 7.000 untuk anak-anak. Setelah beli tiket, menuju kapal, kita harus lewat mesin buat tap tiket. Dari situ nanti oleh petugas akan diarahkan ke dermaga yang sedang beroperasi.

Dermaga 3 Pelabuhan Bakauheni
Dermaga 3 Pelabuhan Bakauheni

Tahap selanjutnya, naik kapal.  Perjalanan dari Merak menuju Bakauheni makan waktu sekitar 2,5 – 3 jam. Dulu, saya jarang betul ketemu kapal bagus. Ya pasti ada sih yang bagus, tapi saya kebanyakan ketemu yang busuk. Belakangan kalau mudik saya cukup sering ketemu kapal yang nyaman dan bersih, AC-nya dingin, tempat sampah banyak, toiletnya layak pakai, dll. Sepertinya pelayanan publik di Indonesia makin oke. Senang. 😀

Sampai Pelabuhan Bakauheni, tinggal turun ke arah terminal bus. Di terminal akan banyak orang yang nawarin jasa travel (antar langsung ke alamat), tarifnya Rp 40ribuan. Boleh aja pakai jasa travel, tapi saya sarankan tanya ongkos yang pasti ke pak supirnya.

Saya pernah tuh udah fix di angka Rp 40ribu ke yang nawarin, eh pas turun diminta Rp 60ribu sama sopirnya. Nah lho! Jadi, sekali lagi, nego ongkos jangan mau ke calo, langsung ke sopir aja ya.

Kalau mau aman, dan ini jalan yang paling sering saya pilih, naik bus aja ke Terminal Rajabasa. Dari Terminal ini tinggal naik angkutan umum ke tujuan atau kalau udah ngerti tempat turunnya, bisa turun sebelum sampai terminal. Ongkos bus AC ke Rajabasa Rp 30ribu, perjalanan makan waktu sekitar 2 jam.

===================

Semoga informasinya bermanfaat, yes! Selamat jalan-jalan ke Lampung. Kalau lewat rumah mamak saya, tolong bilang anaknya titip cium. 😀

/salam halan-halan.

 

12 thoughts on “Naik Angkutan Umum ke Lampung”

  1. IHIIIR.. asik pertanyaanku dibikinin postingan segala..

    Kalo naik kereta sampe ke Merak udah pernah, Re?
    Jadi sebenernya kalo mau ke Lampung ngeteng angkot tuh harus sedia badan buat ngabisin waktu sekitar semalaman ya? 😐

    1. Udah pernah juga naik kereta, kayanya mesti dibikin postingan sendiri yaa. Hhahaha
      Jadi keretanya itu berangkat dari Angke ke Merak, ga berhenti di semua stasiun. Aku naik keretanya di Stasiun Serpong.

      Jadwal berangkat dari Angke: 7.10 dan 10.07 pagi. Baiknya datang lebih awal
      Jadwal berangkat dari Merak: 06.00 dan 11.18 siang. Hadir lebih awal juga, keretanya tepat waktu.

      Ongkos terakhir 8000 sekali jalan. Murah, tapi waktu tempuhnya lamaaa 5-6 jam gitu. Trus kalo jalannya wiken, kemungkinan bisa duduk manis itu susah, padat. Keretanya enak sekarang, udah ber-AC, tapi kalo rame AC-nya ga kerasa.

      Iyes, aku ke Lampung biasa jalan malam, jadi sampai sana pagi. ^^

  2. Ka yg punya postingan mau tanya dong,kalo mau ke arah universitas raden intan lampung turun nya di mana ya ka kalo naik bus arah rajabasah?

    1. Wah, deket banget tuh. Sepertinya ga ada angkutan langsung, mesti ganti 2 kali, tapi aku kurang paham naiknya apa aja. Nanya ke warung-warung di sekitaran situ deh. Maaf ga bantu, yaa

  3. ka rere mau tanya, kalo lebaran ongkos Ngeteng Bus kapal Bus naik 2 kali lipat gak ya? biasa nya jadi berapa ongkosnya?

    1. Hai Dita.
      Nggak, kok. Bus naiknya dikit, maksimal 25% kalau ga salah. Kalau tiket kapal malah seingetku ga naik sama sekali. Semoga membantu, yaa.

  4. Mbak Rere saya mau ke Lampung dari Jakarta… Boleh dong minta tips mode transfortasi nya. Soalnya masih bingung mau naik apa

  5. Mba rere, alhamdulillaaaah nemu blognya. Membantu banget. Kebetulan tgl 31 agustus saya mau plg ke metro, tapi saya galau sama tiket pesawat yg mahal, terus kalo dari gambir baik damri nanti saya ga dpt pengalaman, soalnya naik itu terus tiap plg, kan kalo ngeteng enak mba lebih murah 90/100rb. Nah yg mau saya tanya, aman ga kalo perempuan jalan sendirian? Kebetulan saya bawa laptop kantor krna harus mobile kerjaan dari rumah juga. Ditunggu mba jawabannya

    1. Hai Sarah, aman kok jalan sendirian. Aku kalau pulang juga selalu bawa laptop dll, yang penting jangan dibongkar-pake selama perjalanan supaya ga memancing perhatian. Semoga lancar perjalanan pulangnya nanti, ya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *