Nyamuk, Bahaya atau Tidak?

Semua pasti pernah ketemu nyamuk, kan? Serangga kecil yang sukanya mengisap darah ini memang menyebalkan. Hinggap, mengisap, kabur diam-diam, trus ninggalin oleh-oleh bentol kecil merah yang gatal banget di kulit. 🙁

Kalau nyamuknya cuma satu dua, ya kadang saya ga ribet-ribet banget. Ya udah gigit, anggep aja sedekah. Tapii, kalau nyamuknya udah banyak, terus bikin bentol di mana-mana, gatel di mana-mana, rasanya kok mau ngamuk. Ga bisa tidur cyin, tangan bawaannya mau garuk-garuk muluk.

Satu lagi yang saya benci dari nyamuk adalah suara dengungannya! Ampunn, itu bunyinya nguing-nguing di telinga, bikin emosi naik. Omong-omong, yang bikin suara nyebelin itu bukan mulutnya nyamuk,  tapi kepakan sayapnya. Artikel yang saya baca bilang kalau nyamuk mengepakkan sayapnya 300-600 kali per detik! Iya, kamu ga salah baca, itu hitungannya per detik. Cepet banget, ya.

Kemarin, waktu hadir di acara blogger gatheringnya HIT Expert, saya dapat beberapa fakta nyebelin lagi soal nyamuk. Selamat menikmati!

Nyamuk Ga Perlu Genangan Air untuk Bertelur

Iya, kamu ga salah baca kok! Dr Lula Kamal, narasumber gathering kemarin, bilang kalau nyamuk tuh cuma perlu air 1 cc aja buat bertelur.

foto dari RRI

Inget ga dulu ada iklan layanan masyarakat yang nyuruh buat nguras tempat yang bisa nampung air, tutup bak penampungan air, dan mengubur benda-benda yang berpotensi menampung air? Nah, iklan itu udah ga relevan lagi sekarang. Nyamuk bisa bertelur di mana-mana, ga perlu di tempat yang luas dan ga perlu air yang banyak juga.

Nyamuk Bisa Bersarang di Banyak Tempat

Dulu saya mikirnya nyamuk tuh cuma bisa bersarang di tempat yang gelap kayak gantungan baju atau rak buku. Ternyata nggak gitu, nyamuk bandel yang nyebelin ini bisa nemplok di mana-mana. Di mana-mana, terang atau gelap, di dalam atau di luar ruangan.

SUPER SEKALI…

sarang nyamuk

Semua tempat bisa dipakai nyamuk buat rebahan, leyeh-leyeh menikmati alur waktu hidupnya yang pendek itu. Iya, nyamuk jantan tuh cuma hidup kurang lebih dua minggu. Abis gede, nitipin kenang-kenangan calon bayi di perutnya nyamuk betina, dia koit deh. Nah, kalau nyamuk betina umurnya mayan panjang, bisa sampe dua bulan.

Hanya Nyamuk Betina yang Menggigit

Iya, ini adalah fakta yang bikin angguk-angguk. H anya nyamuk betina saja yang menggigit untuk mendapatkan darah. Trus mereka menggigit tuh bukan buat bermaksud buruk, cuma ya mereka butuh darah manusia (atau mamalia seperti kuda, anjing, dan kucing) untuk memproduksi telur. Tujuan yang mulia, yaa..

Nyamuk Tertarik pada Bau dan Warna Kontras

Nyamuk tertarik dan melakukan perburuannya berdasarkan bau. Bau yang membuat nyamuk sangat tertarik adalah bau keringat serta karbon dioksida. Selain bau, warna gelap untuk pakaian atau asesoris rumah juga dapat menarik perhatian nyamuk. Pakai baju berwarna cerah dan jangan lupa mandi yang bersih supaya nyamuk malas dekat-dekat sama kamu, ya.

Nyamuk Tidak Selalu Bawa Penyakit

Iya, nyamuk yang bandel itu ga selalu bawa penyakit. Dari ribuan jenis nyamuk yang ada, hanya puluhan jenis nyamuk yang dapat membawa penyakit bagi manusia. Jenis nyamuk Aedes, Anopheles, dan Culex merupakan nyamuk yang paling diwaspadai di Indonesia, karena membawa virus dan parasit yang dapat menyebabkan wabah.

Meskipun bisa jadi tidak membawa penyakit untuk tubuh, nyamuk tetap harus diwaspadai ya, khususnya buat kamu yang alergi gigitan nyamuk. Gatal yang parah bisa bikin kamu garuk-garuk dan bikin kulit luka.

foto dari alodokter

Bentol di area kulit yang digigit nyamuk kelihatannya sepele, tapi untuk beberapa orang bisa gawat dan butuh pertolongan dokter segera. Waspada, ya.

………………………..

TIPS SEMPROT NYAMUK

Cara termudah untuk melindungi diri dari gigitan nyamuk adalah, pakai bantuan obat semprot nyamuk. Tapi, cara pakai obat semprot ini harus diperhatikan benar-benar karena seaman apapun obatnya, dese tetap aja insektisida.

Ini tips buat semprat-semprot nyamuk ala dr Lula Kamal. Bu dokter pakai HIT Expert buat basmi nyamuk bandel di rumah. Bisalah tipsnya dicontoh demi kesehatan dan keamanan seluruh anggota keluarga, ya. 😀

  1. Jangan nyemprot kalau ada manusia atau binatang peliharaan di dalam ruangan. Biarpun wanginya enak, obat nyamuk bukan buat dihidu.
  2. Semprot juga tempat-tempat tersembunyi yang mungkin jadi tempat sembunyi nyamuk, misalnya kolong tempat tidur, bawah meja, dan di belakang lemari baju. Oh iya, kurang-kurangin nge-gantung baju di kamar/rumah. Gantungan baju ini besar banget kemungkinannya dipake nyamuk buat bobo-bobo cantik.
  3. Setelah nyemprot kamar, tinggalin minimal 15 menit supaya formula obat nyamuknya kerja. Kalau dr Lula katanya ninggalin kamarnya malahan sampai 1-2 jam supaya bener-bener aman.
  4. Matikan alat penyejuk ruangan (kipas angin dan air conditioner) sewaktu kamar disemprot. Nanti kalau wangi obat nyamuknya udah hilang, kamar bisa digunakan kembali.
  5. Bu dokter semprot kamar dua kali sehari, ngikutin jam aktifnya nyamuk Aedes, si pembawa bibit demam berdarah. Nyamuk Aedes aktifnya jam 8 pagi – 12 siang, istirahat sebentar, trus aktif lagi mulai jam 2 siang – 6 sore. Pas malem kamarnya udah ga disemprot lagi.

Balik lagi soal obat semprot yang bu dokter pake, HIT Expert, ya. Jadi, kemarin waktu ngobrol-ngobrol dikasitau kalau HIT Expert ini beda sama HIT yang sebelumnya. Ngikutin zaman kekinian, kebutuhan konsumen, dan kemampuan nyamuk bertahan hidup, maka dibikinlah formula baru.

HIT Expert ini formulanya lebih kecil (micro particle). Micro Particle ini bikin formula obatnya bertahan lebih lama di udara. Lalu ada inovasi yang namanya Double Nozzle. Double Nozzle bikin semprotan terbang lebih jauh. Trus jadi hemat waktu juga karena bisa semprot dua kali lebih banyak dalam satu kali pencet. Wangi HIT Expert juga baru, nih. Ada dua pilihan, citrus dan sweet flower. Saya suka dua-duanya, wanginya halus ga bikin hidung dan kepala sakit.

Kembali lagi ke judulnya, nyamuk bahaya atau nggak?
Jawabannya, BAHAYA!

Data dari World Health Organization tahun 2016 mencatat ada 725.000 orang meninggal setiap tahunnya karena penyakit yang ditularkan gigitan nyamuk (Zika, DBD, Malaria). Di Indonesia pada tahun yang sama ada 201.885 orang yang terjangkit DBD dan 1.585 orang meninggal dunia.

Yuk ah usir nyamuknya!

/salam nyamuk

 

4 thoughts on “Nyamuk, Bahaya atau Tidak?”

  1. HIT expert ini ya.. udahlah bikin nyamuk klepek-klepek matik karena kandungan insektisida-nya yang ampuh, gue juga klepek-klepek karena wanginya enak bangeeetttt dan ngga bikin sakit kepala keracunan. xD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *