Pempek Paling Enak di Tangerang Selatan

Seandainya ada reality show ala-ala survival dan pesertanya diminta pilih satu makanan buat dibawa jadi bekal, saya bakal pilih pempek. Makanan khas Palembang ini enaknya ga karuan, bikin pingin lagi dan lagi. Terus dan terus.

pempek-kapal-selam

Saya sepertinya udah mulai makan pempek dari kecil, ga ingat persisnya. Sekeluarga suka makan pempek, kakak tertua malahan jago bikin. Kalau saya, jago juga, tapi jago makan.

Meskipun tinggalnya ga di Palembang tapi di kota tetangganya, Lampung, penetrasi pempek cukup dalam. Di depan sekolah ada mamang-mamang jual pempek murahan, di kantin ada kios jual pempek murah juga, di mall banyak juga.

Di pusat keramaian Bandar Lampung, seperti pasar, lorong KING (lorong yang persis ada di depan supermarket paling hits di lampung pada zamannya), di stadion, di bambu kuning (tempat belanja baju ala tanah abang), pasti ada tukang jualan pempek. Pasti!

Keindahan pempek sempat hilang di masa kuliah. Entah kenapa di Medan ga begitu banyak yang jual pempek. Pernah saya dan pacar bermotor jauh-jauh cuma buat nyari tukang jualan pempek. Pas udah sampe, beli, icip, rasanya pun mengecewakan.

Saya ga pernah absen suka sama pempek. Setelah beres kuliah dan pindah kota, petualangan mencari pempek berlanjut di Jakarta dan sekitarnya. Di sini cukup banyak pempek enak, dan kalau mau nyari di mal suka ada yang jual. Harganya ada yang murah, ada yang premium. Belinya tergantung sama selera dan budget.

Anw, setelah sembilan tahun tinggal di sini, saya akhirnya memutuskan Pempek Palembang Musi Raya, yang jualannya di Ciputat, adalah pempek terenak di Tangerang Selatan!

tampak-depan

Ga percaya? Gapapa. Karena proses pemilihannya juga pakai model hak veto, respondennya juga cuma beberapa  teman dan keluarga. Tapi beneran, kalau suka pempek, dijamin ga nyesel beli di sini. Ikannya kerasa, cukonya kental, dan tempat jualannya bersih. 😀

penggorengan
Ini penting, minyak buat gorengnya masih keliatan bening, ga item butek.
warung-pempek
kiosnya kecil, tapi bersih dan cukup nyaman

Pempek Palembang Musi Raya, seperti layaknya kios sejenis, jual beberapa macam pempek. Ada kapal selam, lenjer, keriting, kulit. Harganya, nah harganya ini yang agak beda. Kalau di kios tenda biru tepi jalan harga pempek besar sekitar Rp 11ribu – 15ribu,  di tenda biru harganya Rp 24ribu.

Agak mahal, tapi enak.
Lebih enak dari pempek yang udah buka cabang banyak itu, lho. Beneran!

harga
daftar harga pempek musi raya

pempek keriting-lenjer-kecil kulit

Kalau pulang main dari Jakarta, Ciputat ini sebenernya ga saya lewati karena saya lebih suka naik kereta dan turun di stasiun dekat rumah. Tapi, kalau kebetulan naik bus dan lagi kepingin pempek, pasti saya mampir ke sini buat jajan.

Iyes, jajan dua puluh empat ribu. Makannya di rumah aja, biar ga beli minum lagi di sana. Hahahaha.. 😀

goreng pesenan-ogut

Ini belanjaan saya kemarin. Sengaja makannya pelan-pelan, biar khidmat. 😀

Saya suka pempek.
Kamu?

/salam kapal selam

PEMPEK PALEMBANG MUSI RAYA
Jalan Dewi Sartika, Tangerang Selatan
Satu lajur dengan Ramayana Ciputat, kalau datang dari arah Lebak Bulus, kiosnya ada setelah Ramayana. Kalau kuatir kelewatan, bisa turun di Ramayana dan jalan pelan ke arah Pamulang.

Bisa dipesan lewat telepon supaya ga kehabisan, tapi tetap harus ambil sendiri pesanannya.
PH: 083890901391

4 thoughts on “Pempek Paling Enak di Tangerang Selatan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *