Pengalaman Jual Emas di ANTAM

Pada suatu masa, enam tahun lalu, saya menjajal menabung emas. Mikirnya, sayang uangnya kalau cuma di tabungan aja. Lagian risiko uangnya habis buat jajan-sengaja atau ga sengaja-juga besar. Waktu itu saya pilih belanja emasnya online, di toko emas Empat Hati.

Empat Hati itu punyanya Widi Mulia, belinya via twitter, lanjut chat, lalu barangnya dikirim ke rumah dengan bayar biaya kurir. Kenapa beli online? Karena saya baru punya bayi dan ga sempet ke luar rumah.

Kok yakin kalau emasnya asli? Yah, untuk ini saya ga punya jawaban yang memuaskan pastinya. Saya pilih penjual dengan track record baik, waktu itu dan sampai sekarang saya ga pernah denger berita yang jelek-jelek soal Widi, jadi kenapa nggak. πŸ™‚

Setelah beli, saya sempat cari-cari save deposit box di beberapa bank, cari yang ukuran terkecil, tapi ga ketemu, penuh semua.Β  Jadi, selama ini emasnya tersimpan di rumah dan rasanya ga nyaman. Karena kurang nyaman itu, saya udah sempat beberapa kali mau jual, nawarin ke temen-temen aja, tapi belum jodoh.

Sampailah ke Januari 2018, dan di komplek sempat ada kejadian kemalingan beberapa kali. Rasa ga nyaman menjadi. Lalu, saya memutuskan untuk jual emasnya langsung ke ANTAM.

Sebelum pergi, saya sempet browsing soal tata cara penjualan emas. Referensi dari beberapa artikel bilang, pembelian dan penjualan bisa dilakukan di Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia ANTAM Pulogadung. Rasanya langsung pingin selimutan trus tidur lagi. Ngebayangin Pulogadung jauhnya ampunnn…

Trus, ada tulisan lagi yang bilang kalo di ANTAM TB Simatupang udah ada Butik Emas, bisa jual beli di sana, tapi harganya ga sebagus di Pulogadung. Saya pikir, ya udahlah datang ke yang deket aja, daripada jauh-jauh ke Pulogadung trus pulangnya harus jajan cendol, jajan bakso, jajan tongseng karena kecapean. Malah buntung nanti. (cat: belakangan saya baru tau kalau ga ada perbedaan harga antara butik emas dan unit pengolahan di Pulogadung).

butik antam

Kemarin jadi yang pertama kali buat saya masuk ke Gedung ANTAM.Β  Pas masuk mirip-mirip kantor biasa, ga terlalu banyak pengamanan juga. Di depan ada 2 satpam dan di pintu masuk butik ada satu lagi.

Butiknya ga terlalu besar, ada beberapa sofa untuk nunggu giliran. Oh iya pas masuk itu nanti dikasi nomor antrian, kalau nomornya dipanggil baru deh menghadap mbak-mbak di kasir. Nanti di kasir mbaknya akan tanya keperluan, apakah membeli atau menjual. Kalau menjual, emasnya dilihat dulu sama mereka, lalu kita diminta masuk ke ruang pemeriksaan.

Bukan orangnya yang diperiksa, tapi emas dan sertifikatnya. Periksa emasnya dengan timbangan dan cek sertifikatnya dengan alat khusus yang ngeluarin cahaya. Alatnya sama dengan alat buat cek uang asli/palsu. Kalau asli, nanti ada cahaya dan garis biru yang terbaca mesin.

Mbak di ruang periksa kemarin bilang, emas tanpa sertifikat tetap diterima di Butik Antam, cuma kena biaya potong Rp 5000/gr. Sertifikat palsu ini katanya lumayan banyak kasusnya, kebanyakan kejadiannya ke pelanggan yang beli emas di toko emas. Emasnya asli, sertifikatnya nggak.

Proses periksanya cepet, sat set sat set, selesai. Kalau udah selesai dari ruang periksa, balik lagi ke kasir untuk proses selanjutnya. Di kasir, nanti diminta KTP + NPWP. Lalu untuk pembayarannya hanya tersedia dengan transfer, prosesnya makan waktu 2-5 hari kerja.

Harga emas per 2 Februari 2018. Tidak ada perbedaan harga antara unit di Pulogadung dan di Butik Emas.
bukti jual emas, uang ditransfer ke rekening

Lanjut soal harganya, kemarin sih pas jual harganya lagi bagus, harga emas Rp640.000/gr. Tapi untuk penjualan kembali harganya ga setinggi itu, cuma Rp570.000/gr untuk emas di bawah 18gr dan Rp578.000 untuk emas di atas 18gr. Harganya beda karena pelanggan yang jual emas di atas 18gr udah kena potongan pajak 1,5persen.

Ada untungnya ga nyimpen emas sekian lama?

Ada sih, tapi ga gitu banyak
April 2012 lalu saya belinya Rp25.475.000
Februari 2018 saya jual Rp28.467.000

Kalau dihitung totalnya ada pertambahan nilai Rp2.992.000.
Kelihatan besar, ya? Tapi kalau dibagi ke gram, lumayan kecil. Sepanjang enam tahun disimpan, per gram emas naik harganya Rp59.840. Jika dibagi lagi kenaikannya cuma Rp9.973/gram/tahun.

Saya merasa kenaikan harganya ga setimpal dengan deg-degan nyimpen barangnya, sih. Sementara ini kayanya akan melewatkan investasi dengan logam mulia, pilih instrumen lain aja yang lebih kelihatan, misalnya reksadana atau deposito. πŸ™‚

Oh iya, ini penting, kemarin waktu ke sana saya cuma menghabiskan waktu sekitar 15 menit. Cepet yaaa. Butiknya buka mulai pukul 9.00-16.00 sore. Kalau mau ke sini, coba pilih waktu di bawah jam 12 siang, kata petugas butiknya baru mulai ramai di atas jam 12.

Semoga infonya bermanfaat!

PS: Pernah dengar omongan kalo uang tunai tuh susah dipegang? Yes, yes, yes, duitnya langsung kepake buat bayar cicilan dan uang sekolah! Hahahaha…

/salam jualan

126 thoughts on “Pengalaman Jual Emas di ANTAM”

    1. Sebenarnya jual di toko bisa lbh tinggi 5-10ribu per gram, coba jual ke toko emas besar atau yg biasa jual emas LM. kalo beli pun lbh murah di toko emas karena mereka sirkulasi antara emas yg dia beli dg yg dia jual, tp harus yg sudah mengerti ttg emas asli

          1. Sepengetahuan saya di melawai plaza(toko emas banyak banget disini). coba cari toko mulia gold.
            Pengalaman jual Antam @10gr press(2keping) harganya paling tinggi. Toko lain (online/offline) selisih 3.000 – 10.000/gram.

            Untuk info saja,
            Emas yang sy jual, sy beli ditokopedia (toko her**n j*****y) tanpa nota pembelian toko.
            Sy jual di mulia gold,
            sampai dilokasi pkl 14:34,
            Emas diminta untuk di cek,sekitar 1 menit.
            Metode pembayaran sy minta transfer Mandiri (mandiri &BCA bisa)
            Nota pembayaran saya terima,
            Dan taraaaa !! 5 menit kemudian dana sudah masuk ke rekening (Cek mandiri online)

            Semoga bermanfaat.

  1. Antamku ada yang dibeli taun 2012 klo dijual masoh segitu segitu aja ya. Kirain bakal tinggi banget hehe..

    Mbak, itu yg tanda tangan Dwi Sasono artis, suaminya Widi AB Three? Baru tau mereka punya toko emas πŸ˜€

  2. Trend kenaikan harga emas sejak 2014 hingga sekarang memang boleh dibilang blm mnguntungkan, jd jgn dijual dulu…lbh baik digadai saja

  3. info berguna ini Re. thanks for sharing.
    bener juga ya, kalo tempat tinggal suka ada kemalingan, nyimpen emas jadi ketar-ketir. kalo simpan di brankas di bank, kemahalan biayanya kah? (kalo ga salah sih bisa ya?)

    1. Adaaa, tapi kalau didasarkan perhitungan, kenaikannya ga bisa nutup biaya sewa. Mungkin kalau emasnya lebih banyak akan seimbang ya.

  4. dulu saya bingung kok sertifikat emas batangan cma kertas tok, ngak meyakinkan bgt perasaan wkkwkw.. tp ternyata kertasnya bisa nyala hahah..

          1. Saya baca agak bingung mbak rere,
            Antara jawaban mbak rere ke Sdr Harits dan Sdr. Ferdi menurut saya bertolak belakang, atau saya salah mengartikan?
            Mohon “pencerahannya”
            Terimakasih. …
            =================================
            Harits
            JULY 17, 2018 AT 7:27 PM
            Apa perlu nota pembelian saat menjual emas?

            REPLY
            rere
            JULY 18, 2018 AT 9:13 AM
            Perlu, kalau ga ada nota pembeliannya harga emas akan dikurangi Rp5000 per gram.

            REPLY
            Ferdi
            OCTOBER 9, 2018 AT 11:03 AM
            nota pembelian dari toko pas kita beli atau sertifikat dari antam nya mbak?

            REPLY
            rere
            OCTOBER 9, 2018 AT 11:07 AM
            Nota pembelian tidak diperlukan. Sepanjang sudah ada sertifikat emas asli, sudah cukup.

          2. Hai Mba, mohon maaf ini keliruu aku jawabnya.

            Nota pembelian tidak diperlukan, asal ada sertifikat udah cukup.
            Kalau ga ada sertifikat, harga emas dikurangi Rp5000/gram

            Aku edit ya jawaban di komen yang lain, supaya ga bingung. πŸ™‚

  5. Emas emang prinsipnya gak akan membuatmu makin kaya, tapi akan menjagamu “tetap” kaya. Karena kalau menabung dengan uang, lama kelamaan akan tergerus dengan inflasi.

  6. Saya juga baru pertama kali jual emas diantam sudah lewat 5 hari tapi uangnya belum ditransfer rabu minggu kemarin ketemu lagi rabu tapi belum ditransfer..kenapa yah belum ditransfer soalnya blm ada pengalaman jual rmas diantam.

  7. Klo untuk logam mulia seperti platinum dan tanpa sertifikat apakah bisa dijual di Antam mba.rere.?
    Atau khusus emas saja.?
    Mohon info ya
    Terima kasih

  8. Wah, saya setuju dengan Bu Rere atas artikel ulasan tentang Logam Mulia (LM) PT. Aneka Tambang ini. Memang kalau waktu jual dan beli nya tidak tepat, bisa jadi nilai investasi kita lebih besar di deposito atau instrument finansial lain nya. Namun pernah juga ada orang bisa untung 30% dalam 3 bulan, dulu itu waktu emas dari harga 250rb/gr menjadi 340rb/gr. Tapi ini memang tidak sering terjadi. Apabila momen dan timing nya tidak tepat, bisa jadi malah bisa rugi.

  9. Sy kan baru mulai investasi emas, menurut Anda beli emas antam atau UBS? Klo antam ada nawarin Dipegadaian yg tahun 2017 sama 2011 sama2 diksh harga 600 per gram nya, apa tdk mahal? Sy bingung cara belinya 😭

    1. Emas yang saya beli sertifikatnya UBS, saya jual di ANTAM.
      Saya kurang paham mana yang lebih menguntungkan.
      Belinya bisa langsung ke gerai/pegadaian setau saya. Dulu saya belinya online. πŸ˜€

    1. Ada perbedaan tarif pajak untuk konsumen yang memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Bila memiliki NPWP maka dikenakan pajak 0,45%. Sementara yang tidak, akan dipungut pajak 0,9%.

  10. Karena Uang kadang disebut pencairan dana, jadi ya mudah menguap wkwkwk. Sebenarnya di Antam juga ada brankas, mirip deposit dalam bentuk emas, sewaktu-waktu bisa di emaskan, (kita ga lihat wujudnya, hanya berupa data gram emas yg kita simpan) tapi ya gitu deh, ada biaya tambahan untuk sewa brankasnya. Kadang cara ini lebih dianggap aman dibanding menyimpan emas sendiri.

  11. Saya rencana mau jual, tapi saya hitung harga beli Antam hanya +/- 90% dari harga pasar, kalau saya baca di beberapa article harga jual kembali (buy back) sekitar 95%?

  12. Mbak mau tanya, kalau mbak kemarin pas jual ditransfer uangnya setelah berapa hari? Ini sy ada rencana jual tp butuh uangnya cepat.. kalau nunggu 2-5 hari agak lama juga ya.. apa mending jual di toko emas biasa saja ya?

  13. itu potongannya nyampe 10% an dong? bukan 1,5%?

    kutip:
    Lanjut soal harganya, kemarin sih pas jual harganya lagi bagus, harga emas Rp640.000/gr. Tapi untuk penjualan kembali harganya ga setinggi itu, cuma Rp570.000/gr untuk emas di bawah 18gr dan Rp578.000 untuk emas di atas 18gr. Harganya beda karena pelanggan yang jual emas di atas 18gr udah kena potongan pajak 1,5persen.

    1. Harga jual dan beli itu yang menentukan nilainya langsung ANTAM
      Kalau perbedaan harga, yang di atas 18gr dapet lebih tinggi karena nantinya dia AKAN KENA PAJAK LAGI 1,5%
      Di bawah 18% ga kena pajak.

    2. Kak ini saya ngga paham-paham juga..
      Jadi mending beli emas yg dibawah 18 gram aja atau diatas 18 gram supaya potongannya gak banyak2?

      Atau secara uang yg dipotong sama aja nilainya?

      1. Menurut saja jatuhnya sama saja Mas.
        Di bawah 18gr harga lebih rendah tapi tidak kena pajak
        Di atas 18gr dapat harga lebih tinggi tapi dipotong pajak.

  14. Nah iya saya juga baca artikel kaya gt dan skrg saya lagi membuktikan harga jual di pegadaian lebih tinggi atau engga dari antamnya

    1. Kalau emasnya cukup banyak, sepertinya simpan di brankas lebih oke tuh.
      Saya jual karena ga punya tempat nyimpen emas yang proper di rumah.

  15. nice info ka, makasih udah share, lagi nimbang-nimbang mau jual dimana, hehe. ka, kalau misal kita punya 1gr 10 pcs lalu mau di tuker ke yg 10gr itu proses nya gimana ya di antam ? langsung tuker aja atau jual dulu lalu beli yg 10gr ?

  16. Mbak mau tanya, kalau jual di toko emas/perhiasan, nyerahin faktur pembeliannya juga (waktu beli), atau cukup sertifikatnya aja?

  17. Mbak mau tanya, untuk menjual emas antam ke toko, apakah perlu menyerahkan faktur pembelian awal dari antam, atau hanya perlu logam mulia & sertifikatnya saja, lalu dikuitansikan sendiri sesuai harga kesepakatan?

  18. Waaah infonya bermanfaat.. Tp saya jual emas batangan dibawah 5gram ditoko surya indah pasarminggu bagus lumayan lah nego sm kokonya baik bgt

  19. Hai, Kak… Mau tanya, mungkin bisa kasih saran unt saya Kak
    Ketika sy hendak membeli di toko mas, pramuniaga di toko tsb menyebutkan bahwa potongan dan harga jual emas batangan lebih tinggi dibanding yg sudah jadi perhiasan
    Namun ketika sy iseng tanya pura2 mau jual, mereka bilang potongan nya smp 40 persen
    Tadinya mau beli lagi jd sy uringkan niat sy
    Sbnrnya tips n trik ketika hendak membeli emas batangan itu gmn ya kak

    1. Hai Mba Esti, mohon maaf saya ga bisa kasi saran untuk ini.
      Seingat saya memang ada potongan harga untuk jual lagi emasnya, tapi harusnya sih ga banyak ya.
      Kalau sampai 40% mungkin sebaiknya Mba jual langsung ke ANTAM saja.

  20. Kalo menurut org yg sering bahas emas juga.
    Emas bukan untuk nambah kekayaan.

    Tapi sebagai penyimpan kekayaan.

    Tepatnya. Klo kita nyimpen uang.
    Harga uang setiap tahun menurun karena inflasi.
    Tpi klo emas aman.

    Ya emng dr penyimpanan berasa susah.

  21. mbak, sy rencananya mulai bulan depan mau beli emas antam, tapi belinya 1gr/bulan, karena saya masih belajar nabung, dan masih kuliah sambil kerja juga dr pada uangnya habis pakai jajan jadi sy mau coba beli setiap bulan/1 gram mbak

    nanti kalau di jual apakah akan menguntungkan atau merugikan ya mbak?
    karena kan bentuknya 1 gram-an gitu semuanya…

    1. Hai, sebenarnya beli instrumen investasi itu ga bakal rugi sih.
      Yang harus dipikirkan tempat nyimpennya. Kalau biaya nyimpennya lebih tinggi dari pertambahan nilainya, bisa dibilang rugi.

  22. bulan lalu saya sengaja jalan-jalan ke toko emas di kota saya. saya tanya2 ada gak emas buat inverstasi, dan diperlihatkan lah saya emas kepingan, seperti foto yang di atas. katanya bisa dijual kembali.

    tapi sampai sekarang saya belum beli-beli. masih ragu.

    kebetulan nemu tulisan ini.

    mau nanya, mba kalo di antam apa bisa kita membeli emas di sana juga? emas yang dalam bentuk kepingan buat inverstasi gitu. bisa gak? makasih sbelumnya.

  23. mbak, saya mau tanya, lebih baik membeli emas per1 gram, atau sekalian yg gramnya besar ya ?

    trus saya mau tanya juga kalo beli dan jual itu harus ada NPWP ya ?
    kalo ga ada bisa ga?

    1. Kalau di toko emas saya kurang paham.
      Tapi kalau di ANTAM untuk jual iya pakai NPWP, kalau beli kurang tau juga.

      Beli emas sesuai kemampuan aja, semestinya sih sama aja kalau dibandingkan.

  24. Ka saya pernah beli LM di toko emas biasa.apakah saya bisa jual di Antamnya langsung.dan kira kira kena potongan harganya berapa ya ka..

    1. Antam Office Building
      Alamat: Lingkar Selatan, Jl. TB Simatupang No.1, RT.10/RW.4, Tj. Bar., Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530

  25. mbak
    jadi harga beli emas di Butik Simatupang dg di Pulogadung, sama ya ..

    saya malah dapat info jangan beli di butik tapi langsung di Antam Pulogadung

    mohon infonya ya ,

    tks mbak

      1. Kak setelah baca tulisan kakak saya jdi pengen coba, setah saya coba cek harga di market place seperti BL dan TOKOPED, harganya jauh beda antara 50rbu-200rb, tergantung lapak yg jual, jadi kesannya kayak beli barang elektronik beda lapak beda harga, gak sesuai dengan harga mas sebenarnya. Apakah masih masuk akal untuk di jadi kan invest kak, karna di tempat saya gak ada cabang pt antam.

        1. Aku belum pernah coba, jadi tidak bisa merekomendasikan.
          Di kolom komen ada juga pengalaman dari Pak Nur. Mungkin bisa jadi referensi sebelum membeli.
          Semoga bermanfaat ya.

        2. Sy bantu jawab ya, sy juga beli di tokped dan Alhamdulillah aman. Kl mau lbh and lagi cari toko IndoGold itu toko yg sudah kerjasama dgn tokped utk jual emas batangan, tp yaaa harganya bisa selisih 50ribuan dgn toko lain. Toko lain juga liat reputasi dan pengiriman nya juga. Kl bagus sy yakin dia bagus dan liat pengirimannya sdh brp byk.

  26. Setelah membaca tulisan kak rerr saya jdi pengen coba, saya coba cari di market place seperti di BL dan TOKOPED, tapi harganya jauh lebih mahal antara 50rbu -200rbu, beda lapak beda harga, jafi kayak barang elektronik tidak mengikuti harga mas sebenarnya, kira2 apa masih masuk akal ya , kalau di jadikan invest beli di lapak2 market place. Kak rere

  27. Klo mau beli emas antam online di buk4lap*k atau tok*pedi4, liat lapaknya dlu, cari yg ulasan pembelinya sdh banyak, terus cari yg di tokonya pengirimannya sdh ada ojek onlinenya jg,. Beli di online jg lumayan untungnya krn ada voucher cashback yg diberikan t0k*pedia atau buk4lap*k bisa ratusan ribu. Terakhir saya beli emas di tokonya Tosline shop bukalap*k, dan ga ketipu barang sampai dgn selamat, dan dpt cashback jg dgn masukin kode voucher saat beli di bukalap*k.

  28. Maaf mau tanya… Antam kan cetaknya dari tahun ke tahun. Nah tahun mana yg bagus yg lebih lama atau lebih baru… Karena banyak orang bertanya tahun berapa sebelum membeli..

    1. Kalo dari artikel yang pernah saya baca sebenarnya tidak ada perbedaan harga jual mas dari tahun lama dan yang baru.
      Hanya kalo dijual di toko mas biasa,yang baru memang agak tinggi harganya, akibat permintaan pasar yang selalu beli minta edisi baru. ( kan emas yang kita jual bakalan di jual lagi sama pihak toko mas)
      Dan edisi lama harganya lebih murah dibelinya, karena biasanya toko mas menjual kembali dengan harga juga rendah agar cepat laku, agar tidak melalui proses peleburan untuk dijadikan baru ( yang tentunya makan biaya lagi).
      Tapi kalo jual di antamnya sendiri, harga sama saja, mau edisi lama maupun baru, harga jual kembali disesuaikan dengan harga yang ditentukan.

    2. Kalo dari artikel yang pernah saya baca sebenarnya tidak ada perbedaan harga jual mas dari tahun lama dan yang baru.
      Hanya kalo dijual di toko mas biasa,yang baru memang agak tinggi harganya, akibat permintaan pasar yang selalu beli minta edisi baru. ( kan emas yang kita jual bakalan di jual lagi sama pihak toko mas)
      Dan edisi lama harganya lebih murah dibelinya, karena biasanya toko mas menjual kembali dengan harga juga rendah agar cepat laku, agar tidak melalui proses peleburan untuk dijadikan baru ( yang tentunya makan biaya lagi).
      Tapi kalo jual di antamnya sendiri, harga sama saja, tidak ada perbedaan antara emas edisi lama dan baru.

  29. Numpang tanya donk, aku ada batangan press 2018 dan Press 2019. Itukan langsung press sm sertifikat ya? Apa perlu nota pembelian, cz aku beli OL dan ga minta dibuatkan nota.

    1. masalah nota gk wajib hukumnya,soalnya yg terpenting emas antam adalah sertifikatnya. Apalagi produck thn 2018 dan 2019 Emasnya sudah menyatu dengan sertifikat,jadi gk masalah meskipun pembelian tanpa nota.matur nuwun

  30. Mau tanya mba kmrn” ini saya membeli mas antam di pegadaian tp sya tidak cetak sertifikat apakah klo di jual kena ptongan 5.000/gr

  31. om kok pph y gede amat om. 1.5 %
    apa mungkin ini yg ngebedain antara jual di antam sama di toko emas biasa ???

  32. wah kenaikannya sekitar 9k/gr/tahun, kecil juga ya mbak, benet sih dibandingkan deg degan nyimpannya. tp beli emas bisa jadi solusi bagi yang susah nyimpan uang tunai.
    btw, makasih sharingnya

Leave a Reply to Windah Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *