Review: Pesona Jogja, Homestay Murah dengan Fasilitas Berlimpah

Hai-hai, ada yang sudah pernah menginap di Pesona Jogja Homestay? Homestay yang satu ini letaknya agak masuk ke dalam perumahan, tapi jangan khawatir karena posisinya tetap di tengah kota Yogyakarta, kok. Untuk mengakses lokasi, pergi dan pulang, saya selalu pakai ojek online. ^^

Penginapannya itu mirip-mirip rumah pribadi di perumahan model cluster. Total ada 6 rumah yang saling berhadapan. Di tiap rumahnya ada 3 kamar. Mau sewa satu kamar boleh, sewa satu rumah buat rame-rame juga bisa. Disesuaikan saja, tergantung dengan kebutuhannya.

Karena kemarin menginap di Pesona Jogja pas banget peak season, saya ga punya pilihan kamar, dapatnya di rumah yang bagian depannya dipakai untuk menerima tamu. Belakangan saya malah bersyukur dapat kamar di situ karena setiap buka pintu kamar bisa ketemu mba/mas yang jaga homestay. Lumayan, ada temen ngobrol. *nasib liburan sendirian. Hahaha.

ini bagian depan kantornya, kamar saya di sebelah kanan

Ini kamar yang saya inepin kemarin. Ada dua tipe kamar di Pesona Jogja, Executive dan Deluxe. Kamar yang saya tempati ini tipenya deluxe. Fasilitas untuk kedua tipe kamar sama aja, bedanya untuk deluxe kamar mandinya ada di dalam kamar, sedangkan untuk tipe executive kamar mandinya model sharing dan ditempatkan di luar kamar.

Meskipun modelnya homestay dan rate yang ditawarkan cukup murah, fasilitas Pesona Jogja lumayan banget lengkapnya. Kemarin saya dapat handuk, sikat gigi, trus di kamar mandinya disediain sabun dan shampoo model pencet. Kalau nginep di sini tinggal bawa badan sama baju ganti aja. Asyik, yah. ^^

Makin asyik lagi karena sarapannya udah termasuk ke biaya menginap! Sekali lagi, meskipun murah, sarapan yang disediakan ga lantas asal-asalan. Hari pertama, karena cuma ada sedikit tamu, malah saya ditanya mau lontong sayur, nasi uduk, sama satu menu pilhan lagi, tapi saya lupa namanya. Nah, di hari kedua, karena penginapan penuh, sarapannya disajikan ala buffet.

menu utama: lontong sayur
jajanan pasar, ada lupissss
jajan pasar (lagi)
halaman disulap jadi tempat sarapan
free flow teh dan kopi

Kamarnya enak, nyaman, bersih, wangi. Sarapannya enak, bikin kenyang mata dan perut. Apa lagi sih enaknya tinggal di homestay?

Ini lho, kalau milih penginapan ala homestay, tamunya bisa numpang masak, bisa bikin minum, bisa pake alat dapur segambreng, dan bisa numpang nyimpen makanan di kulkas! Jadi, kalau punya bahan masakan dan tengah malem kelaperan ga perlu jajan ke luar penginapan. Tinggal ke dapur aja teng-tong-teng-tong sebentar, jadi deh!

dapur boleh dipakai sepuasnya
ruang santai buat leyeh-leyeh
ada sofa bed!

Kalau liburan dalam grup besar, lebih dari 4 orang, nginep di Pesona Jogja tuh enak banget karena ada ruang bersama yang bisa dipakai rame-rame. Jadinya kalau perlu ngumpul bareng ga perlu nongkrong di salah satu kamar. Lagian risih juga kan kalau yang empunya kamar mau ganti baju atau beresin daleman. #eh

Ini informasi yang lumayan penting buat temen-temen yang liburannya nyewa kendaraan atau bawa kendaraan sendiri. Area parkiran Pesona Jogja ini cukup luas buat nampung beberapa mobil sekaligus, jadi silakan kalau mau bawa kendaraan, ga usah ragu.

gerbang depan
area parkir

Lumayan luas, kaaann… Nah, si halaman depan aka area parkir ini sering dipakai juga buat acara-acara kecil berkelompok dari tamu rombongan. Kebanyakan sih acara makan bareng. Makanannya boleh nyiapin sendiri atau minta ke pengelola homestay untuk bantu urus. Bebas!

Gimana, oke kan? Saya rekomendasikan Pesona Jogja untuk teman-teman yang mau cari penginapan dengan rate mulai Rp 200an ribu semalam di Yogyakarta. Selamat berlibur!

/salam bobo cantik

Postingan lain soal penginapan di Jogja:
1. OMAHDJOKDJA: http://atemalem.com/review-omahdjokdja-tempat-menginap-nyaman-untuk-keluarga/
2. RAINTREE: http://atemalem.com/review-raintree-serasa-tinggal-di-rumah-mewah/
3. BHUMI HOSTEL: http://atemalem.com/delapan-malam-di-bhumi/
4. HOUSE OF NASI BUNGKUS: http://atemalem.com/nasi-bungkus-hostel-rasa-rumah/
5. PESONA JOGJA: http://atemalem.com/pesona-jogja-homestay/
6. SASONO PUTRO: http://atemalem.com/review-sasono-putro-guest-house-yogyakarta/

Pesona Jogja Homestay

Gang Pandu No. 484, Tahunan, Umbulharjo, 
Tahunan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, 
Daerah Istimewa Yogyakarta 55167
(0274) 2872723 – 081226948552

Website: pesonajogja-homestay.com
Instagram : @pesonajogja_homestay
Twitter : @pesonajogja484
Facebook: Pesona Jogja Homestay
Penginapan ini bisa dipesan via traveloka dan pegi-pegi.

13 thoughts on “Review: Pesona Jogja, Homestay Murah dengan Fasilitas Berlimpah”

  1. Ihiy, asyik ya Re, nyoba macam-macam penginapan.
    Gue malah kadang-kadang pergi ke suatu destinasi karena tertarik nginep di penginapannya, entah itu hotel, resort, homestay, atau apalah :))

    1. Akuu juga, pernah ke satu tempat cuma buat nginep, terus pulang.
      Sampe di lokasi ya beneran nginep doang, ga ke luar. Eh ke luar bentar, tapi cuma buat cari makan.

    1. Bener! Seru juga kalo serombongan sama temen-temen, cem reuni gitu. Bisa ngakak sampe pagi, pijamas party, masak-masak. Seru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *