Pilih-Pilih Sekolah di Sunlife Edufair

Saya tahu persis rasanya kelimpungan cari sekolah anak. Tiga tahun lalu, waktu usianya Embun hampir 4 tahun, saya udah keliling ke beberapa sekolahan yang ada di dekat rumah. Saya ajak Embun juga untuk lihat-lihat lokasi sekolahnya.

arena bermain di Sunlife Edufair

Kenapa bawa Embun?
Karena saya percaya, kalau Embun klik dengan sekolahnya dari awal, proses belajarnya bakal berlangsung nyaman dan lancar. Karena sekolah itu bakalan lamaaa, kami menyediakan waktu khusus untuk main ke calon sekolahan. Ga mau buru-buru, dan harus nyempetin juga muter-muter lihat fasilitas.

Menu utama kalau main-main ke sekolah adalah, mampir ke kantor penyelenggara sekolah untuk minta brosur dan informasi biaya. Hahaha, iya, untuk sekolah saya mesti pikir betul-betul biayanya. Saya ga mau nanti di depannya bisa bayar, terus berikutnya kelimpungan mikir bayar SPP. Harus direncanakan betul-betul kesiapan anak dan kesiapan emaknya. šŸ˜€

Akhir pekan kemarin, saya diundang datang ke Sunlife Edufair 2017. Seperti judulnya, acaranya adalah pameran pendidikan dari beberapa sekolah unggulan di Jabodetabek. Total, di pameran kemarin ada 20 sekolah formal dan 5 sekolah non-formal. Ini semacam surga buat orang tua yang lagi cari sekolahan buat anak.

Di pameran, orang tua bisa mampir ke booth sekolah, tanya-tanya kurikulum, fasilitas, ekstrakurikuler, dan biaya! Iya, kita bisa tanya biayanya langsung di lokasi, ga harus mampir ke sekolah masing-masing untuk tahu informasi detilnya.

Sepanjang event 20-22 Oktober 2017 kemarin, di panggung utama juga ada brighter class session yang isinya perkenalan dari sekolah-sekolah yang berpartisipasi, ada talkhow soal pendidikan, parenting, keuangan, dan ada juga pertunjukan dari peserta kompetisi brighter talent.

Sepanjang acara, ada juga kakak-kakak finansial advisor yang siap kasi informasi dan saran soal perencanaan biaya pendidikan anak. Kemarin saya sempat ngobrol-ngobrol sama salah satu finansial advisornya dan lumayan kaget pas tahu perkiraan biaya pendidikan yang diperlukan untuk Embun masuk kuliah nanti. Kalau ga direncanain bener-bener dari sekarang, entah biaya sekolahnya nanti dapat dari mana. šŸ™

booth sekolah
booth sekolah

Acaranya memang sudah selesai, tapi informasi soal sekolah-sekolah yang ikutan pameran kemarin tetap bisa kita akses lewat website brightedu.co ini. Kemarin saya udah sempat kulik-kulik websitenya dan ternyata cukup lengkap, lho!

halaman depan website brightedu.co

Karena rumah saya di Tangerang Selatan, saya dapat rekomendasi untuk membandingkan dua sekolah ini, Jakarta Multicultural School dan Homeschooling Kak Seto.

Ngomong-ngomong soal homeschooling, dulu saya punya niat luar biasa luhur untuk menyelenggarakan homeschooling buat Embun. Tapi lama kelamaan niat saya pupus, gentar sebelum berperang. Saya punya banyak kekhawatiran dan kurang informasi. *sigh. Sekarang ini, penyelenggara homeschooling udah banyak, komunitasnya pun banyak. Kalau lihat postingan teman-teman yang anaknya homeshooling rasanya senang karena pilihan kegiatannya, baik sendiri maupun kelompok, makin menyenangkan dan beragam.

Kita bisa lihat fasilitas yang ada apa aja, ekstrakurikulernya apa aja, dan biaya pendidikannya berapa untuk tiap sekolah. Ga perlu repot-repot browsing terpisah, bisa dapat informasi lengkapnya di satu website aja.

Pencarian ulang saya lakukan untuk kategori sekolah di Jakarta Selatan. Untuk kota ini, rekomendasi sekolah yang dibandingkan lebih banyak. Seruu.. ^^

Sebagai pelengkap, website brightedu juga dilengkapi artikel seputar tumbuh kembang, keuangan, tips memilih sekolah, dll. Artikel-artikel di websitenya sungguhlah amat berguna untuk orang tua yang sedang merencanakan program pendidikan anak.

Sementara ini sekolah-sekolah yang ada di website memang masih terbatas di Jabodetabek. Semoga nantinya jumlah sekolahnya terus bertambah supaya orang tua punya tambahan referensi dan sumber informasi.

Terima kasih undangannya, Sunlife! Senang kemarin bisa mampir ke eventnya. ^^

/salam sekolahan

25 thoughts on “Pilih-Pilih Sekolah di Sunlife Edufair”

  1. Emak sama anak memang mesti klik dengan sekolah yang bakal di jalani anak. Soal biaya oo tentu juga mesti klik yekan.

    Bright Education nya membantu sangat ya bisa compair sekolah, bisa hitung biayanya, juga bisa lihat track record sekolahnya.

  2. Fitur di websitenya juga banyak ya mba, hampir sama kaya yg ada di edufairnya. Jadi yang gak bisa dateng ke edufair kemarin, tinggal mampir aja ke webnya bright edu itu yaaa.

  3. Penting banget niy untuk anak-anak aku sekolah nanti tapi harga sekolah memang semakin melambung tinggi yah. Semoga kita sebagai orang tua mampu menyekolahkan di sekolah yang terbaik amin…

  4. Embun .. nama yang indah untuk sebuah nama. Btw, inflasi di Indonesia terkenal ‘ajib’ apalagi di dunia pendidikan. Kalo gak dipersiapkan sejak dini, bisa bikin bangkrut mendadak šŸ˜‚

  5. Acaranya keren dan komplit ada website-nya. Di Malang belum ada acara pameran pendidikan gini, kalau ada pasti membantu banget para ortu yang lagi cari sekolahan untuk anak2nya.

  6. waaa biar event sudah selesai tapi ada webnya yang mnejelaskan ina itu soal pendidikan. trims mbak rere buat infonya. aku nggak datang ke acaranya tapi baca tulisna mbak Rere tau yang ketinggalananya šŸ˜€

  7. Iya yaa.. biasanya menjelang mendaftarkan sekolah anak, kita suka koleksi brosur setumpuk. Tapi tetep mumet juga milih yang mana… Enak kalau semua bisa diselesaikan dg teknologi.

  8. Untunglah, ada event yang bisa memudahkan orang tua untuk memilihsekolah formal dan nonformal yang sesuai untuk anaknya.

    Event sudah selesai pun bisa diihat di website. Terima kasih, mbak.

  9. Merencanakan sekolah anak memang penting bgt, selain program pembelajaran yg hrus diperhatikan biaya serta lingkungan jg hrus diprediksi.
    Sunlife edufair ini membantu bgt buat para orgtua yg btuh info y ttg sekolah2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *