PILIHAN INVESTASI MULAI Rp100.000

Investasi, untuk pemula, mungkin terdengar menakutkan. Dulu, waktu pertama kali mulai, hati saya langsung menolak. “Wah, investasi? Untuk kebutuhan sehari-hari saja sudah ketat, kalau ada sisa ya dipakai buat menabung sedikit.” Pikiran “manalah ada uang yang bisa disisihkan buat investasi” itu yang membuat saya terus menunda mencoba.

Sisa uang saya hampir semua disimpan di tabungan. Masalahnya bunga tabungan yang satu persen per tahun, tentu akan kalah dengan inflasi. Nilai uang lama-lama semakin rendah, tapi kebutuhan semakin meningkat.

Setelah sempat mencari tahu dari beberapa teman yang lebih dulu mencoba instrumen investasi, saya akhirnya melangkahkan kaki dan memantapkan niat. Dengan sungguh-sungguh dan sadar, saya menyerahkan uang untuk mencari nasibnya sendiri.

Berapa banyak yang diinvestasikan?
Dari gaji bulanan Rp1.500.000 pada 2006, setelah dipotong uang kost, biaya transport, biaya hura-hura, dan biaya makan, saya bisa menyisihkan sekitar Rp200.000 – Rp300.000 tiap bulannya.

Jenis investasi apa yang bisa dipilih kalau uangnya cuma sedikit?
Nah, ini info pentingnya. Sekarang ini cukup banyak pilihan investasi untuk pemula. Nilai investasi awalnya juga ringan, mulai Rp100.000-an saja.

Berikut ini beberapa jenis investasi dengan modal minim yang pernah saya coba:

REKSA DANA

Reksa dana ini tempatnya orang-orang mengumpulkan uang. Nah, uang yang sudah terkumpul tadi kemudian diinvestasikan oleh manajer investasi. Siapa manajer investasinya? Ada banyak! Sebelum menyerahkan uang, penting sekali untuk cari tahu manajer investasi yang kerjanya oke dan mampu bikin uang berkembang.

Oleh manajer investasi, uang masyarakat tadi diinvestasikan ke beberapa pilihan instrumen seperti saham, obligasi, atau deposito. Satu manajer investasi biasanya punya banyak produk untuk dipilih. Produk-produk ini disesuaikan dengan jenis nasabah, apakah mampu mengambil risiko rendah, sedang, atau tinggi.

Reksa dana merupakan instrumen investasi yang terdaftar dan diawasi oleh OJK, serta manajer investasi yang mengelolanya juga terdaftar dan diawasi oleh OJK. Hingga saat ini saya sudah 12 tahun membeli Reksa Dana dan aman-aman saja. Yang perlu diperhatikan adalah perkembangan dananya. Saya sempat membeli 5 produk Reksa Dana, tapi sekarang tinggal 3 saja karena yang lain tidak terlalu oke hasilnya.

Reksa Dana bisa dibeli model autodebet bulanan mulai Rp100.000/produk, atau membeli lepasan dengan nilai yang bisa disesuaikan dengan keinginan.

EMAS

Jika membeli emasnya di toko emas langsung, biaya investasinya sekitar Rp500an ribu untuk tiap gram. Tapi tenang saja karena sekarang sudah banyak lembaga yang memfasilitasi investasi emas dengan modal minim. Model investasinya semacam cicilan, nilainya mulai puluhan ribu hingga ratusan ribu sekali setor.

Salah satu tempat cicil yang pernah kami coba adalah Pegadaian. Bagi pembeli personal, ada dua produk tabungan emas yang bisa dicoba, Mulia Personal dan Emasku.

Pilihan investasi emas untuk Mulia Personal mulai dari 1 gram hingga 1 kilogram. Pembayaran uang muka pada produk Mulia Personal ini mulai dari 20%. Sedangkan waktu pembiayaannya mulai dari 2, 6, 12, 18, 24, dan 36 bulan.

Produk Emasku menawarkan cicilan emas murni 24 karat bersertipikat mulai dari berat 1 sampai dengan 25 gram. Pembayaran awal untuk investasi ini mulai Rp150.000. Nantinya emas (sesuai berat yang dipilih) bisa diangsur selama 12 kali. Selain dapat emas, nasabah juga dapat perlindungan asuransi kecelakaan diri, meninggal dunia, dan cacat tetap karena kecelakaan dengan biaya pertanggungan sampai dengan Rp 30.000.000.

PEER TO PEER LENDING (P2P Lending)

P2P Lending adalah praktik pinjam-meminjamkan uang yang dilakukan secara online. Antara peminjam dan yang meminjamkan dihubungkan oleh platform P2P Lending.

P2P Lending yang saya tahu dan sudah pernah saya coba adalah KoinWorks. KoinWorks mengumpulkan dana dari masyarakat dan menyalurkannya untuk peminjam dengan kebutuhan konstruktif (bukan konsumsi). Pinjaman konstruktif itu contohnya, modal usaha, biaya pendidikan, atau biaya perawatan kesehatan.

KoinWorks membantu peminjam yang sangat butuh dana tapi kesulitan memenuhi segala dokumen yang diminta oleh lembaga pinjaman konvensional. Tetap ada dokumen yang harus dikirimkan ke lembaga P2P Lending tentu saja, tapi prosesnya lebih singkat dan cepat. Nilai pinjaman juga bisa bisa disesuaikan dengan bunga flat 0,75% – 1,25% per bulan.

Peminjam punya kesempatan untuk mengembalikan pinjaman dengan tenor 1-24 bulan, tanpa jaminan, proses sepenuhnya online, dan tidak dikenakan penalti untuk pelunasan lebih awal.

Sekarang saya coba bahas soal investasi online ini dari sisi pendana. Nilai awal untuk investasi di KoinWorks ini mulai Rp100.000 saja. Asyiknya, pendana punya hak untuk menginvestasikan uangnya pada peminjam tertentu. Jadi, kendali sepenuhnya ada di tangan pendana. KoinWorks akan memberikan klasifikasi pada peminjam, mulai dari grade A-E.

Grade A adalah para peminjam risiko rendah, imbal balik yang bisa didapatkan dari peminjam grade ini mulai dari 16%. Semakin tinggi risiko peminjam, semakin besar pula imbal balik yang diharapkan. Untuk grade E misalnya, imbal baliknya bisa mencapai 24%!

Saat ini jumlah pendana di KoinWorks sudah mencapai 110.000-an orang. Rata-rata pendapatan kotor tahunan pendana pada 2017 mencapai 21,32%. Kalau dilihat rata-rata pendapatannya, KoinWorks layak sekali jadi pilihan instrumen investasi, ya…

Ada risiko untuk pendana? Ada.

  • Pendana tidak bisa menarik dana sebelum jatuh tempo.
  • Kalau penyedia layanan bangkrut, tidak ada lembaga penjamin simpanan.
  • Periode pendanaan cenderung lama.
  • Risiko kredit macet/gagal bayar oleh peminjam.

Untuk melindungi pendana, KoinWorks punya sistem perlindungan dana proteksi. Sistem ini punya fungsi menjaga dana dan mengembalikan dana investor jika peminjam tidak bisa menyelesaikan kewajibannya. Seperti imbal balik tadi, nilai proteksi yang dijamin tergantung pada grade peminjam. Total dana proteksi yang dimiliki KoinWorks saat ini mencapai Rp2.291.156.197,86.

Berikut beberapa tips dari saya untuk investasi awal di KoinWorks:

  • Mulai dengan nilai kecil. Nilai kecil ini jumlahnya akan berbeda untuk tiap orang. Jika dirasa cocok dan nyaman, bisa ditambah pendanaannya perlahan.
  • Bayangan imbal balik besar dengan berinvestasi pada peminjam dengan grade E memang menggoda. Tapi sebaiknya tidak meletakkan seluruh dana pada satu tempat dengan harapan untung besar. Sebarkan dana pada beberapa lokasi sekaligus.
  • Jangan berinvestasi dengan simpanan dana darurat atau tabungan untuk konsumsi harian. Dana yang digunakan untuk investasi adalah dana yang aman dan tidak direncanakan untuk dipakai dalam waktu dekat.
  • Gunakan kode promo KOINWORKS150 saat mendaftar sebagai pendana. Kamu akan langsung dapat koin senilai 150.000. Koin ini bisa dipakai sebagai modal investasi awal.
  • Konsisten! Tidak perlu besar, tapi usahakan setiap bulan menyisihkan dana untuk investasi. Kamu bisa menambahkan dana mulai Rp100.000.

Untuk poin ke-5 (konsisten) itu, saya terapkan pada semua jenis investasi. Untuk Reksa Dana contohnya, saya memilih sistem auto debet agar tidak terlewat mengirimkan uang.

Investasi adalah salah cara kita menjaga diri sendiri untuk membiayai banyak kebutuhan di masa depan. Tidak ada kata terlambat untuk memulainya. Waktu terbaik untuk berinvestasi adalah SEKARANG.

/salam tanam uang.

54 thoughts on “PILIHAN INVESTASI MULAI Rp100.000”

  1. Nabung di bank sekarang sudah gak bisa jadi jaminan, Mbak. Lama-lama duitnya malah kepotong iuran. Aku lebih suka koleksi antam. Tapi adanya instrumen P2P Lending menarik deh. Aku baru nyoba juga main ginian hehe

  2. Jadi banyak alternatif investasi ya mbak untuk kita yang dananya tidak terlalu banyak, jadi tinggal pilih, koinworks menarik juga ya, mudah lagi..

  3. Aku juga baru banget belajar investasi nih mbak. Ya itu, karena kalo nabung kalah sama inflasi.
    Aku juga nyobain pake KoinWorks. Aku suka sistemnya dan semoga sesuai dengan harapan.

  4. Zaman sekarang nabung aja nggak cukup, mesti mulai investasi. Nasihat ini udah lama saya dapatkan, tapi baru akhir-akhir ini terpikir untuk mencoba. Terima kasih ya, Mbak, info di tulisan ini lengkap banget nih buat referensi saya mulai berinvestasi.

  5. Kak Re, untuk P2P lending seperti KoinWorks, sebelum invest itu kita bisa lihat kredibilitas peminjam dari mana? Apa ada keterangan di websitenya?

    1. Mungkin bukan ga tertarik, tapi belum berani karena belum nemu info yang menguatkan.
      Masalah duit ini kan harus dipikir betul-betul ya.

  6. wuih baru tahu saya investasi emas di pegadaian bisa dapet perlindungan asuransi diri juga. Wah, menarik ya inevstasi ini. kebetulan sih sebelumnya emang udah tertarik investasi emas murni ini. Bakal makin kepo sama investasi ini nih.

  7. Sudah banyak wadah untuk berinvestasi saat ini, tinggal pilih saja yang tepat, terpecaya dan sesuai dengan budget. Di koinworks cukup membuka peluang mudah ya..karena biaya investasinya juga terbilang terjangkau

    1. Aku juga punya deposito. :))
      Seperti kata mereka yang pinter-pinter itu, investasi sebaiknya ga satu ember sekaligus. Dibagi-bagi, biar risikonya juga kebagi.

    1. Cobain Kak.
      Bisa mulai 100ribu lho.
      Kalau daftar pake kode yang aku kasi tadi, malah dapet 150rb free buat modal awal.

    1. Sebelum investasi penting banget buat baca-baca dan cek mana yang paling cocok.
      Mulai dari kecil supaya nyaman di hati. ๐Ÿ™‚

Leave a Reply to Wian Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *