Pinjam Buku Gratis di Perpustakaan Digital IJakarta

Udah coba donlot aplikasi IJakarta, perpustakaan digitalnya DKI Jakarta, kak?
Kalau suka baca buku, aplikasi ini pas banget dipasang di smartphone. Kalo udah donlot, kita bisa pinjam berbagai macam buku yang ada di perpustakaan digital ini, gratis! Meski baru dilaunching minggu lalu, aplikasi ini udah punya 2113 judul buku, lho!

aplikasi Ijakarta
aplikasi Ijakarta

Saya udah donlot aplikasi ini beberapa hari lalu. Sempat mau pinjam 1 judul buku, tapi ternyata lagi dipinjem semua dan saya masuk daftar antrian. Dua hari lalu saya cek-cek buku yang lain, dan akhirnya nemu satu buku yang salinan-nya tersedia dan siap dipinjam tanpa antrian.

 

Screenshot_2015-10-22-00-53-53

Ini tampilan aplikasinya hasil kerjasamanya DKI Jakarta dan Aksaramaya,ย setelah kita masuk dan registrasi. Aplikasinya cukup ramah pengguna, bisa utak-utik semua tombol yang ada supaya lebih kenal. Kalo ga kenal kan katanya ga bakalan sayang. ๐Ÿ˜€

 

Screenshot_2015-10-22-00-53-59Pas baru masuk mungkin kita akan bingung mau pinjam buku yang mana. Untuk memudahkan, di IJakarta ada pilihan kategori pencarian buku, bisa pilah-pilih di situ.

 

Screenshot_2015-10-22-00-55-21

Pas utak-utik aplikasinya, saya naksir pinjam novelnya Laksmi Pamuntjak yang judulnya Amba. Saya pilih pinjam, kalau berhasil akan ada notifikasi seperti di atas.

 

Screenshot_2015-10-22-00-55-52

Abis saya pinjem bukunya, jumlah salinan buku yang tersedia berkurang, tadinya empat, sekarang sisa tiga. Kalau tiga salinan ini habis dipinjam juga, maka orang ke-5 yang ingin baca buku, mesti tunggu waktu pinjam buku saya berakhir. Sementara, orang ke-5 masuk daftar antrian. ^^

 

Screenshot_2015-10-22-01-00-27

Ini tampilan e-booknya Amba. Saya suka bacanya karena bukunya bersih, tulisannya terang dan jelas dibaca. Tampilan ganti halamannya juga asik, bikin kerasa balik halaman buku beneran. ๐Ÿ˜€

 

Screenshot_2015-10-22-01-01-01

Nah, ini pilihan baca buku ala IJakarta, kamu suka baca bukunya pake gaya apa? Bebasss….

 

Screenshot_2015-10-22-01-00-39

Mesti berhenti baca bukunya karena commuterline nya udah sampe stasiun akhir? Atau, pak/bu bos tiba-tiba manggil? Tenang aja, kita ga perlu balik halaman bukunya satu-satu sampe ke halaman yang kita tuju. ย Kebayang pegelnya kalo kita harus balik lembaran sampe halaman 200, kan? Nah, di aplikasi IJakarta ga gitu, kita bisa langsung loncat ke bab yang kita mau. Dikasi gampang euy..

 

Screenshot_2015-10-22-01-02-02

Di dunia penuh kekepoan ini, lewat IJakarta, kita bisa banget tracking si anuh bacanya buku apa, si inih sukanya buku yang gimana. Ada nama gebetannya, kak?

Selain kepoin twitter, facebook, instagram, path, linenya doi, kita juga bisa kepo buku kesukaannya. Kali aja suatu saat punya kesempatan buat ngedate kan, bisa nyambung deh ngobrolnya. ๐Ÿ˜€

Oh iya, ini aplikasinya kan punya DKI Jakarta, ya. Katanya sih, nanti bakalan ada pembatasan untuk aplikasinya. Kalau kita udah di luar area Jakarta, aplikasinya ga bisa kebuka lagi. Itu artinya kita ga bisa pinjam, ga bisa baca juga.

Tapi sekarang masih bebas sih, sila pinjam dan baca sesuka hati, di Tangerang, Bekasi, Bogor, se-Indonesia semua masih bisa nikmatin perpustakaan digital ini gratisss..

Oh, udah daftar? Trus mau pinjem tapi stok salinannya NOL?

 

Screenshot_2015-10-22-01-02-24

Sabar aja kak, sembari nunggu antrian, cari-cari buku lain aja yang cocok.

/salam baca!

12 thoughts on “Pinjam Buku Gratis di Perpustakaan Digital IJakarta”

  1. Wah.asyik sekali ini mak,terutama buat kutu buku yang bokek dan gak bisa kemana-mana hihihu
    Terima kasih sekali mak sudah mengulas aplikasi ini.saya jadi tau dan bisa melanjutkan hobi baca tanpa nguras kantong ๐Ÿ˜€

    1. Nah, bener Mba..
      Kadang lagi bokek tapi pingin baca. Majalah udah abis, stok novel udah dibaca semua.
      Aku biasanya mampir ke lapak buku bekas sih, beli 50ribu dapet bbrp buku.
      Sekarang jadi punya pilihan baru, IJakarta. Seneng deh sama appsnya. ๐Ÿ˜€

    1. Waktu pinjamnya bervariasi. Paling lama seminggu mbok, disesuaikan dengan tebalnya buku yang dipinjem. Kalau waktunya udah abis, bukunya hilang dari daftar buku yang dipinjam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *