Rempah, Mahakarya Sarat Manfaat

Wedang OewoehWedang Oewoeh

Wangi rempah sudah tercium bahkan jauh sebelum sesesap wedang oewoeh mampir ke bibir saya. Wanginya sontak membuat saya menebak-nebak, apa saja rempah yang dimasukkan ke dalam ramuan minuman khas Imogiri ini.ย 

Ini pertama kalinya saya mencicipi wedang oewoeh. Saya memesan minuman ini karena pada satu sore di warung kopi sekitaran Jakarta Pusat, mata saya terkunci pada daftar menu yang bertuliskan namanya.

WEDANG OEWOEH!

Saat memesan, saya perkirakan menu yang keluar kurang lebih mirip wedang jahe alias air jahe. Tapi penampakan asli wedang oewoeh sungguh berbeda, dan saya jatuh cinta. ๐Ÿ™‚

Warnanya tangerine! Ahhh..

Jika ditelusuri, pembuatan wedang oewoeh cukup mudah. Bahan yang dibutuhkan hanya air, kayu secang, gula batu, jahe, kayu manis, serai, cengkih, dan pala. Mengolahnya cukup dengan merebus semua bahan jadi satu, lalu rebus hingga mendidih.

Oewoeh (dibaca: uwuh) berarti sampah. Nama minuman ini dikaitkan dengan menumpuknya ampas rempah dan serutan kayu secang.ย ย Serutan kayu secang yang digunakan sebagai bahan pembuat minuman ini bisa dibeli dalam keadaan kering. Secang sendiri tidak berasa, tapi berkat jasanya minuman ini punya warna yang cantik. ๐Ÿ™‚

Selain punya warna yang cantik dan rasanya juga nikmat, rasa hangat dan pedas wedang oewoeh diyakini juga bisa meringankan kembung dan gejala batuk. ๐Ÿ˜€

=================================

Racikan Rempah untuk Diare

Jika tadi saya cerita soal minuman yang baru pertama kali saya minum, sekarang saya mau cerita soal adonan rempah yang sudah berkali-kali saya minum.

Adalah ayah, seorang peracik minuman rempah tradisional level hardcore yang mencekoki saya dengan ramuan warisan leluhurnya ini saat saya diare parah.

Rasanya? Duhhh….
Khasiatnya? WOW!

Saat mendengar sesiapa diare, ayah dan racikan rempahnya lekas maju ke garis depan. Ayah memarut indung kunyit lalu memerasnya sampai tinggal ampas. Pada air perasan ayah memasukkan sebutir kuning telur ayam kampung, dan menggerus sedikit gambir. Campuran minuman itu kemudian dikocok cepat kira-kira sepuluh menit sebelum diminumkan pada si sakit.

Soal ramuan bikinan ayah ini, sempat pula saya diskusikan dengan teman saya yang kuliahnya di jurusan budidaya tanaman. Ia mengungkapkan, kunyit mampu bantu melawan virus dan bakteri di dalam tubuh.

kunyit
kunyit

Kunyit mengandung senyawa yang berkhasiat obat, yang disebut kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin , desmetoksikumin sebanyak 10% dan bisdesmetoksikurkumin sebanyak 1-5% dan zat- zat bermanfaat lainnya seperti minyak atsiri yang terdiri dari Keton sesquiterpen, turmeron, tumeon 60%, Zingiberen 25%, felandren , sabinen , borneol dan sineil. Kunyit juga mengandung Lemak sebanyak 1 -3%, Karbohidrat sebanyak 3%, Protein 30%, Pati 8%, Vitamin C 45-55%, dan garam-garam mineral, yaitu zat besi, fosfor, dan kalsium. – wikipedia.

Sedangkan tentang gambir, yang juga jadi bahan pelengkap ramuan obat ayah saya itu, biasanya hanya dikenal sebagai bahan menyirih.

gambir
gambir

Gambir adalah sejenis getah yang dikeringkan yang berasal dari ekstrak remasan daun dan ranting tumbuhan yang bernama sama (Uncaria gambir Roxb.). Di Indonesia gambir pada umumnya digunakan untuk menyirih. Kegunaan yang lebih penting adalah sebagai bahan penyamak kulit dan pewarna. Gambir juga mengandung katekin (catechin), suatu bahan alami yang bersifat antioksidan. India mengimpor 68% gambir dari Indonesia, dan menggunakannya sebagai bahan campuran menyirih.

Kegunaan utama adalah sebagai komponen menyirih, yang sudah dikenal masyarakat kepulauan Nusantara, dari Sumatera hingga Papua sejak paling tidak 2.500 tahun yang lalu. Diketahui, gambir merangsang keluarnya getah empedu sehingga membantu kelancaran proses pencernaan di perut dan usus. Fungsi lain adalah sebagai campuran obat, seperti sebagai luka bakar, obat sakit kepala, obat diare, obat disentri, obat kumur-kumur, obat sariawan, serta obat sakit kulit (dibalurkan). Gambir digunakan pula sebagai bahan penyamak kulit dan bahan pewarna tekstil.

Biarpun bermanfaat, saya memutuskan untuk tidak sering-sering mengonsumsi ramuan bikinan si ayah itu, rasanya lumayan pekat dan nempel di lidah dan tenggorokan. ๐Ÿ˜€

=================================

sumber gambar
sumber gambar

Pernah memanfaatkan aneka rempah mahakarya Indonesia untuk perawatan luar badan? Ada beberapa macam rempah yang cukup dikenal bisa digunakan untuk keperluan ini, tetapi yang sering ditemui adalah kunyit.

Menggunakan masker kunyit secara rutin pada wajah bisa bantu mengurangi jerawat, mencerahkan kulit, mengatasi flek hitam, plus bisa digunakan sebagai bala bantuan anti aging! Selain untuk wajah, kunyit bisa juga dipakai untuk bantu menyembuhkan luka memar, melembabkan tubuh, dan mengurangi stretch mark. Selain waxing, campuran kunyit dan susu juga dipercaya mampu merontokkan bulu.

Tertarik?

/Salam rempah!

 

Sumber :
wikipedia
femalist.com

 

2 thoughts on “Rempah, Mahakarya Sarat Manfaat”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *