Resep Pindang Patin Anti Gagal

Saya suka betul pindang patin. Di Lampung biasanya kalau kepingin makan pindang, saya tinggal kasi kode ke mamak. “Mak, bikin pindang enak kali ya, mak.” Lalu, mamak dengan senang hati dan bahagia memasakkan kami sekeluarga ikan pindang sepanci penuh.

Dekat-dekat mamak itu memang bisa jadi pedang bermata dua. Bisa pinter masak kalau mau buka mata dan bantu-bantu ke dapur, bisa juga cuma pinter makannya aja. ๐Ÿ˜€

Oke, jadi suami pingin makan lauk yang beda buat temen nasi. Awalnya kepikiran mau bikin ikan patin bumbuย kari, trus pas di pasar kok malah ketemu ibu-ibu yang ga disangka ngasi resep pindang patin waktu lagi antri di tukang ikan.

Saya (S) : Ikan masnya diapain, Bu?
Dia (D) ย  : Mau digoreng kering, anak-anak suka. Patinnya diapain?
S ย : Dikari kayanya, Bu.
D : Enakan dipindang, bumbunya xx, yy, zz, cemplungin aa, bb. Udah.

Lha kok, kayanya gampang banget. Jadilah saya berubah pikiran dan masak pindang!

pindang patin

Resep Pindang Patin

Bahan ย  : 1 ekor patin, ukuran 500gr – 1kg.
Bumbu :
– Cabe merah kecil (4 buah)
– Bawang merah (4 buah)
– Kunyit (setengah ruas jari)
– Laos secukupnya
– Sereh 2 batang
– Daun salam 5 lembar
– Nanas matang secukupnya (saya beli nanas potong di abang dorong)
– Belimbing wuluh, 2 buah
– Garam secukupnya

Cara memasak :
– Potong-potong ikan, bagian kepalanya dibelah 2.
–ย Siapkan bumbu halus : cabe – bawang merah – kunyit
– Rebus ikan dan bumbu halus berbarengan sampai mendidih, masukkan laos dan sereh yang sudah digeprek sebelumnya. Masukkan juga daun salam.
– Jelang matang, masukkan nanas, belimbing wuluh yang sudah dipotong kecil, dan garam secukupnya.
– Setelah benar-benar matang, angkat dan sajikan.

Udah, gitu doang! Gampang banget, anti gagal dan pastinya enaaakk. Rencananya ikannya buat berbuka dan sahur, eh ya tapi untuk buka puasa aja udah abis dong! Sahurnya telur lagi, deh. ^^

Semoga manfaat ya. ^^

/salam masak!

17 thoughts on “Resep Pindang Patin Anti Gagal”

    1. Gampangnya kebangetan.
      Hahhahahaha..
      masaknya pun cepet, ikan soalnya ya, memang hakikatnya matengnya gampang. ๐Ÿ˜€

  1. hal yang sama berlaku untuk mama saya: deket2 beliau bisa tau berbagai bumbu dapur atau bahan masakan (sayur & daging serta cara membersihkannya) & minimal bisa masak masakan yang ga sekelas maskercep.

    btw, liat foto pindang patinnya pas jam puasa gini salah banget. salaaaaahhh banget.

  2. wah gambarnya bikin ngiler, apalagi pas puasa kayak gini, jadi pengen pindangnya, heheheheh, nanti ah pas buka puasa, sukses deh mbak artikelnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *