Rhenald Kasali, Orang Pintar, dan Produk Lokal Indonesia

Kamu tipe setia bukan? Tipe yang kalau udah cocok pakai satu produk, ya udah terus aja pakai produk yang sama, sampai bertahun-tahun kemudian. Kalau iya, kamu sehati tuh sama Rhenald Kasali!

Kemarin, saya ketemu sama bapaknya di Reading Room Kemang pas di tengah syutingnya Tolak Angin Sido Muncul.Β  Trus pas waktu istirahat akhirnya bisa tanya-tanya langsung soal kesediaannya jadi bintang iklan Tolak Angin.

Ternyata, saya baru tau kemarin, bapaknya ini, TUJUH BELAS TAHUN LALU, udah pernah jadi bintang iklan untuk produk yang sama. Waktu itu Tolak Angin bentuknya masih serbuk, sekarang bentuknya udah cair ya, jauh lebih praktis buat dibawa-bawa dan diminum.Β Saya ga pernah cicip produk Tolak Angin yang versi serbuk sih, tapi yang versi cair selalu ada di rumah, buat stok.

Pak Rhenald bilang, rasa Tolak Angin dulu masih agak-agak pahit tapi ya biar begitu, kalau aktivitas lagi padat antara kuliah dan kerja, produknya tetap diminum. “Terutama kalau sudah mulai kelelahan atau sakit.”

Trus-trus apa bedanya syuting iklan yang dulu dan yang sekarang? Kata bapaknya, dulu kesalahan yang dilakukannya saat syuting banyak sekali. “Saya masih pemula. Dulu harus ikut apa kata pemilik brand. Sekarang jauh lebih enak, bisa diskusi. Saya bisa menyampaikan poin-poin yang saya percaya saat pengambilan gambar. Tentu saja sayaΒ tidak punya keraguan, kalau sakit saya sudah tahu mau minum apa. Terlebih lagi, perusahaan ini punya niat baik dan komitmen.”

Sekarang tentu aja bapaknya udah lebih jago. Berjam-jam syuting mukanya tetap segar dan senyumnya tetap cemerlang dong! πŸ˜€

Pak Irwan Hidayat, pemilik PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, di tempat yang sama kemarin cerita, iklan yang baru ini fokus ceritanya memang soal loyalitas Rhenald kepada Tolak Angin. Bagaimana produk bikinan Sido Muncul ini menyertai Rhenald dalam beberapa fase kehidupannya. Sejak Rhenald masih berstatus mahasiswa sampai sekarang.

Pak Irwan bilang tahun 2000-an itu, bintang iklan produk jamu selalu saja pelawak/komedian. Sido Muncul kemudian muncul bersama Rhenald yang akademisi.Β  Β “Lewat iklannya, saya mau bilang kalau peminum tolak angin itu ses A-B-C-D. Semua profesi minum Tolak Angin.”

Kemarin Pak Irwan juga bilang kalau iklan ini diharapkan bisa bikin produk produk obat/jamu asli Indonesia makin terkenal, makin banyak konsumennya, trus bisa diekspor dan ada perusahaan dari luar negeri yang berminat mengambil lisense produknya.

Sekarang ini, usaha memperluas pasar sudah mulai dilakukan. Terakhir Sido Muncul ajak artis Filipina, Kris Aquino (anak presiden ke -11 Filipina Corazon Aquino) buat jadi salah satu brand ambassador Tolak Angin. Oh iya, izin edar buat produk Tolak Angin di Filipina itu udah tayang November 2017 kemarin. Setelah dapat izin, dua hari lalu akhirnya Sido Muncul ekspor perdana produknya ke sana. πŸ™‚

Semoga mimpinya kesampaian dan makin banyak negara yang terpapar manfaatnya Tolak Angin ya, Pak. Dan, Sido Muncul tetap bikin produk-produk asli Indonesia yang keren dan bermanfaat! *ttd, penggemar setia Tolak Angin. πŸ˜€

Orang pintar minum Tolak Angin!

/salam

42 thoughts on “Rhenald Kasali, Orang Pintar, dan Produk Lokal Indonesia”

    1. Aku selalu bawa kalau seharian bakal cape ato kalau mau jalan-jalan agak jauh gitu. Pertolongan darurat, soalnya ga suka kerokan sih. πŸ˜€

    1. Aku sekarang pake yang versi Tolak Angin yang roll on-nya juga buat usep-usep tengkuk, leher, sama punggung. Enak anget gitu. πŸ˜€

  1. Orang pintar minum tolak angin, kata-kata itu sudah pasti semua orang tahu dan aku sebagai orang pintar selalu minum tolak angin biasanya aku minum langsung atau aku campurkan dengan teh hangat sehingga membuat badan ku menghangat, terbebas dari masuk angin.

    1. Iyaaa, pas banget sama taglinenya.
      Tapi, kemarin kata bapaknya sih, semua orang itu pintar tapi pintarnya beda-beda.
      Karena semua pintar, maka semua minum Tolak Angin. Hahahaha. Bisa aja si bapak.

    1. Wohhh, backpacker Singapura juga minum? Kirain cuma Indonesia – Malaysia aja yang kenal baik sama produknya. πŸ˜€

  2. Tolak angin serbuk? Aku pernah nyobain juga tuh waktu kecil hehehe. Tapi emang bener sih aku dan keluarga dulu cocokya minum tolak angin klo badan mulai kerasa ga enak. Sampe skrg pilihannya tetep tolak angin.

  3. Ini dia brand andalan Indo yang jargonnya ngehitz dan nempel banget “Orang Pintar Minum…. “. Siapa coba yang gak tau tolak angin. Tiap aku traveling, salah satu bawaan wajib buat peserta tour ya berkotak2 tolak angin..Kalo gak ade tu barang, sakaw peserta tur nya hahahah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *