Saya Tak Sempurna, Tapi Saya Berusaha

Saya bukan calon ibu yang sempurna. Sesekali saya melakukan kesalahan.
Untungnya, masih ada untungnya nih.. tiap kali melakukan kesalahan, saya selalu sadar. Biasanya sih kalau ga sadar sendiri, ya disadarkan sama suami.

Awal-awal hamil, rasanya susah sungguh. Mual yang tak habis-habis bikin susah beraktivitas. Berat badan susut tajam, emosi saya berantakan, bisanya cuma menangis, dan marah.

Tiap kali menangis, tiap marah, suami selalu ada di samping saya. Dia beri saya semangat. Dia beri saya pelukan. Duh waktu itu rasanya saya butuh dipeluk tiap saat, kalau suami tak ada rasanya saya bisa aja pecah berkeping. Memang hebat sekali ya pengaruh kehamilan ke emosi calon ibu.

Waktu hamil, badan saya seperti diambil alih sama alien, saya seperti ga punya daya untuk mengambil alih. Perut menolak makanan, badan menolak dibawa jalan, hidung menolak bau-bauan tertentu, telinga kesal dengar suara dering handphone. Saya seperti jungkir balik. Bolak-balik mengeluh.

Yang paling bikin lemes ya itu, mual-mualnya. Di Trimester 1, saya sampai turun 10kg dalam dua minggu. Seram.

Tips dari Mommychi
Tips dari Mommychi

Enaknya jadi ibu hamil adalah, banyak sekali orang yang peduli pada saya. Bahkan beberapa orang yang tadinya tidak begitu akrab bisa jadi akrab karena pernah senasib/sedang senasib dengan saya. ๐Ÿ™‚

Untuk mual-mual, kata Mommychiย cukup banyak dialami ibu-ibu hamil, terutama pada pagi hari. Pada beberapa orang gejala mual bisa menetap hingga siang atau malam hari. Ada tipsnya nih untuk bantu mengurangi mual saat hamil di trimester 1.

Screenshot_2014-02-14-20-09-07

 

Di Trimester ke-2 dan ke-3, semuanya mulai indah. Bunga-bunga mulai kelihatan warnanya, suara suami di telepon mulai terdengar merdu, biskuit mulai terasa enak, dan saya senang sekali bisa menikmati kembali cemilan kesukaan saya, buah-buahan. Awalnya buah-buahan rasanya anyep, ๐Ÿ™

Di waktu-waktu begini ini, rasanya menyesal betul kemarin sudah misuh-misuh, ngeluh bikin suami bingung, ngadu ke orangtua bikin orangtua kuatir. Manja.

Keadaan udah enak, saatnya balas kebaikan semua orang yang sudah baik sama saya. Masak makanan yang lumayan enak buat suami, telepon-telepon orangtua sering-sering supaya mereka tenang, terus rajin ngobrol sama dedek di perut, minta maaf kemaren sempet kesel pas awal-awalnya dia ada. ๐Ÿ™‚

Laluuuu, datanglah hari yang ditunggu-tunggu. ๐Ÿ™‚

My Precious
My Precious

Sudah selesai?

Ho ho, ya belumm.. Malahan sepertinya perjuangan baru saja dimulai. Bayi yang sebelumnya cuma ho-oh aja apa kata ibunya, belum punya pendapat, belum bisa bilang ga nyaman, sekarang sudah muncul.

Kerjanya bayi itu apa, sih?

Nenen, nenen all the time. ๐Ÿ™‚

Habis nenen terus nangis, terus pipis, terus pup, terus nenen lagi, diulang terus. ๐Ÿ™‚

Awal-awal menyusui, ada sakit-ada perih-ada luka-ada berdarah-ada ga nyaman-ada pegal. Saya masih coba-coba, mana ya posisi yang enak, mana yang nyaman buat saya-nyaman juga buat bayinya. Jadi sama-sama enak, gitu. ๐Ÿ™‚

Screenshot_2014-02-14-19-15-50

Itu posisi apa aja, sih?

 

Lying Down

Posisi menyusui sambil berbaring seperti ini adalah posisi yang sangat dianjurkan buat ibu yang belum bisa duduk setelah operasi caesar atau waktu ibu kelelahan. Nah, kalau mau menyusui dengan posisi ini, pastiin aja jangan sampai ketiduran, kasihan kalau hidung bayinya kegencet payudara, bisa susah nafas kan..

menyusui1

Football Hold

Posisi bayi di bawah ketiak atau lengan. Telapak tangan pegang kepala bayi, di bawahnya kasi tumpuan bantal. Nah, lengan itu sekaligus dipakai untuk menopang punggung bayi.

posisi menyusui2

 

Cross-cradle Hold

Siku tangan dipakai untuk melindungi sisi bayi, ย sementara telapak tangan dipakai untuk menumpu kepala bayi. Posisi ini dianjurkan buat ibu dengan puting payudara kecil dan untuk bayi prematur karena ibu bisa mengontrol penuh tubuh bayi.

posisimenyusui3

 

yang terakhir

Cradle Hold

Bisa pakai bantal untuk menumpu tubuh bayi. Siku dan lengan ibu menopang kepala bayi. Telapak tangan mendekap bayi. Posisi ini pas betul untuk bayi yang baru lahir. ๐Ÿ™‚

Posisi Menyusui
Posisi Menyusui4

Terus, posisi mana yang paling bagus? Ya dicoba-coba aja sih ya, tiap ibu dan bayi kan punya pengalaman yang beda-beda, punya ukuran nyaman yang beda-beda juga. Malahan bagus kalau bisa nyiptain gaya menyusui sendiri, yah. ๐Ÿ™‚

——–

buah hati

 

album foto

 

Ini dia anak gadis sayah. Sudah besar, sudah selesai menyusui. ๐Ÿ™‚

——

Tips-tips kehamilan dan menyusui tadi saya capture langsung dari aplikasi Mommychi. Mommychi itu aplikasi yang bagus banget dipake ibu hamil dan yang sedang punya balita.

Omong-omong, Mommychi itu isinya bukan tips aja sih, ya. Bisa juga bikin album foto selama kehamilan dan momen-momen tumbuh kembangnya bayi.
Terus, masih banyakk manfaat yang lainnya.. Bisa cek tulisan saya di sini dan di sana untuk informasi lebih banyak soal Mommychi.

Kalau pakai android, Mommychi bisa didownload langsung diย http://bit.ly/mommychi. Untuk pengguna device Apple, bisa tunggu sebentar lagi, nanti Mommychi juga bisa didownload di sana.ย :)

Sebelum download, boleh juga tengokย video Mommychi di sini. Selamat menonton.. ๐Ÿ™‚

 

/Salam Mommy

 

20 thoughts on “Saya Tak Sempurna, Tapi Saya Berusaha”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *