Sedekah Pakai Barang Bekas

Bulan Ramadhan ini emang spesial banget ya. Yang tadinya jarang ibadah jadi tergerak buat ibadah, yang tadinya males sedekah jadi ikut-ikutan sedekah karena liat sekeliling bikin baik, yang tadinya susah makan, jadi bisa makan enak karena banyak yang kasi-kasi makanan di mana-mana.

Buka puasa di Masjid Asmaul Husna
Buka puasa di Masjid Asmaul Husna

Eniwei, Bulan Ramadhan ini saya nyobain makanan dapet sedekahan dua kali, di Masjid Raya Asmaul Husna sama di Masjid Raya Bintaro. Itu beneran lho, orang-orang ngasi sedekah makanan ke masjid ga tanggung-tanggung. Yang buka puasa banyak, makanannya juga banyak. Ada ta’jil kue-kue gitu, ada nasi kotak juga. Asik banget liat muka anak-anak yang kesenangan makan ta’jil rame-rame.

Tapi, udah semacem tradisi gitu deh, walaupun bukan esensinya kalo Idul Fitri mesti ada sesuatu di rumah. Dulu waktu kecil, abis mandi pagi, kami semua berjejer pake baju baru dan duit seratusan perak yang masih gress melambai-lambai di tangan. Jalan ke rumah tetangga, cium tangan uwak-tante-om, abis salim dikasi duit seratus! Ihh, senengnyaa..

Sekarang saya ga beli baju lagi, tapi masih beliin baju buat anak sih. Trus, selain baju dan duit baru, pas lebaran itu, ada makan-makan juga, ga mewah, tapi menunya beda daripada menu biasa lah. Ada sirup, kue-kue, dll.

Iyah, saya bisa beli baju buat anak, ada dana buat masak rendang, ada dana buat bagi-bagi uang baru keras seribuan buat anak-anak sekeliling rumah. Lebaran waktunya seneng-seneng, setahun sekali, pas semua ada di kampung pula.

Tapi ya gitu sih, ga ada lebaran kalo ga ada Ramadhan. Pas Ramadhan gini udah paling bener buat sedekah banyak-banyak, eh tapi bukan berarti bulan berikutnya ga sedekah sih ya.

Sedekah duit? Wah, kan udah abis buat beli keperluan lebaran, Re!

Ahh iya ya, tapi tenang ajaaa, bisa pake cara lain buat sedekah sih. Ini pas banget OLX lagi bikin event Bekas jadi Berkah. Jadi kita bisa nyumbang ke perorangan langsung atau pilih beberapa yayasan yang ada di websitenya pas barang yang kita jual di OLX laku.

Oh iya, list Yayasan/komunitasnya ada Akademi Berbagi,  SMK Itaco, Save Street Child, Taman Bacaan Pelangi, Coin a Chance, Komunitas Taufan, dan Komunitas Buku Berkaki. Besar donasinya mah bebas, mau banyak, mau dikit, mau semua juga boleh. Seikhlasnya kita aja..

Nah, untuk melancarkan sedekah, pastiin untuk barang yang dijual kita taruh harga wajarnya ya. Jangan misalnya motor harga 5juta, trus kita pasang iklannya 10juta. Nanti niat sedekahnya ga sampe-sampe, soalnya motornya ga laku-laku, kak..

contoh bikin iklan #bekasjadiberkah yang benar
contoh bikin iklan #bekasjadiberkah yang benar

Ga punya barang bekas yang pingin dijual, malahan ini mau beli, gimana dong? Coba itu jualannya temen-teman di OLX yang pake hesteg #bekasjadiberkah diliat-liat, kali aja ada yang cocok kan, trus kalo barangnya kita beli, yang jual bisa ikutan nyumbang deh. 🙂

Hooh, hayuklah. Mumpung Ramadhan kan. 🙂
Oh iya, mampir juga ke webnya ya, itu ada banyak kuis yang bisa diikutin juga, mayan buat nambah-nambah uang jajan. Hadiahnya mau dibikin sedekah juga? Boleehh…

/salam berkah

4 thoughts on “Sedekah Pakai Barang Bekas”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *