Semua Cinta untuk Kamu

Punya anak adalah salah satu keputusan yang paling penting dalam hidup saya. Setelah lebih dua puluh tahun mikirnya cuma diri sendiri, saya menetapkan hati untuk bikin anak! πŸ˜€

Ya niat saya bukan apa-apa kalau ovum yang bertemu sperma tak jadi zigot yang direstui semesta sih ya. Jadi, saya berterima kasih pada langit dan bumi karena diberi kepercayaan untuk mengasuh anak manusia yang luar biasa cantik dan menyenangkan.

bonding

Setelah bayinya lahir, karena satu dan lain hal, saya memutuskan menetap di rumah, bekerja apa saja, asal bisa dikerjakan dari rumah. Memang sudah jalannya, teman saya Fany & Tika menawarkan pekerjaan yang bisa dikerjakan sembari momong anak. Terimakasih untuk kalian berdua yang sudah bantu-bantu memudahkan hidup. πŸ™‚

Bening Embun Bumi, anak kami, hidup seratus persen dalam pengasuhan saya. Berkali-kali cari asisten rumah tangga, tapi ternyata ga berjodoh lama. Belakangan kami berdua lelah dan memutuskan mengurus rumah sendirian, dan ternyata ini jadi keputusan yang sangat kami syukuri. πŸ˜€

Mengasuh anak tanpa bantuan membuat proses bonding kami dan Embun berjalan luar biasa cepat dan lekat. Sayangnya Embun cukup adil, sama besar baik ke emak maupun ke bapaknya. Kalau saya ada urusan ke luar rumah, dia akan anteng ditinggal bersama bapaknya. Begitu pula sebaliknya.

Tinggal di rumah juga memungkinkan saya mengungkapkan cinta pada anak dalam berbagai cara, tak terbatas waktu, dan tempat. Soal mengungkapkan cinta ini, saya agak frustasi dengan keluarga sebenarnya. Di rumah saya, rasa cinta dan sayang itu ga diungkapkan dengan gamblang lewat ucapan.

Bentuk cinta mamak pada anak-anaknya adalah dengan bekerja mati-matian dan memenuhi kebutuhan rumah tangga. Bentuk cinta ayah pada anak-anaknya adalah dengan menjaga kami sebaik-baiknya, menemani kami ambil rapor ke sekolah, mengajari kami baca tulis di rumah, kalau rasa cinta kami pada orangtua dengan cara menurut dan bertingkah laku baik. πŸ™‚

Saya ga pernah bilang, “Mak, aku sayang mamak”, apalagi bilang “Yah, aku sayang ayah.” Rasanya canggung sekali.
Belakangan, setelah dewasa, dan tau arti pentingnya mengungkapkan rasa sayang, saya memutuskan berubah. Tapi, sejauh-jauhnya saya berubah, rasa sayang pada mereka hanya mampu saya ungkapkan dengan memeluk dan menciumi pipi mereka, waktu baru tiba di rumah atau pamit pulang ke Jakarta.

Sedih, ya.. πŸ™

Saya ga mau keluarga kecil saya nanti begitu. Sejak bayinya lahir, saya bolak-balik peluk cium, trus bilang sayang dan cinta ke anak. Satu hari entah berapa kali, ga peduli pagi, petang, atau malam, saya akan bilang, “Aku sayang kamu!”

Makin besar anaknya, makin terbiasa dia mendengar kata sayang dan cinta, makin mudah mulutnya mengeluarkan kata-kata yang sama. Sekarang, kalau saya pulang ke rumah setelah seharian ke luar, danΒ kebetulan dia belum tidur, dia akan bilang, “Aku kangen kamu, aku sayang kamu, mau tidur sama kamu.”Β πŸ˜€

Misinya berhasil dan sukses!
Senang… πŸ™‚

Saya percaya, anak yang tumbuh dengan cinta di rumah, akan jadi anak yang membawa kebahagiaan untuk orang-orang sekelilingnya. Saya ingin Embun jadi anak yang peka terhadap rasa, punya empati, dan gak liar cari kasih sayang di mana-mana, karena toh di rumah sudah dicukupkan cinta untuk dia. πŸ™‚

1. embun

Selain lewat kata-kata dan pelukan, bonding dengan Embun juga saya rawat dengan keramasin rambutnya, pijet-pijet badannya pake baby lotion Cussons Baby kalo dia capek, plus main salon-salonan di rumah. Haha.. πŸ˜€

Banyak banget cara membangun bonding dengan anak. Kalau kata Psikolog @annasurtinina waktu saya dateng mampir ke acaranya beberapa waktu lalu, “tidak penting seberapa panjang waktu bersama mereka, tapi yang penting seberapa berkualitas saat pertemuan itu terjadi.”

2. embun

Iyah, jadi pas memang udah waktunya bareng anak, usahakan NIATnya memang untuk itu. Bikin momen bahagia bareng, poto-poto berdua, bikin video lucu berdua, macem-macem lah. πŸ™‚

Eh, ngomongin foto, jadi inget sama kompetisi foto dan videonya Cussons Bintang Kecil, deh. Ini cara ikutannya mudah banget, cuma perlu kirim foto dan atau video anak bareng minimal dua produk Cussons Baby/Cussons Kids varian apa saja. Kirimnya ke link ini,Β http://cbk.cussonsbaby.co.id. Hadiah totalnya Rp 1 miliar aja dong. *siyul-siyul*

Info lebih lengkap soal kontesnya bisa diliat di Fanpagenya Cussons Baby, dan Twitternya juga. Hayuk ikutan, kali rejeki kaan.. πŸ™‚

cb-5-oct(eve)

/salam sayang

8 thoughts on “Semua Cinta untuk Kamu”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *