Setengah Hari di Pabrik Pocari

Mau ngapain ke pabrik, Re?
Jalan-jalan, dong!

Emang bisa jalan-jalan di pabrik?
Kalau pabriknya Pocari sih bisa. ๐Ÿ˜€

Pabrik Pocari Sweat

Pabrik Pocari Sweat terbuka untuk pengunjung sejak tahun 2011 lalu.ย  Ada dua pabrik yang buka program kunjungan, satu di Sukabumi, dan satu lagi, yang kami kunjungi kemarin, ada diย Pasuruan, Jawa Timur.

Setiap harinya pabrik menerima 3 kali kunjungan dari institusi, sekolah, atau universitas. Untuk rombongan dari sekolah, minimum udah kelas 1 sekolah dasar, jadi anak TK atau KB belum boleh main-main ke sini.

Kunjungan pabrik dibuka untuk rombongan minimalย 20 orang dan maksimal 100 orang. Tentu saja sebelum datang harus daftar dulu, ga boleh tiba-tiba muncul di depan pabrik, nanti ga dikasi masuk sama pak satpam, lhoo. ๐Ÿ˜€

Tertarik main ke sini? Kamu bisa daftarkan rombongan di linkย https://www.aio.co.id/id/explorion. Di lamannya nanti kamu bisa pilih pabrik yang mau dikunjungi, tanggal kunjungannya kapan, dan di jam berapa mau datang.

Tersedia 3 jam kunjungan, jam 08.30 WIB, 10.30 WIB, dan 13.00 WIB. Kalau tanda di bawah tanggal kalendernya sudah merah semua, artinya di tanggal itu sudah penuh. Tapi jangan patah semangat, kamu bisa cari tanggal lain yang jadwalnya masih kosong dengan geser kalendernya ke bulan berikutnya. ๐Ÿ™‚

Pabriknya Pocari Sweat ini lebih mirip gedung perkantoran ketimbang pabrik. Iya, pabrik yang ada di kepala saya itu: kusam, gedungnya petak-petak, banyak truk, dan orang lalu-lalang pakai baju khusus pabrik lengkap dengan helm dan sepatu tebal.

Nah, pabrik yang ini nggak gitu, pas masuk lobby saya berasa masuk ke kantor-kantor cantik di kawasan Sudirman – Thamrin. Lobby-nya luas, terang, ada mesin minuman otomatis, ada mbak resepsionis, ada bangku-bangku buat duduk santai, dan ada kolam ikan! Iya, kolam ikan beneran…

Sebelum jalan-jalan ke pabrik, rombongan harus naik dulu ke lantai dua untuk pengarahan. Kenapa harus gitu? Supaya ngerti nanti di pabrik bakal ngapain aja, liat apa aja, dan tahu standar keselamatan kalau terjadi hal-hal yang ga diinginkan selama berada di lokasi pabrik.

Naik elevator ke lantai 2. Ini karpet elevatornya diganti berkala, ngikutin nama hari.

Di lantai 2 ini kita bisa ketemu mesin minuman (lagi), maket gedung, display produk, dan POCARI MAN!

Nah, tepat di jam kunjungan yang dijadwalkan (kami kemarin jadwalnya di kunjungan ketiga, 13.00 WIB), semua dipersilakan masuk ke diversity hall.

dedeks mahasiswa

Diversity hall-nya sungguhlah lucu! Kemarin untung sempet masuk duluan untuk foto-foto sebelum rombongan adek-adek dari Jurusan Teknik Informatika dan Sistem Informasi Busnis Universitas Kristen Petra Surabaya masuk ke ruangan. Pas mereka udah masuk, ruangan langsung rame dan penuh. ๐Ÿ˜€

Ga lama nunggu, mas-mas dari pabrik terus mulai nerangin soal pabrik, standar keamanan, dan proses produksi Pocari Sweat. Jadi, pabrik Pocari Sweat ini pakai tenaga manusia yang cukup sedikit untuk alur produksi (dari botol, isi, sampai pengepakan). Sumber daya manusia banyak dipakai di area lain, salah satunya untuk laboratorium.

Di sebelah kiri itu ada jendela kaca untuk melihat langsung proses produksi,

Prinsip pabriknya open factory. Semua orang bisa melihat jalur dan jalannya produksi dari luar dengan pembatas partisi kaca. Oh iya, kalau sudah masuk kawasan pabrik, tidak diizinkan mengambil foto atau video proses produksinya, ya.

Tapi, kurang lebih produksinya mirip dengan yang ada di video ini. Selamat menonton!

Selesai liat-liat pabrik, kami terus jalan-jalan ke bagian luar. Di luar ini ada klinik, masjid, dan rumah belajar.

klinik
masjid
Rumah Belajar Satu Hati

Di Rumah Belajar Satu Hati ini ada les-lesan gratis gitu. Lesnya ada setiap Jumat siang, muridnya anak-anak kelas 4 dan 5 sekolah dasar di sekitar pabrik, dan yang jadi gurunya karyawan Otsuka. Rumah Belajar ini kadang juga dipinjamkan juga ke warga sekitar pabrik yang butuh tempat untuk kegiatan/penyuluhan.

Rumah Belajar jadi titik jalan-jalan terakhir kami di pabrik kemarin. Dari awal sampai akhir, kesan yang saya dapatkan soal pabriknya adalah: rapi, bersih, dan higienis. Ga pernah terbayang sebelumnya ada pabrik yang cantik dan bikin betah kaya gini. ๐Ÿ™‚

Terima kasih undangan main-mainnya, Amerta Indah Otsuka. Lain kali boleh lho kami diajak main lagi ke Pabrik Sukabumi. ^^

/salam pabrik!

 

 

20 thoughts on “Setengah Hari di Pabrik Pocari”

  1. Wah, Pocari Sweat minuman paporit aku banget! Apalagi kalo habis olahraga, cuapeeekk, langsung deh ambil Pocari di kulkas. Kapan2 mau visit ke pabrik sini ahhh, makasi mba Rere ๐Ÿ™‚

  2. Lah iyaaa. Inisih pabriknya bersiihh bangeettt. Tapi mungkin bagian yang ada mesin2nya itu, gak sebersih ini ya mba? Gak ada fotonya soalnya.. atau betsih jug

  3. pengen banget bisa kunjungan ke pabrik ini buat tahu proses produksinya semoga bisa kesampaian tahun depan ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *