Shell LiveWIRE Business Start-Up Award 2015

Pernah dengar Shell LiveWIRE?

Shell LiveWIRE itu, program Investasi Sosialnya Royal Dutch Shell. Program ini pertama kali dimulai tahun 1982 di Skotlandia, Inggris. Belakangan, Shell LiveWIRE terus menyebar. 32 tahun kemudian, programnya Shell LiveWire ada di lebih dari 20 negara.

Programnya gimana?

Jadi, programnya Shell LiveWIRE ini fokus banget ke wirausahawan muda. Programnya didesain untuk bantu pengusaha muda mengembangkan kapasitas dan juga meluaskan jaringan. Kenapa pengusaha muda yang dipilih? Karena dukungan penuh terhadap sektor usaha mikro, kecil, maupun menengah dianggap mampu membawa dampak ekonomi yang positif baik di Indonesia maupun global.

Selain program pengembangan wirausahawan muda, Shell juga bikin award untuk mereka, namanya  Shell LiveWIRE Business Start-up Awards (BSA). BSA di Indonesia, 17-19 November minggu lalu, adalah yang ke-9 kalinya.

finalis

Kalau tahun lalu BSA menjaring 15 finalis untuk dilombakan pada sesi final, tahun ini jumlahnya disempitkan jadi 10 orang saja. Kebayang dong kayak apa ketatnya persaingan mereka. Oh iya, untuk penjaringan finalis, Shell menggandeng Center for Innovation, Entrepreneurship, and Leadership (CIEL), Institut Teknologi Bandung. 🙂

Mau tau ke-10 finalisnya?

Yuk baca info mereka di sini, ya. 🙂

GREENNA

greenna 2

Pendiri: Nina Nuraniyah, Bogor, Jabodetabek

Berdiri pada bulan April 2009, Greenna merupakan lembaga sosial yang bergerak di bidang Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) dengan fokus kegiatan pengelolaan sampah. Nina Nuraniyah, pendiri Greenna mengatakan, ide membuat produk daur ulang yang colorful dan fashionable berawal dari keprihatinannya melihat sampah yang menumpuk dan berserakan di mana-mana. Greenna lahir di Desa Cisalopa untuk mewujudkan desa yang ramah lingkungan. Dengan memberdayakan Ibu-ibu Desa Cisalopa, Greenna menciptakan produk daur ulang yang bentuknya unik dan dibuat tanpa menggunakan mesin (handmade).

Misigreenna 1 Greenna adalah mendorong lebih banyak orang untuk memiliki kepedulian terhadap lingkungan melalui pendidikan lingkungan produk dan daur ulang, mendesain program-program pendidikan yang berwawasan lingkungan, serta menyediakan fasilitas yang dapat memberikan contoh penerapan nilai-nilai dalam menjaga lingkungan (ramah lingkungan). Selain itu juga meningkatkan kesadaran lingkungan masyarakat Indonesia dengan menggunakan produk ramah lingkungan yang dibuat oleh Greenna.

greenna

Produk-produk Greenna sendiri saat ini sudah semakin beragam. Diantaranya adalah clutch, laptop case, pencil case, wallet, mini wallet, beauty case, iPhone case dan masih banyak lagi. Nina juga berkolaborasi dengan Very50, yaitu social entrepreneur dari Jepang yang bergerak dalam bidang pendidikan. Setiap tahunnya sejak 2011, para mahasiswa dari Jepang juga secara rutin datang sekretariat komunitas Greenna di Bogor untuk sharing pengetahuan tentang social business dan juga inovasi produk. Greenna memasarkan produk-produknya melalui situs www.greenna.co. Selain itu, Nina juga bekerjasama dengan beberapa toko di Bogor dan Jakarta.

 

CRISPY IKAN

blog crispy ikan 2

Pendiri: Aang Permana AP, Cianjur, Jawa Barat

Pendiri Crispy Ikan, Aang Permana saat ini mengelola sebuah usaha pengolahan ikan air tawar di daerah Cianjur, Jawa Barat sebagai Owner Crispy Ikan dengan bendera Masper Food Indonesia. Usaha ini ia lakukan utuk memberdayakan ibu-ibu dan tetangga sekitar rumah yang hingga saat ini sudah sekitar 17 orang. Selain itu, ia juga merupakan Founder and CEO Empang Kuring LAND dan dipercaya oleh beberapa investor untuk mengelola usaha perikanan dan property di Cianjur.

crispy ikan 1

Pengolahan ikan lokal ini menggandeng petani ikan lokal yang dikemas secara menarik dan dipasarkan secara kreatif melalui online dan offline. Pada awal berdirinya tahun 2012, Masper Food Indonesia memproduksi ikan goreng mungil dari jenis ikan pepetek air tawar dengan merk “Crispy Ikan”. Seiring dengan meningkatnya permintaan konsumen, saat ini pemasaran Crispy Ikan telah dijual ke hampir seluruh wilayah di Indonesia.

crispyikan

 

 ZANANA CHIPS

blog zanana chips 2.jpg

Pendiri: Gazan Azka Ghafara, Bandung, Jawa Barat

Keripik Pisang Zanana merupakan keripik pisang aneka rasa dari Bandung yang mulai beredar dipasaran sejak 28 November 2013 sampai sekarang. Keripik Pisang Zanana saat ini memiliki 5 varian rasa: Brown Chocolate, Creamy Milk, Green Thai Tea, Smoked Beef, dan Classy Spicy dengan persentase repeat order sebanyak 90%. Artinya, 90% konsumen melakukan pembelian ulang. Dengan positioning produknya yang menarik yakni classy and modern banana chips, target market Zanana Chips adalah modern girl yang menyukai shopping online dan ngemil. Zanana saat ini sudah sangat terkenal diantara anak-anak muda dan juga artis-artis Indonesia.

pemilik Zanana
pemilik Zanana

Keripik Pisang Zanana juga sudah mendapat sertifikat HALAL dari MUI Jawa Barat. Zanana menjual produknya dengan system reseller serta agen distributor yang sudah tersebar di kota-kota besar seperti Bali, Bogor, Purwokerto, Aceh, Solo, Pontianak, Palembang, Malang, dan masih banyak lagi lainnya. Hingga sekarang ini Zanana sudah memiliki sekitar 500 reseller terdaftar di 65 kota di Indonesia.
zanana2

 

DELIZIOSO COFFEE

blog delizioso 2

Pendiri: Donny Orlando, Tangerang, Banten

Mengambil bidang usaha pengolahan kopi, perusahaan ini didirikan sejak 2014 di Bandung oleh Donny Orlando ini mengusung konsep pemberdayaan petani kopi lokal di hulunya. Dengan visinya yaitu experience the authentic taste of Indonesia coffee, jelas terlihat bahwa Delizioso Coffee sangat mengedepankan kualitas kopi asli Indonesia. Misinya pun sejalan dengan visinya, diantaranya adalah menciptakan kebanggan akan produk asli Indonesia, memberikan edukasi tentang kopi asli Indonesia, menciptakan pengalaman menikmati kopi dengan harga terjangkau dan juga memperluas kesinambungan bagi pasar domestik kopi Indonesia.

blog delizioso 1

Sasaran kedepan dari Delizioso  Coffee adalah masyarakat Indonesia menikmati kopi yang dibeli dengan harga yang pantas. Target usaha perusahaan ini dalam jangka pendeknya adalah perluasan jangkauan dan penjualan produk, dan jangka menengahnya adalah peningkatan kualitas SDM serta perluasan jangkauan edukasi dan proyek percontohan. Deliozo Coffee juga sudah mendapatkan Specialty Grade dari Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia pada tahun 2014 lalu.

delizioso2

 

ORIFLAKES

blog oriflakes 2

Pendiri: Suko Triyono, Bantul, D.I. Yogyakarta

Oriflakes merupakan makanan sereal pertama yang terbuat dari umbi-umbian, yang diformulasikan khusus bagi penderita Diabetes Melitus. Berbahan dasar dari garut yang merupakan umbi dengan kandungan karbohidrat dan zat besi yang lebih tinggi dibandingkan pada tepung terigu dan beras giling. Oriflakes merupakan makanan sehat dan bernutrisi tinggi dan kaya serat karena terbuat dari bahan alami yang diformulasikan untuk menjaga kesehatan terutama kadar gula dalam darah. Proses pengolahan dan pengemasan yang mengutamakan kualitas sehingga bisa tahan lama tanpa bahan pengawet. Gula kelapa sebagai pemanisnya, karena memiliki indeks glisemik 35 dan bagus untuk menjaga kestabilan gula darah.

oriflakes

Dengan proses produksinya yang tidak terlalu sulit dan tidak menghasilkan limbah padat maupun cair, sehingga sangat ramah untuk lingkungan sekitar. Bahan baku utama dan pendukungnya juga merupakan kearifan lokal empat daerah di Jogjakarta. Diantaranya adalah daerah Bantul dan Kulon Progo penghasil umbi dan tepung garut, Kabupaten Sleman penghasil susu kambing Ettawa, dan Kabupaten Gunung Kidul dan Kulon Progo penghasil gula kelapa. Produk ini didalam pengolahannya berbasis kemitraan dan pemberdayaan masyarakat. Para KWT (Kelompok Wanita Tani), kelompok petani Garut, dan petani gula kelapa.

blog oriflakes 1

Strategi marketing dari Oriflakes juga sangat jelas dengan distribusi melalui reseller, agen, serta distributor tunggal. Promosi yang dilakukan diantaranya adalah sampling, sponsorship, pemeran produk pangan, mengikuti rapat ibu-ibu RT dan posyandu, dan juga melalui website, media online, media elektronik, brosur, serta spanduk di tiap-tiap agen.

 

TIMBA

blog timba 1

Pendiri: Awaluddin F. Aryanto dan Lukvi Raharasi, Banjarnegara, Jawa Tengah

Brand pengrajin ini membuat dan menjual berbagai macam mainan unik yang semuanya terbuat dari kayu, mulai dari puzzle, balok susun, yoyo, peg doll (boneka pasak), hingga robot balok yang gayanya bisa diubah sesuka hati. Ide membuat Timba berawal dari limbah kayu sisa industri mebel yang banyak tersebar di Kasihan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Kemudian terpikir untuk untuk memanfaatkan limbah yang melimpah dengan memberikan nilai tambah yaitu mengolahnya jadi produk kriya kayu dan bambu. Dengan menggandeng pengrajin setempat untuk memberikan sentuhan personal pada setiap produk yang dibuat, Timba menjadi lebih dari sebuah usaha, namun juga menjadi ruang interaksi warga pedesaan untuk bertukar kearifan dengan pembeli dari kota.

timba1

Channel distribusi dan promosi Timba adalah melalui website, social media seperti facebook, twitter, dan Instagram, mengikuti event-event seperti bazar dan garagesale, serta join dalam market place diantaranya adalah Bobobobo, The Goods Dept, Alun-alun Indonesia, dan Indoestri. Sedangkan channel sales yang digunakan adalah melalui agen, reseller, social activity, education (schools), souvenirs (wedding & corporation), serta custom product (public and private event).

 

WHEEL CHEESE

blog wheel cheese 2

Pendiri: Akhmad Furqon Rusyadi dan Pasca Rizki Dwi Ananda, Malang

Wheel Cheese, didirikan dua alumni dari Universitas Brawijaya Malang adalah perusahaan yang mengolah susu sapi lokal menjadi bernilai tambah dengan mengubahnya menjadi keju yang dikemas secara menarik. Keduanya mendirikan Wheel Cheese dengan latar belakang permasalahan susu lokal yang kurang bernilai sedangkan kebutuhan semakin meningkat. Produk-produk Wheel Cheese merupakan produk low fat, berprotein tinggi, harga yang terjangkau dan juga mudah didapatkan. Channel distribusi produk mereka melalui e-commerce, café-café, serta reseller yang menjembatani penjualan produknya kepada konsumen.

wheel cheese

Sekarang, Wheel Cheese semakin berkembang dan memiliki induk perusahaan dengan nama WheelFood yang merupakan unit bisnis yang dikembangkan oleh CV. Roda Nusantara dengan memproduksi 3 produk utama yakni Keju, Susu UHT dan Yogurt aneka rasa. Menerapkan konsep social preneur dan zero waste system.

blog whell cheese 1

 

STUDIO HIJI

blog studio hiji 2

Pendiri: Abie Abdillah, Tangerang Selatan, Banten

Perusahaan start-up ini memanfaatkan rotan yang dibudidayakan secara berkelanjutan menjadi furnitur dengan desain modern. Studio Hiji bercita-cita menginvasi dunia dengan rotan. Abie menilai, sebagai negara penghasil bahan baku dan sentra manufaktur terbesar di dunia, sudah selayaknya Indonesia menguasai pasar mebel rotan dunia. Tantangannya adalah bagaimana membuat dunia mau menerima mebel rotan Indonesia. Bagaimana mengubah mindset material yang klasik dan desain yang klasik menjadi layak untuk pasar yang semakin kontemporer.

studiohiji

Studiohiji, Hiji dalam bahasa Sunda berarti “satu”. Maknanya, setiap satu objek yang dibuat memiliki pendekatannya sendiri yang spesifik dan khas. Ini adalah brand studio berbasis desain mebel yang ia bangun sejak 2009. Ini jadi wadah Abie dalam berkarya dan memasarkan produk sekaligus statement produk yang ia buat.

blog studio hiji 1

Keaktifannya berkarya di dunia perotanan, tak sedikit membuahkan hasil. Ia terpilih sebagai Most Inspiring Furniture Design dalam Annual Design Award yang diadakan oleh Skala + Magazine. Ia juga menjadi Platinum Prize Winner dalam Indoensia Furniture Design Awards. Selain itu, ia mendapat Honourable Mention pada Singapore Furniture Design Awards. Hebatnya, ketiga penghargaan itu ia perolah pada tahun yang sama, yakni 2011. Pada Maret 2015 lalu, Abie berkesempatan untuk pameran di MAISON & OBJET ASIA 2015. Ia adalah satu dari enam desainer produk dan interior berbakat yang dipilih untuk pameran di sana. Saat ini, Studiohiju sudah memiliki distributor untuk kawasan Asia Tenggara melalui For The Common Good.

 

WAHANA MODULAR CAT HOUSING

blog wahana modular cat housing 2

Pendiri: Donny Revangga Adityara, Surabaya, Jawa Timur

Wahana Cat Housing memanfaatkan peluang atas tingginya minat masyarakat dalam memelihara kucing, serta berkembangnya komunitas-komunitas pecinta kucing. Produk yang diproduksi berupa furnitur arena bermain kucing sekaligus elemen estetis pada ruang interior sebuah hunian.

wahanaku

Furnitur ini mengutamakan kucing sebagai prioritas utamanya. Mencakup area segala aktifitas kucing, tempat bermain dan berlatih ketangkasan untuk kebutuhan emosional kucing. Namun tetap mengedepankan estetika desain dalam interior ruang sehingga akan berkesan unik. Dalam memasarkan produknya, Wahana mengikuti berbagai pameran, serta menggunakan online media sosial.

blog wahana modular cat housing 1

 

MERUBALI

blog merubali 2

Pendiri: Gede Wahyu Yoga Dana, Denpasar, Bali

Merubali berdiri sejak tahun 2013 yang fokus dalam bidang usaha pengolahan dan pemasaran produk olahan buah dalam bentuk makanan ringan. Perusahaan start-up ini memiliki visi untuk menjadi perusahaan lokal yang menjadi pemimpin pasar untuk produk olahan buah kering. Merubali berupaya untuk memberikan nilai tambah dengan mengolah buah menjadi manisan buah kering atau dalam lingkup internasional dikenal dengan istilah ‘dried fruit’. Beberapa produk Merubali diantaranya adalah Bali Sweet Coco yang merupakan manisan kelapa dengan beberapa varian rasa, lalu ada Bali Sweet Salacca yaitu adalah manisan salak Bali, serta Bali Sweet Mango yang berupa manisan mangga.

merubali1

Produk-produk yang dihasilkan termasuk dalam camilan sehat karena dibuat tanpa MSG, tanpa pemanis buatan, dan menggunakan 100% buah asli. Merubali selalu memanfaatkan sumber daya alam lokal sebagai bahan utama produksinya. Sedangkan, untuk penjualan produknya Merubali menggunakan beberapa channel yaitu direct sales, melalui toko oleh-oleh atau supermarket, reseller, serta distributor. Strategi promosi yang digunakan diantaranya adalah pameran di ruang publik, facebook advertising, kerjasama dengan local talent yang popular untuk promosi/endorse di social media, serta optimisasi Google Adsense.

blog merubali 1

————————————–

Setelah penjurian ketat, Studio Hiji, Oriflakes, dan Crispy Ikan terpilih jadi pemenang Most Potential Business di Shell LiveWIRE Business Start-up Award. Khusus untuk Most Impactful Business, hanya ada satu pemenangnya, yaitu Greenna.

winner

Pemenang dapat hadiah uang tunai yang bisa dipakai untuk ngembangin usahanya. Asik yaa.. ^^

Datang ke acara LiveWIRE 2015 kemarin bikin saya mikir banyak soal wirausaha, sih. Kayanya asik juga kalau mulai mikirin ide bisnis. Kali aja bisa berkembang kaya finalisnya BSA, kan? 🙂

wefie1
bareng tim dari CIEL ITB
wefie2
bareng Mba Dora (MC) dan Mba Puput dari Shell
bareng pemenang Most Potential Business Award, Abie - Studio Hiji
bareng pemenang Most Potential Business Award, Abie – Studio Hiji

Terimakasih undangannya, Shell. Senang dapat banyak pencerahan dan ilmu baru dari pemateri dan finalisnya. Doakan semoga kelak bisa jadi pengusaha, ya.. ^^

/salam pengusaha!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *