Sugarlive: Aplikasi Live Streaming Asli Indonesia

Jangan kebanyakan main hape! Nanti asosial!
Pernah dengar cuitan atau komentar seperti itu ga? Saya sih pernah, dan dalam hati setengah mengakui + setengah membantah.


Pola komunikasi kita itu bergeser jauh sekali. Waktu saya kecil, kalau mau manggil teman buat main bareng, ya cuma ada satu cara, ketok pintu rumahnya. Ga ada cara lain. Udah jauh-jauh ke rumahnya, belum tentu juga ada yang buka pintu. Ataauu, kalau kebetulan ada yang bukain pintu, eh pas temannya lagi ga bisa main karena tidur siang.

Jelang sekolah, baru musim telepon rumah. Setelah telepon rumah kemudian ada pager (penyeranta), ada handphone Nokia sebesar pisang, dan lalu bermunculan banyak smartphone yang masih pakai nada dering polyphonic.

Kalau dulu apa-apa pakai surat, lalu bergeser ke sms, sekarang semua pakai aplikasi chat. Setelah chat ga cukup lagi, sekarang pindah ke video call.

Salah? Ya nggak.
Namanya juga memanfaatkan teknologi. Sepanjang tujuannya baik, menggunakan teknologi dan fiturnya semaksimal mungkin tentu boleh saja.

Balik soal video call alias live streaming tadi. Anak-anak muda Indonesia baru aja bikin aplikasi live streaming asli dari Indonesia, namanya Sugarlive!

 

Kemarin masih soft launching sih, dalam beberapa bulan ke depan aplikasi live broadcast ini bakalan bisa diakses secara bebas. Social network bikinan lokal ini muncul karena kebutuhan generasi muda untuk eksis. Sekarang ga cukup cuma video call, tapi tambahan interaksi semacam emoji,  sticker, meme, dan animasi gif, bikin komunikasi lebih berwarna.

Kebutuhan-kebutuhan itulah yang direspon oleh Sugar, platform live streaming buatan anak bangsa. Sugar dikonsep oleh orang Indonesia, dikembangkan oleh orang Indonesia, diisi kontennya
oleh orang Indonesia, dan dimodali oleh orang Indonesia.

Sekarang kan sudah banyak aplikasi live streaming? Kenapa harus bikin lagi yang lokal?

Ari Setiawan, CEO Sugarlive bilang, aplikasi ini disesuaikan dengan nilai dan kebiasaan orang Indonesia. Lalu, dari riset ada kesimpulan kalau aplikasi bikinan lokal seperti  Gojek, Tokopedia, Bukalapak, dan Jenius itu merajai tangga aplikasi yang didownload di dalam negeri.

“Jadi kami percaya, bahwa Sugar bisa menjadi platform live streaming lokal yang lebih paham dan mengerti konsumen utamanya; konsumen lokal.”

Event soft launching aplikasinya seru! Sempet ketemu dan ngobrol juga dengan teman-teman yang udah lama ga ketemu. ^^

BISA APA AJA DI SUGARLIVE?

Nah, sekarang waktunya ngebahas soal aplikasinya. Kemarin di event saya udah sempet nyobain aplikasi trial SUGARLIVE.  Aplikasinya mudah dipakai dan fitur yang ditawarkan juga rameee! 😀

1. Komentar

Content creator bisa membaca komentar dari para penggemar dan penontonnya; live saat itu juga. Jadi, bisa kolaborasi langsung dengan penonton dan bisa menyesuaikan siaran sesuai permintaan yang lagi rame.

2. Apresiasi

Content creator bisa dapat apresiasi dari para penggemar dan penontonnya. Ada banyak pilihan hadiah virtual yang bisa ditukarkan menjadi rupiah.

3. Face Filter

Content creator bisa live kapan saja. Kalau belum mandi atau malas pakai make up, ada pilihan face filter! Fitur yang ini seru ya. 😀

4. Jualan.

Content creator yang lagi siaran bisa sekaligus jualan produk. Nanti hasil jualannya ga dipotong oleh Sugar. Semua pendapatan jadi milik content creator.

5. Multi Camera-phone

Content creator bisa mengambil beberapa angle sekaligus menggunakan beberapa smartphone untuk ditampilkan di dalam live-streamnya. Jadi lebih mudah kalau mau berpindah pindah fokus dari satu frame, ke frame lainnya.

6. Polling/Survey

Content creator bisa sekaligus bikin polling pas lagi siaran. Isi poolingnya bebas, bisa disesuaikan sesuai kebutuhan.

7. Challenge

Content creator bisa bikin challenge dan ikutan challenge saat siaran. Fitur ini kalau jago maksimalinnya bisa bikin siaran jadi lebih hidup dan menyenangkan.

8. Duet

Content creator dapat berkolaborasi dengan content creator lainnya dalam satu siaran. Dengan duet siaran, kedua content creator dapat menggabungkan kedua penggemar mereka dalam satu sesi siaran.

9. Lucky Draw

Content creator bisa kasi apresiasi buat penggemar dan penontonnya dengan fitur lucky draw. Hadiahnya bisa diberikan langsung saat siaran.

***

Konten apa aja yang bisa disiarkan di Sugarlive?
Semua boleh, mau konten seputar hobi, makanan, jalan-jalan, unjuk bakat, atau sekadar ngobrol tentang kejadian sehari-hari juga oke. Tapi, aplikasi ini akan banned konten yang 21+ ya. 😀

Udah punya ide mau siaran apa di Sugarlive? Siapin yang banyak ya, di Sugarlive kamu bisa berekspresi, berbagi pengalaman, atau jualan online. Dengan Sugarlive, hanya langit yang menjadi batasnya!

/salam konten!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *