Suluban, Pantai Cantik di Selatan Bali

Mobil yang saya tumpangi tiba di pintu masuk Pantai Suluban saat matahari tepat di atas kepala. Belum apa-apa, keringat sudah mengucur dan mata perih kemasukan tetesannya. Kalau perjuangannya seberat ini, pantainya harus bagus dong, ya! *turis ga mau rugi.

Pantai Suluban nan jelita.

Pantai Suluban ini modelnya mirip-mirip dengan Pantai Padang-Padang. Letaknya jauh di bawah dan tersembunyi. Menuju pantai, kita harus menuruni ratusan anak tangga. Tangga di Pantai Suluban berputar-putar seperti ular, mengikuti pertokoan yang menjual pakaian, makanan, dan penyewaan alat surfing.

Di ujung pertokoan, kita akan menemukan petunjuk nama pantai yang bukan main besarnya. Saya tidak ingat pernah menemukan papan nama seperti ini di pantai-pantai lainnya di Pulau Bali. 😀

Dari lokasi papan nama ini berada, masih ada puluhan anak tangga yang lumayan curam menunggu dijajaki. Di ujung tangga, barulah perjuangan kita akan terbayar dengan pemandangan yang luar biasa. Ada pasir, batu karang, dan pantai tersembunyi yang cantik!

Kalau jalan terus dari pasir yang terhampar ini, kita akan bertemu langsung dengan pantai yang tidak terlalu luas. Tapi jangan sedih, palingkan pandangan ke arah kanan dan kiri. Di sana, tersembunyi di balik karang yang besar-besar itu, ada pantai lain yang bisa didatangi.

pemandangan di ujung pantai

banyak surfer di sini!

Saya bukan surfer tapi sungguhlah menikmati pemandangan indah akibat timbul tenggelamnya papan surfing dan abang-abang turisnya.  Iya, pantai ini didominasi turis mancanegara. jadi cocok banget buat teman-teman yang pingin menyepi. Kemungkinannya akan kecil untuk ketemu tetangga, temen kantor, atau mantan! #eh.

Kalau ingin duduk-duduk saja menikmati pemandangan pantai, coba juga berkunjung ke restoran yang letaknya di atas tebing sebelah kiri dengan akses langsung dari pantai Suluban melalui celah batu karang. Restorannya punya area terbuka menghadap laut. Lebih oke kalau duduk-duduk di sininya menjelang malam karena pemandangan senja di Pantai Suluban konon luar biasa.

Omong-omong, sejarah nama pantainya ternyata cukup unik. Jadi, karena pantai ini dikelilingi oleh tebing karang, pengunjung yang ingin menikmati keindahan pantainya harus masuk memasuki celah-celah tebing yang tergolong sempit. Kegiatan masuk ke dalam celah-celah ini, dalam bahasa Bali disebut “mesulub”. Karena untuk mencapai pantai pengunjung harus “mesulub” maka pantai ini bernama pantai Suluban.

mesulub di antara batu karang

Sudah tergoda ingin ke sini? Pantai Suluban, atau Blue Point Beach ada di daerah Uluwatu, wilayah selatan Bali, tepatnya di Desa Pecatu.  Di sekitaran Pantai Suluban ada beberapa pantai cantik lainnya yang bisa dikunjungi, yaitu Pantai Padang-padang, Dreamland, dan Balangan. Karena lokasinya cukup jauh dari pusat keriaan Bali, jadwalkan kunjungan ke pantai-pantai tadi dalam sekali jalan.

Selamat basah-basahan di Suluban! Jangan lupa pakai sunblock dan bawa baju ganti, ya. ^^

Catatan: Pantai ini ga menetapkan biaya masuk untuk pengunjung. Biaya parkir per kendaraan Rp 5000.

Video by: Nicko Silfido 

PETUNJUK ARAH MENUJU PANTAI SULUBAN

/salam pantai!

Foto oleh @nickosilfido@ratrichibi, @atemalem.
Perjalanan bersama Nicko, Ratri, Winny, dan Leoni ini adalah undangan dari Kementerian Pariwisata untuk program Pesona Indonesia.

 

 

 

4 thoughts on “Suluban, Pantai Cantik di Selatan Bali”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *